Putri Sulung Artika Sari Devi Jadi Panutan Sang Adik di Rumah

Jum'at, 17 Juni 2016 01:28 Penulis: Rahmi Safitri
Putri Sulung Artika Sari Devi Jadi Panutan Sang Adik di Rumah Artika Sari Devi © KapanLagi.com®/ Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Mendidik anak memang bukanlah hal yang mudah, seperti yang dialami orangtua kebanyakan. Namun soal kebersihan, Artika Sari Devi memberikan tanggung jawab anak sulungnya untuk memberi contoh pada sang adik.

"Saya memang sangat membutuhkan bantuan si kakak. Karena si kakak akhrinya mengedukasi adiknya, di rumah saya beri contoh ke kakak, kakak beri contoh ke adik, itu lebih berhasil. Jadi si adik lebih mencontoh kakaknya dari pada ibunya," ujarnya saat ditemui di 'Sehat Selama Ramadan bersama Lifebouy' di Hotel Century, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016).

Cukup unik, mengingat si bungsu lebih mencontoh perilaku sang kakak daripada Artika sebagai ibunya. Metode ini terbukti ampuh bagi kedua buah hati Artika dan Baim untuk belajar menjaga kebersihan dan kesehatan.

Anak kedua Artika lebih nurut dengan kakak daripada ibu © KapanLagi.com®/ Bayu HerdiantoAnak kedua Artika lebih nurut dengan kakak daripada ibu © KapanLagi.com®/ Bayu Herdianto

"Dia akhirnya mencontohkan kakak yang bertanggung jawab, apa yang dilakukan itu dia sadar sekali, jangan sampai dia melakukan kesalahan," ungkapnya.

Selain metode kakak yang mengajari sang adik, Artika Sari Devi ternyata juga memiliki metode lainnya yakni dengan menempel beberapa tulisan di setiap ruangan rumah. Dengan demikian anak akan belajar sekaligus mengingat untuk selalu menjaga kebersihan.

"Tapi saya curiga jangan-jangan dia akan jadi beban nggak ya? Tapi satu hal juga ada kontrol dan reward. Baim juga di kulkas dan pantry ada kertas tulisannya 'jagalah kebersihan', dapur, kamar tidur, sampai mandi. Kayak kakak ekskul dia berkuda, dia biasanya sangat ngantuk dan diajak aktivitas bersih-bersih, biasanya ada nilainya. Itu membantu motivasi," pungkasnya.

(kpl/hen/pit)

Editor:

Rahmi Safitri

REKOMENDASI
TRENDING