INTERNASIONAL

'GHOST IN THE SHELL', Cyborg Mempertanyakan Eksistensinya

Kamis, 30 Maret 2017 15:58  | 

Scarlett Johansson


'GHOST IN THE SHELL', Cyborg Mempertanyakan Eksistensinya
Dreamworks Picture

KapanLagi.com - GHOST IN THE SHELL (GITS) bermula dari serial manga karya Masamune Shirow di tahun 1989. Enam tahun kemudian, studio anime Production I.G untuk pertama kali membuat versi film layar lebarnya dalam format animasi. Popularitas GHOST makin bertambah sehingga kemudian kisahnya diadaptasi ke dalam serial TV dan OVA.

Tahun 2008, Steven Spielberg & Studio dream Works berhasil mendapatkan hak cipta seri ini, dalam perjalanannya akhirnya studio menunjuk Rupert Sanders (SNOW WHITE & THE HUNTSMAN) sebagai sutradara. Di dalam proses produksinya, Margot Robbie (SUICIDE SQUAD) sempat dikabarkan akan memerankan tokoh utama frachise ini, namun karena bentrok dengan jadwal produksi film yang yang lain, akhirnya peran utama protagonis jatuh pada Scarlett Johansson (THE AVENGERS).

Mengambil setting waktu masa depan, GITS bercerita tentang Major (Scarlett Johansson), seorang perwira polisi wanita yang memiliki tubuh cyborg namun dengan otak asli manusia dari unit Section 9, sebuah pasukan khusus kepolisian yang menangani kasus terorisme dan kejahatan cyber. Pada masa itu, dengan kemajuan teknologi membuat manusia mampu mengganti semua organ tubuhnya dengan organ buatan yang rentan diretas penjahat.

Cerita berawal dari penyelidikan Section 9 terhadap penyerangan dan peretasan kepada Hanka Robotic, sebuah perusahaan produsen cyborg terbesar oleh hacker bernama Kuze. Perlahan Major mulai mendapatkan kepingan jawaban tentang keberadaannya dan bagaimana dia bisa menjadi seperti itu setelah terlibat dalam penyelidikan serangkaian peristiwa kriminal yang menyangkut institusi tempat tubuh cyborgnya diproduksi.

Rupert Sanders tak sepenuhnya patuh dengan pakem alur cerita versi aslinya. Ia memilih fokus kepada pengambilan latar belakang, elemen setting dan detail vital dari berbagai serial untuk mendukung jalan cerita. Sebagai contohnya, elemen Hanka robotic dan antagonis Kuze diambil dari serial GHOST IN THE SHELL STAND ALONE COMPLEX, sedangkan robot geisha itu berasal dari GHOST IN THE SHELL: INNOCENCE dan masih banyak lagi. Beberapa scene langsung terasa seperti versi anime yang nyata, seperti scene opening, saat Major terjun bebas, detail suasana kota New Port hingga pertarungan ikonik di atas kubangan air.

Apresiasi patut diberikan kepada Jess Hall (TRANSCEDENCE) sebagai sinematografer yang mempu menangkap scene-scene, tersebut walau penuh dengan polesan CGI, namun tetap terekam dengan natural. Beberapa scene juga langsung mengingatkan kita akan film legendaris THE MATRIX karya Wachowski bersaudari.

Untuk urusan akting, Scarlett Johansson sebagai major, sebuah karakter yang bukan sepenuhnya manusia, tak perlu diragukan. Wajah dingin dan konstan namun penuh pertanyaan Major terdeliver dengan mantap oleh Johansson. Namun sangat disayangkan, cerita anggota Unit section 9 yang lain tak begitu berkembang, selain Batou (Pilou Asbęk), karakter vital seperti Togusa (Chin Han) hanya seperti cameo. Cerita hubungan antara Major, anggota Section 9 dan sebagai Kepala unit Aramaki (Takeshi Kitano) juga tak begitu istimewa.

Kalau dulu pernah ramai tentang isu white washing, setelah menonton Ghost In The Shell ini rasanya isu itu akan terjawab, sekaligus menjawab kenapa karakter utama yang diperankan oleh Scarllet Johansen ini bernama Major bukan Major Motoko Kusanagi.

GHOST IN THE SHELL THE MOVIE, sangat disarankan untuk ditonton di 3D IMAX, film ini benar-benar menyajikan visual 3D yang luar biasa indah dan sangat terasa dari awal film mulai sampai akhir. Ghost In The Shell The Movie mulai tayang akhir Maret ini (29/3) di seluruh jaringan bioskop Indonesia.



Review Film Lainnya

'TRAIN TO BUSAN', Film Zombie Terlaris Korea Penuh Bumbu Drama

[Review] 'THE BOY', Teror Boneka Porselen yang Ingin Dimanusiakan

'Tamparan' Keras Untuk Korut Dalam Kedok Komedi Menghibur

Transformasi Visual Effect Gila-Gilaan Setelah 2 Dekade Berlalu

Superhero Indonesia Yang Belum Siap Lahir

(kpl/dka)


GHOST IN THE SHELL kini telah merilis trailer keduanya.
8 Foto