Slamet Rahardjo: Seni Bisa Majukan Bangsa, Gimana Caranya?

Rabu, 03 Juni 2015 09:15 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Slamet Rahardjo: Seni Bisa Majukan Bangsa, Gimana Caranya? Slamet Rahardjo/©Kapanlagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Sebagai aktor senior, Slamet Rahardjo Djarot memiliki tanggung jawab untuk memajukan Indonesia dalam bidang seni. Posisi sebagai Ketua Yayasan IKJ memberinya kesempatan yang luas untuk menjalankan misinya itu.

Untuk memperingati 45 tahun berdirinya Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Slamet ingin merealisasikan misi yang sudah dimiliki IKJ.

"Di ulang tahun IKJ ke 45, Sesuai dengan misinya, IKJ harus bisa membuat bangsa ini produktif. Selama ini negara kita terlalu konsumtif," tegas Slamet Rahardjo saat ditemui di kampus IKJ, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

"Perlu sebuah seni dalam kehidupan kita. Apalagi dengan seni bisa memajukan bangsa," tambahnya.

Seni bisa majukan bangsa/©Kapanlagi.com®/Hendra GunawanSeni bisa majukan bangsa/©Kapanlagi.com®/Hendra Gunawan

Selama ini untuk urusan seni selalu di kotak-kotakkan, hal itu tidak diinginkan oleh pemegang 5 kali piala Citra ini. Menurutnya, kesenian itu saling berhubungan.

"Dalam seni semua berkesinambungan. Teater butuh musik, tari, audio visual dan hal lainnya," kata kakak kandung musisi Eros Djarot ini.

Di momen ulang tahun IKJ yang ke 45 ini, Slamet memiliki kesempatan untuk menjelaskan kepada generasi muda soal misinya itu. IKJ akan melakukan open house pada tanggal 5 dan 6 Juni 2015 untuk memberi kesempatan kepada siswa SMA untuk mengetahui apa itu Seni. Sementara untuk perayaannya akan digelar pada 25 sampai 27 Juni 2015 yang akan diramaikan dengan berbagai pertunjukan seni.

(kpl/hen/tch)


REKOMENDASI
TRENDING