Mulan Jameela: Kodrat Sebagai Perempuan, Ada Kewajiban Juga

Rabu, 25 April 2012 14:01 Penulis: Dewi Ratna
Mulan Jameela: Kodrat Sebagai Perempuan, Ada Kewajiban Juga Mulan Jameela @Foto: KapanLagi.com«
Kapanlagi.com - Setelah perayaan Hari Kartini yang jatuh pada hari Sabtu (21/4) lalu, kini kita tahu bahwa semakin ke sini, beberapa orang menganggap bahwa perayaan hari tersebut hanyalah sebuah simbol. Menurut mereka, masih banyak wanita Indonesia pada masa 108 tahun lalu, yang lebih layak jadi pahlawan.

Namun, bagi Mulan Jameela, Kartini tetaplah berjasa. "Kartini sosok yang berjasa untuk perempuan Indonesia. Dulu banyak tekanan, dilihat sebelah mata oleh masyarakat umum, khususnya kaum laki-laki, yang menganggap wanita tidak bisa melakukan aktifitas seperti laki-laki," ujarnya.

Penyanyi cantik ini tentu saja tak mentah-mentah memahami arti kata emansipasi. "Kartini sangat berjasa untuk para perempuan, ada persamaan hak dengan laki-laki. Tapi balik lagi ke perempuan, jangan terlena," ungkapnya saat dijumpai di Studio DahSyat beberapa waktu lalu.

Memang tak hanya pria yang mempunyai kewajiban dalam hidup mereka, wanita pun demikian. "Kita punya hak yang sama dengan lelaki, tapi kodrat kita sebagai perempuan, ada kewajiban sendiri juga," imbuhnya.

Mulanámengaku, karena perjuangan Kartini lah, kini ia bisa bekerja. "Saya bisa nyanyi, kerja, nyari nafkah buat anak-anak. Tapi tetep menurut aku, para perempuan yang mengurus anak-anak di rumah, sama hebatnya kayak kita-kita," pungkasnya.

(kpl/gum/dew)

Editor:

Dewi Ratna


REKOMENDASI
TRENDING