in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Tak Cantumkan Nama Pencipta dan Penyanyi Asli, Kristina Beri Teguran Keras Via Vallen Soal Cover Lagu 'Secawan Madu'

Senin, 13 Juli 2020 12:31

Kristina - Via Vallen ©KapanLagi.com/Budy Santoso - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pedangdut Kristina melayangkan teguran keras terhadap Via Vallen. Teguran dari Kristina ini menyangkut lagu Secawan Madu yang dinyanyikan ulang Via Vallen dan dipublikasikan di Youtube tanpa mencantumkan nama pencipta dan juga penyanyi terdahulu.

"Untuk Via Vallen aku berpesan mari tanamkan sejak dini untuk saling menghargai apalagi sesama seniman. Aku pun dari dulu sejak pertama kali muncul selalu menghargai pencipta, arranger," ucap Kristina melalui saluran YouTube pribadinya yang dipublikasikan pada 12 Juli 2020.

"Semoga Via Vallen nonton paling tidak fans-nya untuk memberi tahu kepadanya karena biar bagaimanapun roda berputar, up and down, kadang di atas dan di bawah, kita harus saling menghargai kita harus siap pada saat menjadi bintang untuk menginjak bumi. Jangan gelantungan ya, nanti jatuh bangun," lanjut Kristina

1. Via Vallen Tak Cantumkan Nama Pencipta dan Penyanyi Asli

Lagu Secawan Madu merupakan karya cipta Joereal dan Abunawas yang dirilis pertama kali oleh Kristina pada tahun 2003. Selaku penyanyi yang pertama kali mempopulerkan lagu tersebut, Kristina merasa tak terima ketika Via Vallen mengcover lagu Secawan Madu dan mempublikasikannya di Youtube tanpa mencantumkan nama pencipta dan juga penyanyi terdahulu.

"Aku lihat faktanya Via Vallen mengatasnamakan lagu itu miliknya dia dengan membuat judul official music video tanpa mencantumkan official penyanyi dan penciptanya," ujar Kristina.  


2. Teguran Untuk Via Vallen

Kristina pun berharap tegurannya terhadap Via Vallen bisa menjadi pelajaran berharga untuk mereka yang suka mengcover lagu tanpa mencantumkan nama pencipta dan penyanyi terdahulu.

"Bukan maksud menjatuhkan siapapun, seseorang, tidak. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa bagaimana pun kita harus saling menghargai, di mana pun dengan siapa pun. Kalau buat cover lagu siapa pun jangan lupa searching dulu, penciptanya siapa. harus lebih jeli lagi tolong hargai pencipta itu  apalagi duitnya cuma dari mencipta saja," tukasnya

3. Pihak Via Vallen Masih Belum Bisa Dihubungi

Sementara itu, setelah ditelusuri, lagu Secawan Madu yang dinyanyikan ulang Via Vallen rupanya dipublikasikan pada 2016 lalu oleh akun youtube ascadamusik.

Pihak Ascadamusik, yang juga merupakan label yang menaungi Via Vallen, saat dimintai keterangan belum bisa menanggapi teguran dari Kristina.

"Nanti hubungi lagi jam 2 atau jam 3. Soalnya kami mau rapatkan dahulu masalah ini," ujar Sakti, manajer label Via Vallen saat dihubungi.


REKOMENDASI
TRENDING