in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Inul Daratista Blak-Blakan Sindir Para Kompetitor Bisnis Karaoke yang Selalu Mencuri Idenya

Selasa, 16 Juni 2020 20:15

Inul Daratista / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Meski mengawali karir dan popularitasnya sebagai seorang pedangdut, kini Inul Daratista malah lebih sukses karena bisnis-bisnis yang dikembangkannya. Seperti diketahui, bisnis karaoke miliknya, Inul Vizta merupakan salah satu pionir dari bisnis serupa lain yang dibangun oleh para artis.

Hari ini, Selasa (16/6), istri Adam Suseno itu tiba-tiba menuliskan curhatan panjang lebar mengenai bisnis karaokenya. Hingga saat ini, Ia tetap memutar otak dan mencari ide-ide maupun inovasi baru untuk selalu memuaskan pelanggan, meski sebenarnya bisnisnya tersebut sudah sangat sukses.

"Sebagai pemilik bukan saja duduk manis ongkang-ongkang kaki, meskipun omzet dan profit menggelinding datang menghampiri. Saya merasa dituntut untuk terus bereksperimen dengan isi karaoke. Harus banyak inovasi, kreativitas, ide-ide bagus yang tentunya untuk memuaskan para tamu yang datang berkunjung ke tempat saya," buka Inul pada curhatan panjangnya.

1. Kenalkan Kecanggihan Teknologi Baru dalam Inul Vizta

Bahkan saat ini, Inul tengah mengembangkan sebuah inovasi baru untuk tiap room yang ada dalam cabang karaokenya. Sepereti diketahui, Inul Vizta telah memiliki puluhan cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

"Pioneer.... jujur setiap orang yang memiliki kelebihan (usaha) dia ingin menjadi yang terdepan. Saya tidak pernah menyerah dengan ide-ide saya, khususnya kali ini membuat animasi kecanggihan tekhnologi dalam room saya," sambungnya.

2. Ide Kerap Dicuri Kompetitor

Inul sadar betul jika banyak sekali kompetitor pada bisnisnya ini. Bahkan Ia juga sadar jika beberapa orang kerap meniru ide dan inovasi dari bisnisnya. Meskipun begitu, Ia tak mau mempermasalahkannya.

"Ide saya ini pasti akan ditiru dan dicontoh oleh orang lain, khususnya kompetitor yang ingin tempatnya indah seperti tempat saya. It's okay, memang begitulah. Tapi sebagai orang yang pertama punya IDE ini aku bangga karena kreativitas dan IDE aku banyak yang niru," tambah ibu satu anak ini.

 

3. Tak Menyerah untuk Terus Berinovasi

Meski ide-idenya kerap dicuri, namun Inul tak mau menyerah untuk terus menghasilkan inovasi yang baru lagi. Kegigihan dan kreativitasnya itulah yang akhirnya berhasil membuat wanita asal Pasuruan ini bisa sampai ke posisi sekarang.

"Walaupun sedih karena mereka tidak kreatif bisanya cuma mau mencuri ide dari kreatifitas orang lain tanpa malu-malu, tapi saya tidak pernah menyerah. Banyak ide yang ada dalam otak saya untuk satu demi satu saya luncurkan dalam rumah bisnis saya. Saya adalah orang yang gigih dalam bekerja. Saya tidak pernah menyerah dalam berkarya," tambahnya.

 

4. Kejamnya Dunia Bisnis

Menurut Inul, dunia bisnis itu sangat kejam. Karenanya, dibutuhkan ketangguhan hati, kekuatan mental dan juga otak yang terus berputar untuk bisa bertahan dalam bidang tersebut.

"Dan ketika masuk dalam bisnis bisa mengenal siapa teman, siapa lawan, siapa yang jujur dan siapa pengkhianat. Di situlah saya sadar kejamnya dunia bisnis. Maka jika kau tidak tahan karenanya, jangan masuk di dalamnya. Bisnis yang sehat dan jujur usahanya akan panjang dan berkembang baik. Aku yakin itu. Tapi bisnis yang banyak mencuri hasil karya orang lain selamanya dia akan jadi maling, Bukan sj bossnya, tapi anak buahnya juga sama saja. Sudah wajar dalam bisnis pasti ada kejahatan untuk saling menghancurkan. Hal yang hiasa, kuat-kuatan," jelas Inul lagi.

 

5. Bahas Tingkat Pendidikan Seseorang

Seperti diketahui, Inul sampai saat ini tak pernah tamat SMA. Namun buktinya Ia bisa sosok yang sukses, bahkan kerap jadi pionir dalam dunia bisnis. Berkaca dari fakta itu, menurutnya pendidikan memang tak bisa dijadikan acuan untuk menilai seseorang.

"Dengan kecanggihan tekhnologi milenial yang ada dalam karaoke saya, pastinya menggelitik kompetitor untuk mencuri ide saya hehehehe monggo silahkan. Ini memacu saya untuk makin kreatif. Artinya ilmu saya bisa dinikmati orang banyak. Sekolah tidak menjamin istimewa. Tapi saya bangga loh ide dan kreativitas saya yang baik-baik sebagau anak yang tidak sekolah tinggi selalu ditiru, dicontoh, bahkan diimplementasikan secara nyata bahkan ada yang tanpa malu-malu meniru, yah itulah bisnis. Jangan usaha kalau nggak mau rugi! Jangan bisnis kalau tidak mau perang! Bisnis itu kejam. Mau bisnis kelas kambing atau gurita, yang pertama selalu di hati," tutupnya.


REKOMENDASI
TRENDING