Punya Mimpi Anak-Anaknya Hafal Quran, Umi Pipik Tak Mau Memaksa

Selasa, 31 Mei 2016 13:15 Penulis: Girindra Permana Cahya
Punya Mimpi Anak-Anaknya Hafal Quran, Umi Pipik Tak Mau Memaksa Umi Pipik © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Sebagai seorang muslim, Pipik Dian Irawati benar-benar mengajarkan pendidikan agama pada anaknya. Tak ayal jika ia menginginkan anak-anaknya menjadi seorang hafiz (orang yang hafal Al Quran) di kemudian hari.

Meskipun mempunyai keinginan seperti itu, Umi Pipik tak pernah memaksakan cita-citanya pada ke empat anaknya. "Saya enggak pernah paksain anak-anak, cuman keinginan orangtua. Kelak kalau anaknya hafiz Quran, kalau anak-anaknya cinta Quran, bisa memakai mahkota ke orangtuanya. Setidaknya anak-anak bisa kan kalau akhirat saya enggak baik ada yang bantu," ucap Umi Pipik di Epicentum, Rasuna Said, Senin (30/5/2016).

Cara-cara yang dilakukan Umi Pipik agar anaknya tetap taat adalah mengambil handphone mereka untuk sementara saat berada di rumah. Memang saat ini sangat susah untuk melepaskan diri dari gadget.

Tak memaksa, Umi Pipik punya cara untuk memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoTak memaksa, Umi Pipik punya cara untuk memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Alhamdulillah kalau diajak taklim selalu mau. Alhamdulillah mau, anak-anak kan urusannya hp, kalau udah di rumah hp saya ambil-ambil, saya sita-sitain," terangnya.

Cara dan ajakannya yang khas ini ternyata disambut baik oleh anak-anaknya. Kini, Abizar sudah hafal beberapa jus dan si bungsu Bilal sudah hafal surat-surat pendek.

"Setidaknya anak-anak takutnya bukan sama saya. Kalau di rumah itu saya memang sering meminta mereka salat, paling cerewet dan kasih hukuman. Saya ingin dia takut karena Allah, bukan hanya di rumah. kalau takutnya cuman gara-gara saya aja. Takutnya nanti di luar enggak ada saya mereka bisa saja meninggalkan salat. Bisa aja di luar shalat ditinggalkan," cerita Umi Pipik soal caranya mengajarkan pemahaman agama untuk ke-empat anaknya.

Tak hanya perkara salat dan hafalan Al Quran saja, anak-anak dari almarhum Uje ini diakui Pipik telah berpuasa penuh tahun lalu. "Kalau tahun kemarin anak-anak saya sudah full puasa," pungkasnya.

(kpl/hen/otx)


REKOMENDASI
TRENDING