HOME » KOREA
KOREA

10 Fakta Anime 'One Piece' yang Tak Kalian Ketahui, Sempat Konflik dengan 'Naruto'

Rabu, 15 Januari 2020 15:15 Penulis: Guntur Merdekawan

© One Piece

Kapanlagi.com - Tak bisa dipungkiri jika One Piece adalah salah satu manga dan anime Jepang yang paling sukses. Tak cuma di dalam negeri, kisah petualangan bajak laut bernama Monkey D Luffy ini bahkan punya fanbase yang begitu besar di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Hingga saat ini, baik manga maupun anime-nya masih berlanjut dan sepertinya belum ada tanda-tanda akan berakhir meski jumlahnya sudah mencapai ratusan. Bahkan di luar kisah utamanya, telah terbit juga sederet judul film stand-alone atau spin-off yang tak kalah sukses.

Nah setelah puluhan tahun tayang dengan ratusan chapter dan episode, One Piece menyimpan berbagai fakta-fakta menarik yang mungkin tak banyak kalian ketahui seperti dilansir situs Screenrant. Apa saja? Simak daftarnya berikut..

1. Dapat Penghargaan Guiness World Record

Manga One Piece telah dirilis sejak tahun 1997 silam dan tiap volume-nya seakan mengajak para pembaca untuk ikut bertualang ke dunia bajak laut yang begitu seru. Varsiasi karakter, pertarungan seru, hingga pengembangan cerita yang begitu mendetail dan berkesinambungan jadi andalan utama dari manga garapan Eiichiro Oda ini.

Berangkat dari fakta-fakta tersebut, tak heran jika akhirnya One Piece dinobatkan sebagai manga paling sukses sepanjang masa di Jepang. Bahkan, manga One Piece juga masuk dalam The Guiness Book of World Records kategori 'Seri Terbanyak Yang Pernah Diterbitkan oleh Seorang Penulis' tahun 2014 silam.

2. Awalnya Cuma Direncakan Berlangsung Selama 5 Tahun

Awalnya, Oda berencana untuk mengakhiri manga One Piece dalam jangka waktu 5 tahun saja, tepatnya pada tahun 2002. Dia bahkan sudah menyiapkan ending cerita dari One Piece. Namun seiring berjalannya waktu, Oda merasa perlu untuk mengembangkan ceritanya secara mendetail.

Tahun ini tak terasa manga One Piece bakal genap berusia 23 tahun. Bahkan sejauh ini, kisah One Piece diperkirakan baru selesai sekitar 80% saja loh. Artinya? Usia manga satu ini bakal masih panjang!

3. Oda Jadi Komikus untuk Menghindari Pekerjaan Dunia Nyata

Kebanyakan komikus atau mangaist memulai karir mereka karena memang passion dengan apa yang dilakukannya. Namun berbeda dengan Eiichiro Oda yang faktanya cuma punya satu pilihan dalam hidupnya, yakni jadi mangaist.

Pada sebuah interview di masa lalu, Oda bermimpi untuk jadi penulis manga sejak usia 4 tahun. Alasannya sederhana, agar dirinya bisa menghindari pekerjaan full-time di dunia nyata. Meski mungkin terdengar tak masuk akal, namun nyatanya impiannya jadi kenyataan!

Bahkan selama berkarir sebagai penulis manga, Oda telah mendapatkan berbagai macam penghargaan.

4. Terinspirasi dari Dragon Ball

Setiap komikus atau mangaist pasti punya referensi masing-masing untuk ide cerita atau style artnya. Dan Oda sendiri ternyata tumbuh besar sebagai fans berat dari anime Vicky the Viking yang juga berkisah tentang dunia bajak laut.

Selain itu, Oda juga mengaku jika dirinya adalah fans berat dari Akira Toriyama yang merupakan pencipta manga Dragon Ball yang tak kalah legendaris. Tak heran jika akhirnya Oda sangat terinspirasi dan menjadikan tokoh-tokoh Dragon Ball sebagai referensi tokoh One Piece miliknya.

Bahkan setelah sukses dengan karirnya, Oda akhirnya bisa berkolaborasi dengan sang idol, Akira Toriyama di beberapa kesempatan.

5. Perubahan Desain dan Cerita Karakter One Piece

Sebelum mulai menerbitkan sebuah judul, para mangaist pasti punya blueprint atau sketsa dari tiap karakter. Uniknya, ada banyak sekali desain yang harus diubah oleh Oda untuk tiap karakter dalam dunia One Piece.

Salah satu contohnya adalah Tony Tony Chopper yang sebelumnya digambarkan sebagai hewan rusa yang lebih realistis. Selain itu ada pula tokoh Nami yang awalnya digambarkan dengan lengan cybord dan membawa senjata kapak besar.

Sementara itu, Zoro sebenarnya direncakan untuk jadi salah satu anggota bajak laut dari Si Badut Buggy. Namun semua plan itu akhirnya mengalami perubahan total, baik dari segi visual maupun ceritanya.

6. 'Konflik' dengan Manga Naruto

Mungkin tak banyak yang tahu jika tokoh Sanji awalnya diplot dengan nama Naruto. Namun tepat sebelum manga-nya resmi dirilis, rival Oda dalam dunia manga, Masashi Kishimoto menerbitkan serial anime bertema ninja yang diberi nama Naruto. Tak ingin terjadi kebingungan di masa depan, Oda pun mengalah dan mengganti nama Naruto jadi Sanji.

Oda dan Masashi memang rival berat, mengingat One Piece dan Naruto adalah 2 judul manga yang begitu laku keras di seluruh dunia. Namun satu hal yang perlu dicatat, rivalitas antara keduanya hanyalah sebatas pekerjaan saja. Di luar itu, keduanya saling menaruh respect yang besar satu sama lain.

7. Referensi Bajak Laut Bersejarah

Salah satu hal yang paling mengesankan dalam dunia One Piece adalah banyaknya jumlah karakter yang bisa ditemui. Bahkan, masing-masing dari mereka punya back story yang begitu mendalam dan menarik untuk disimak.

Tak bisa dipungkiri jika banyak dari tokoh One Piece yang juga terinspirasi dari para bajak laut di dunia nyata loh! Salah satu yang paling jelas adalah tokoh Gol D Rogers yang sebelum dieksekusi mati mengumumkan jika dia menyembunyikan harta karun bernama One Piece untuk dicari para bajak laut. Kisah ini terinspirasi dari bajak laut asal Prancis, Olivier Levasseur, yang di akhir hidupnya melempar kalung teka-teki ke arah kerumunan orang dan menantang mereka untuk memecahkan puzzle di dalamnya. Hadiahnya? Harta karun milik Olivier yang misterius.

Selain itu, tokoh Blackbeard (Marshall D Teach) dan Whitebeard (Edward Newgate) juga terinspirasi dari bajak laut bernama Edward Teach. Lalu ada Kapten Alvida yang terinspirasi dari bajak laut di abad ke-5, Alwilda hingga Kapten Jewelry Bonney yang terinspirasi dari bajak laut Anne Bonny.

8. Kuburan Tokoh One Piece di Dunia Nyata

Sepanjang ceritanya, One Piece telah menghadirkan beberapa kisah sedih yang sukses membuat hati para fans galau berat. Beberapa yang paling tak bisa dilupakan tentu kematian dari 2 tokoh idola, Whitebeard dan juga Portgas D Ace.

Mungkin terdengar aneh, namun kematian keduanya di dunia manga juga begitu ditangisi oleh publik, terutama para fans di dunia nyata. Berangkat dari fakta itu, tahun 2013 silam Universal Studio Jepang membangun sebuah kuburan replika dari Whitebeard dan Ace di salah satu pertunjukan tahunan One Piece.

9. Kerjasama dengan Brand Fashion Populer

Saking populernya manga One Piece, tiap karakter pasti punya fans berat di dunia nyata. Artinya, karakter-karakter One Piece punya value tinggi di mata publik, sehingga menjadikan mereka role model yang pas untuk wadah promosi.

Salah satu brand fashion populer, Armani bahkan sempat menggandeng One Piece untuk berkolaborasi tahun 2009 silam, tepatnya untuk promosi film layar lebar bertajuk One Piece: The Storng World. Pada salah satu majalah edisi spesial, Luffy CS didesain dengan busana-busana kece dan kekinian milik Armani.

Kerjasama keduanya terbukti sukses, mengingat Armani kembali menggandeng One Piece untuk berkolaborasi sebagai wadah promo tahun 2012 silam dalam film bertajuk One Piece Film Z.

10. Luffy Jadi Brand Ambassador Tokyo Summer Olympics 2020

Sudah bukan rahasia jika Jepang yang ditunjuk untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan Summer Olympics 2020 mendatang. Dan rupanya, ada satu konsep super unik yang tengah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

Ya, panitia bakal menjadikan para tokoh ikonik dalam dunia anime, manga, hingga video game untuk jadi brand ambassador dari Tokyo Summer Olympics 2020. Tentu saja tokoh Luffy yang merupakan protagonis utama One Piece juga termasuk jadi salah satu di dalamnya.

Beberapa tokoh populer lain yang juga masuk dalam daftar adalah Astro Boy, Sailor Moon, Shin-chan, Naruto, Goku dan masih banyak lainnya.

Apakah KLovers tahu fakta menarik lain tentang One Piece? Share di kolom komentar ya!


REKOMENDASI
TRENDING