SELEBRITI

Syakir Daulay Ternyata Punya Cara Sendiri Untuk Memaknai Hari Raya Idul Adha

Rabu, 29 Juli 2020 16:41

Syakir Daulay © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Salah satu bintang film MARIPOSSA, Syakir Daulay rupanya punya pandangan sendiri untuk memaknai arti berkurban di hari raya Idul Adha. Menurutnya, kisah dari nabi Ibrahim AS yang mengikuti perintah Allah untuk menyembelih anaknya merupakan bentuk rasa cinta yang sebenarnya.

"Memaknainya bukan sekedar kita memotong kambing dan sapi. Kan kisah ceritanya ditarik dari seorang ayah yaitu nabi Ibrahim, yang sangat mencintai anaknya. Lalu Allah suruh nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya," ungkap Syakir Daulay saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (28/7) Selasa sore.

"Hakikatnya bukan sekedar Allah yang meminta nabi Ibrahim untuk sembelih anaknya, tapi Allah suruh nabi Ibrahim untuk menyembelih cintanya selain kepada-Nya, termasuk istrinya dan anaknya. Jadi menurut Syakir memaknainya bukan cuma motong, tapi gimana kita bisa memotong cinta yang melampaui batas," lanjutnya.

1. Sembelih Hewan Kurban Sendiri

Oleh karena itu, dalam kesempatan hari raya Idul Adha tahun ini, Syakir Daulay ikut berkurban atas nama keluarganya. Tak hanya itu, rencananya aktor berusia 18 tahun ini akan ikut serta menyembelih hewan kurbannya nanti.

"Iya, atas nama keluarga. Kemarin vlog Syakir itu belajar motong, kenapa? karena buat jaga-jaga pandemi belum selesai dan nggak boleh motong sembarangan, jadi kita bisa motong sendiri di rumah. karena kurban lebih afdol kalau kita sendiri yang motong. Kemarin sempat belajar motong kurban Alhamdulillah bisa," ujar Syakir Daulay.

2. Bakal Sholat Ied di Masjid

Selain itu, meski situasi saat ini masih di tengah pandemi COVID-19, pemuda asal Aceh ini berencana untuk tetap melaksanakan sholat Ied berjamaah di masjid. Tapi, tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan yang berlaku.

"Sebenarnya kan sholat Jumat aja sudah boleh, yang penting kan ikuti protokol. Sebenarnya juga Islam ini memudahkan, sholat Ied nggak apa-apa berjamaah tapi taati protokol kesehatan. Saling menghormatilah yang memang mau sholat Ied di rumah ya di rumah, yang mau di masjid ikuti protokol kesehatan," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING