INTERNASIONAL

[Review] 'MONSTERS UNIVERSITY', Awal Persahabatan Mike dan Sulley

Jum'at, 21 Juni 2013 12:51  | 

Helen Mirren


[Review] 'MONSTERS UNIVERSITY', Awal Persahabatan Mike dan Sulley




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Dua belas tahun telah berlalu pasca kesuksesan MONSTERS, INC. baik dari segi kritik maupun pendapatan worldwide. Kini muncul prekuelnya bertajuk MONSTERS UNIVERSITY yang dibidani oleh Don Scanlon.

Bersetting di sebuah universitas monster yang dipimpin oleh Handscrabble (Helen Mirren), terdapat persaingan antara Mike Wazowski (Billy Crystal) dengan James P Sullivan (John Goodman) yang lebih senang dipanggil Sulley. Namun semua berubah saat keduanya bersatu dalam acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu.

Memanfaatkan kekurangan masing-masing, monster hijau yang cenderung unyu dan monster biru dengan bintik-bintik pink di tubuhnya ini bersatu menjadi yang terbaik bersama Squishy, Terri, Terri, Don dan Art. Berhasilkah mereka menjadi pemenang dalam acara tersebut?

Hampir tak pernah berpikir bahwa Pixar dan Disney akan membuat sekuel dari animasi sukses satu ini. Karena terdapat kecenderungan bila sebuah sekuel takkan bisa menyamai predesesornya. Bahkan ketika ide tersebut berkembang menjadi sebuah prekuel, semua masih terasa samar.

Namun tanpa disangka MONSTERS UNIVERSITY benar-benar tampil menawan. Meski berada satu level di bawah film sebelumnya, karakter Mike dan Sulley sangat berkembang dan menarik simpati.

Banyak momen-momen seru, lucu dan mengaduk emosi yang disajikan Robert L Baird, Daniel Gerson dan Dan Scanlon dalam balutan naskahnya. Tak lupa juga sempalan pesan moral yang pas untuk penonton muda.

MONSTERS UNIVERSITY adalah animasi yang sangat cocok ditonton bersama keluarga untuk memanfaatkan liburan sekolah.

(kpl/abs)