SELEBRITI

Sidang Lanjutan Narkotika, Dhawiya Divonis 1,5 Tahun Rehabilitasi

Selasa, 04 September 2018 17:01 Penulis: Sora Soraya

Dhawiya © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kelanjutan proses sidang narkoba Dhawiya berlanjut hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/9). Dengan agenda pembacaan vonis oleh majelis hakim, sidang siang tadi berlangsung sekitar pukul 14.15 WIB.

"Telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap Dhawiya Zaida selama 1 tahun 6 bulan. Menetapkan masa penahan dikurangkan dengan masa pidana," ujar hakim ketua di ruang persidangan.

Dengan vonis ini, Dhawiya harus menjalani hukuman rehabilitasi narkotika di RSKO Cibubur. Dengan kata lain, ia harus dipindahkan dari tempat sebelumnya, yaitu Rutan Pondok Bambu. Selain itu, biaya sepenuhnya juga ditanggung oleh Dhawiya sebagai terdakwa.

1. Dhawiya Menerima Putusan Hakim

"Selama menjalani pengobatan, diperhitungkan sebagai masa menjalani hukuman. Demikian putusan PN Jakarta Timur tertanggal 4 September 2018," lanjut hakim ketua.

Setelah mendengar vonis, Dhawiya harus memberikan jawaban mengenai keputusannya apakah menerima atau tidak. Tidak lama, Dhawiya yang duduk di kursi pesakitan langsung menjawab dengan nada datar, "Menerima".

2. JPU Belum Menerima Putusan Hakim

Berbeda dengan Dhawiya, ketika hakim bertanya kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), jaksa mengaku masih akan memikirkan mengenai vonis tersebut. Oleh karena itu, jaksa diberikan waktu selama 7 hari untuk memberikan jawaban.

"Oleh karena JPU masih pikir-pikir putusan ini belum inkracht. Diberi waktu tujuh hari untuk menentukan sikap," tutup hakim ketua seraya diikuti ketukan palu sebanyak tiga kali olehnya.

3. Sempat Dituntut 2 Tahun Rehab

Sebelumnya, Dhawiya sempat dituntut selama 2 tahun untuk menjalani rehabilitasi. Meski merasa bersyukur atas tuntutan ini, pihak kuasa hukum Dhawiya tetap berusaha untuk mendapat keringanan dari pengadilan.

"Kalau dibilang sesuai harapan iya. Ini kan sejauh ini masih tuntutan, artinya kami tetap akan memberikan catatan-catatan penting kami agar bisa meyakinkan dari majelis hakim. Sebenarnya kami tidak terikat tuntutan jaksa, kami terikatnya pada dakwaan jaksa. Jadi nanti dalam pledoi kita juga akan menguatkan apa yang menjadi bantahan jaksa dan berharap untuk mengurangi masa rehab Dawiya," tutur Reyno Yohanes Romein, kuasa hukum Dhawiya beberapa waktu lalu.

(kpl/apt/sry)


REKOMENDASI
TRENDING