SELEBRITI

Terdakwa Kasus Mafia Tanah yang Dialami Nirina Zubir Ditetapkan Hukuman 15 Tahun Kurungan Penjara

Selasa, 02 Agustus 2022 23:15

Nirina Zubir ©KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Kasus mafia tanah yang dialami keluarga Nirina Zubir hingga kini masih bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Kali ini sidang tersebut beragendakan pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum.

Dalam sidang yang digelar Selasa (2/8), Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutannya. JPU kemudian membacakan fakta-fakta persidangan.

"Tuntutan kepada terdakwa satu Riri Kasmita dan terdakwa dua Edirianto cukup bukti telah melakukan pidana," ungkap Majelis Hakim dalam persidangan.

1. Hukuman 15 Tahun Penjara

JPU menilai bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam kasus pemalsuan ini. Tak hanya itu, JPU pun menjatuhkan hukuman 15 tahun kepada Riri Kasmita dan Edirianto atas pelanggaran pasal pemalsuan dokumen hingga pencucian uang.

"Berdasarkan uraian yang dimaksud kami, Penuntut Umum dalam perkara ini memperhatikan ketentuan undang-undang yang bersangkutan menuntut supaya majelis hakim PN Jakbar yang memeriksa dan mengadili perkara ini berkenan memutuskan sebagai berikut. Satu, menyatakan terdakwa satu Riri Kasmita dan terdakwa dua Edirianto telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menggunakan akta autentik palsu yang dilakukan secara bersama-sama," ujarnya.

"KUHP dakwaan satu primer dan terbukti melakukan telah tindak pidana melakukan pencucian uang dalam Pasal 3 UU Republik Indonesia No 8 tahun 2010 tentang pidana pencucian uang juncto. Pasal 55 ayat 1 plus satu juncto dan Pasal 65 ayat 1 KUHP dalam dakwaan kedua menjatuhkan pidana kepada terdakwa satu, Riri Kasmita dan terdakwa dua, Edirianto dengan pidana maksimal selama 15 tahun," lanjutnya.

2. Denda 1 Miliar

Selain dituntut penjara, terdakwa juga didenda Rp 1 miliar. Atau subsider kurungan penjara selama enam bulan.

"Dengan pertimbangan terdakwa tetap ditahan dan dibebani membayar denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan," papar JPU.

Dalam kasus ini, para tersangka dijerat Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 56 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 264 KUHP dan atau Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3,4,5 UU Nomor 8 Tahun 2010. Sebagai informasi, selebritas Nirina Zubir dan keluarganya menjadi korban mafia tanah dengan nilai kerugian hingga Rp 17 miliar.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan, polisi menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka yakni Riri Khasmita mantan asisten rumah tangga (ART), Endrianto yang merupakan suami Riri, lalu tiga tersangka lainnya adalah Faridah, Ina Rosainaz, dan Erwin Riduan yang berprofesi sebagai Notaris PPAT.

REKOMENDASI
TRENDING