Sakit Ginjal Hingga Tak Bisa Jalan, Kondisi Ayah Irfan Hakim Membaik

Rabu, 01 November 2017 12:15 Penulis: Ahmat Effendi
Sakit Ginjal Hingga Tak Bisa Jalan, Kondisi Ayah Irfan Hakim Membaik Irfan Hakim ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Beberapa hari lalu aktor Irfan Hakim memposting foto-foto bersama ayahnya yang tengah terbaring sakit di RS. Setelah menjalani sejumlah perawatan, kondisi ayahnya yang bernama H. Rosyid Sukarya sempat membaik. Namun kondisi sosok yang telah berusia 80 tahun tersebut masih naik turun dan belum sepenuhnya stabil.

"Alhamdulillah kondisi Appa saya di Bandung sudah membaik, Minggu lalu benar-benar, aduh deg-degan sekali, seperti mimpi buruk bagi saya dan keluarga, karena Appa saya udah tua sekali umurnya, 80 tahun," ujar Irfan Hakim di launching Jannah Travel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2017).

Sakit yang diderita oleh ayah Irfan Hakim ternyata masih berkaitan dengan masalah pada ginjal sejak bulan Januari 2017 silam. Ketika meminum sejumlah obat, kaki ayah Irfan Hakim malah membengkak hingga tak bisa jalan.

8 Bersaudara keluarga Irfan Hakim datang demi mengurus sang ayah yang sedang sakit. ©instagram.com/irfanhakim758 Bersaudara keluarga Irfan Hakim datang demi mengurus sang ayah yang sedang sakit. ©instagram.com/irfanhakim75

"Selama hidupnya nggak pernah masuk RS. Pernah masuk RS di Januari tahun ini, alhamdulillah cuma sebentar, saat itu karena dehidrasi fungsi ginjal agak terganggu," tuturnya.

Karena sakit yang diderita, ayah Irfan Hakim sempat tidak sadarkan diri. Saat itu hemoglobinnya drop hingga angka 4. Hingga sekarang ayah Irfan Hakim masih dirawat di rumah sakit dan kerap didampingi 8 orang anaknya.

"Kemarin tanggal 30 September Appa itu kakinya tiba-tiba bengkak, karena udah tua kali ya. Saya coba ngobrol dengan orang tua lainnya, disaranin obat macam-macam, dan semuanya saya cobain, ternyata nggak semua orang cocok dengan semua obat termasuk Appa saya. Karena fungsi ginjalnya agak terganggu, ngefek ke kondisi kesehatannya, tiba-tiba kakinya bengkak nggak bisa jalan," jelasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING