Ratna Listy Ajak Lestarikan Musik Keroncong

Selasa, 25 Mei 2010 08:13 Penulis: Mahardi Eka
Ratna Listy Ajak Lestarikan Musik Keroncong Ratna Listy Foto: Ruswanto
Kapanlagi.com - Karir Ratna Listy di bidang tarik suara bermula dari kemenangannya dalam ajang Bintang Radio dan TV se-Jawa Timur pada 1989. Setelah lama berkarir, ternyata penyanyi yang satu ini tertarik untuk melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi tanah air.

"Ada sih keinginan. Kolaborasi ama musisi lain. Kayak Ahmad Dhani, kalau dia mengajak pasti aku akan senang sekali menerimanya. Kalau aku sendiri sih ga berani untuk minta kolaborasi ama siapa gitu," ungkapnya ketika ditemui di preskon AMI Ke-13, di Universitas Bunda Mulia, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Sepeninggal Gesang sang maestro musik keroncong tanah air, Ratna nampaknya juga ingin memadukan musik keroncong dengan musik-musik yang lain. "Ingin ngasih tahu kalau musik seperti ini bisa dikolaborasikan dengan musik lain. Kita bisa tetep menikmatinya. Jangan sampai karena kita melupakan, keroncong jadi direbut atau diakui oleh bangsa lain. Baru kita menyesal kalo itu," tutur wanita kelahiran Madiun, Jawa Timur, 2 Agustus 1973 ini.

Ratna juga mengharap peran serta media dalam melestarikan musik keroncong. "Seperti TV, mereka sekarang lebih suka menayangkan musik band zaman sekarang daripada keroncong. Ga bisa disalahkan juga sih, karena mungkin juga pertimbangan bisnis," keluhnya. Ia berujar bahwa kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan dalam usaha pelestarian musik keroncong ini.

"Apalagi sekarang kan sesepuh keroncong juga udah pada ga ada, sang maestro Gesang beberapa waktu lalu, terus Waljinah juga masih sakit, Mus Mulyadi juga. Jadi kita sebagai generasi muda harus bangkit," pungkasnya. 

(kpl/ato/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING