SELEBRITI

Ruben Onsu Tak Menyangka Harus Jalani Tes Kejiwaan dan Jawab 500 Pertanyaan

Sabtu, 11 Januari 2020 12:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Sarwendah, Betrand Peto dan Ruben Onsu © KapanLagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Status Betrand Peto saat ini adalah anak asuh dari Ruben Onsu dan Sarwendah. Namun pasangan yang menikah pada 20 Oktober 2013 ini merasa belum puas dan ingin mengadopsi Betrand sebagai anaknya secara resmi.

Untuk itu, Ruben dan Sarwendah harus menajalni rangkaian sidang yang panjang dan rumit. Salah satunya adalah menjalani tes kejiwaan dengan menjawab sekitar 500 pertanyaan dari pihak pengadilan dan juga psikolog.

"Nggak menyangka kalau sampai 500 pertanyaan. Ya kan dibilangnya cuma tes, berapa jumlah pertanyaannya saya nggak tahu. Persyaratannya itu, bukan dari psikolog saja. Jadi sudah langsung tes kejiwaan, 500 pertanyaan yang kita harus kontrol. Karena yang ada di otak gue hanya Betrand, Thalia, Thania, ya gue menjawab semua pertanyaan itu. Gue melewatinya dengan baik, baik gue atau Wendah," ungkap Ruben ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (10/1).

1. Sarwendah Merasa Seperti Melahirkan Betrand Peto

Proses yang rumit ini lantas membuat Sarwendah merasa jika Betrand adalah anak yang dilahirkan dari janinnya sendiri. Selain itu, Ruben dan Sarwendah memang sudah merasa ada panggilan hati yang membuat mereka benar-benar merasa seperti orangtua kandung Betrand.

"Makanya Wendah itu yang pernah nulis, 'Saya tidak melahirkan dia, tetapi saya seperti melahirkan dia, itu ya karena segala prosesnya rumit. Segala proses ini dia rasakan sebagai proses hamil hingga melahirkan. Dengan cara lainlah. Makanya Betrand, Thalia, Thania itu sudah ada di pikiran kami sekeluarga," sambungnya.

2. Status Masih Anak Asuh

Ruben menegaskan jika status Betrand saat ini masih anak asuh. Hal ini disebut sangat penting karena nantinya bakal mempengaruhi berbagai hal yang berhubungan dengan administratif, seperti kartu keluarga, pembuatan paspor dan sejenisnya.

"Harus. Itu salah satu persyaratan pengadilan. Saya ini tahapnya kan masih hak asuh. Nanti di usia Betrand 17 tahun kalau tidak salah, masih harus sidang lagi untuk Betrand saya masih dapat atau nggak. Untuk dia, kalau nggak salah, setelah hak asuh, anak angkat. Jadi kalau sekarang ini, status di pengadilan itu hak asuh, dari kedua orangtuanya Betrand sudah memberikan hak asuhnya ke tangan saya," tuntas Ruben.


REKOMENDASI
TRENDING