SELEBRITI

Meski Puas Riri Khasmita Dihukum 15 Tahun Penjara, Nirina Zubir Masih Kecewa dengan Putusan JPU Karena Hal ini

Rabu, 03 Agustus 2022 08:08

Nirina Zubir kecewa dengan putusan JPU © KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Nirina Zubir mungkin bisa sedikit lega ketika mendengar putusan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk Riri Khasmita mantan ART ibunya terkait kasus mafia tanah. Diketahui terdakwa Riri Khasmita akan mendekam di balik jeruji besi selama 15 tahun.

Akan tetapi, Nirina masih tak bisa menerima karena beberapa terdakwa lainnya dinilai tak mendapat hukuman setimpal. Terlebih terdakwa Farida yang merupakan oknum notaris sekaligus aktor intelektual dalam kasus ini hanya mendapat hukuman 4 tahun penjara saja.

"Kalau buat Riri khasmita sih saya cukup puas karena kan dari 15 tahun ini kan kita tahu bahwa biasanya hakim memberikan hukumannya 2/3 dari yang dituntut oleh JPU. kalau buat Riri ya udah lah 15 tahun bersama suaminya," ungkap Nirina Zubir saat ditemui usai sidang di Pengadilan Jakarta Barat, (2/8) Selasa sore.

"Tapi saya sih punya rasa kecewa sekali, kecewanya benar-benar kecewa karena Farida di sini adalah sebagai oknum notaris yang juga kita ketahui sebagai aktor intelektualnya. sudah ketahuan ada aliran dana tapi diberikan tuntutannya adalah 4 tahun, 4 tahun tuh kalau misalnya kita hitung secara 2/3 nya berarti kan 32 bulan, belum lagi ada asimilasi Covid-19, terus banyak potongan2 lainnya," lanjutnya.

1. Hukuman Tak Sesuai

Begitu pun dengan terdakwa lainnya, Nirina menilai hukuman berdasarkan tuntutan yang dibacakan oleh JPU dinilai tak sesuai. Oleh karena itu, ia mempertanyakan bagaimana memberi efek jera terhadap para mafia tanah sedangkan hukuman yang diberikan tak begitu berat.

"Aktor intelektual, masa disamain hukumannya? ditambah satu lagi ada Erwin Ridwan dikenakan 3 tahun juga, maksud aku Erwin juga seharusnya sama-sama Ina Rosaina. bukan berarti direndahkan? dinaikkan juga sama tapi setidak-tidaknya saya tuh tadi berharap di atas 5 tahun. kenapa saya ngejarnya di atas 5 tahun kalau dikasih tuntutan di atas 5 tahun , saya tadi berharapnya 8 tahun deh karena 2/3 dari 8 itu masih di atas 5 tahun dan dia akan dicabut lisensinya. ini mana efek jeranya?," ujar Nirina.

2. Merasa Kecewa

Selain itu, karena kasus ini Nirina menganggap lisensi para oknum yang bersangkutan seharusnya juga dicabut. Pasalnya ada banyak hal yang dilanggar oleh para terdakwa dalam kasus ini.

"Harus dong udah tercela loh, dan buat saya kan udah pernah bilang bahwa notaris tidak punya wewenang untuk mengecek keabsahan surat kalau misal dia lagi transaksi sama apa, dasar hukumnya apa? Kita harus percaya dia tapi bisa begitu ke orang lain, dan terjadi di ibu saya dia bikin surat palsu bukan tanda tangan ibu saya. Terus katanya cuma karena kasian karena asas kemanusiaan apa itu duh nggak ngerti deh nggak bisa ngomong apa kecewa banget," pungkasnya.

REKOMENDASI
TRENDING