KOREA

10 Lagu Hits Ciptaan Teddy Park, Produser 'How You Like That' BLACKPINK: Mulai dari Sunmi 'Gashina' Sampai Big Bang 'Bang Bang Bang'

Rabu, 29 Juli 2020 10:35

Teddy Park © YG Ent/ BLACKPINK © Instagram @blackpinkofficial

Kapanlagi.com - Park Hong Jun atau lebih dikenal sebagai Teddy Park adalah seorang rapper, produser, serta penulis lagu ternama di Korea Selatan. Baru-baru ini namanya santer terdengar kembali setelah menjadi produser untuk comeback terbaru BLACKPINK dengan lagu berjudul How You Like That. Pria yang lahir pada 14 September 1978 ini mengawali karirnya sebagai seorang leader dari grup hip hop asal YG Entertainment yang bernama 1TYM.

Dalam karirnya, ia pernah ditawari bekerja sama dengan artis Lady Gaga di tahun 2009 lalu, tapi karena komitmen yang ia buat untuk fokus kepada 2NE1 akhirnya Teddy memutuskan untuk menolak tawaran tersebut. Kini ia juga memiliki label hip-hopnya sendiri yang diberi nama THE BLACK LABEL dengan beberapa artis terkenal yang dinaunginya seperti Zion.T dan Somi. Bisa jadi list lagu kesukaanmu, yuk liat lagu-lagu hits yang pernah dibuat oleh Teddy berikut ini.

 

1. 2NE1 - Lollipop (feat. BIGBANG)

Lollipop adalah sebuah lagu kolaborasi yang dinyanyikan oleh Big Bang dan 2NE1. Lagu ini dibuat untuk mempromosikan sebuah produk telepon seluler, sekaligus lagu debut tidak resmi untuk girlband 2NE1. Walaupun lagu tersebut hanya dibuat untuk sebuah iklan, tetapi ia berhasil menempati berbagai situs chart musik di Korea Selatan pada saat itu.

2. 2NE1 - I Am the Best

I Am the Best merupakan salah satu lagu yang menempatkan 2NE1 dalam masa kejayaannya. Lagu ini merupakan single dari mini album kedua mereka yang bertajuk 2NE1. Sangking suksesnya, lagu tersebut kemudian dirilis kembali di bawah Capitol Records di Amerika Serikat.

3. Big Bang - Fantastic Baby

Fantastic Baby adalah lagu keempat dalam album Big Bang, ALIVE. Lagu ini berhasil menempati puncak di berbagai chart musik Korea Selatan serta di Billboard World Digital Songs dan menjadi Top 10 di Japan Hot 100. Bahkan lagu tersebut juga dijuluki sebagai 'Salah satu lagu K-Pop terbesar yang pernah ada'. Kesuksesan lainnya juga dapat dibuktikan dari ditunjuknya Big Bang sebagai salah satu boygroup terhebat sepanjang masa oleh majalah ROLLING STONE.

4. G-Dragon - That XX

That XX adalah sebuah single di solo album kedua G-Dragon yang bertajuk ONE OF A KIND yang diluncurkan pada tanggal 1 September 2012. Setelah rilis, lagu ini berhasil mendapatkan Perfect All-Kill di berbagai chart musik Korea. Melalui MVnya, kita juga bisa menyaksikan member Blackpink yaitu Jennie menjadi model video klip untuk lagu tersebut.

5. Lee Hi - Rose

Di tahun 2013, Lee Hi meluncur Rose sebagai lagu ke-6 dalam albumnya yang bertajuk FIRST LOVE. Lagu ini berhasil menempati chart pertama di Gaon dan Billboard Korea. Melalui lagu tersebut pula, nama Lee Hi semakin dikenal industri musik Korea.

6. Taeyang - Eyes, Nose, Lips

Eyes, Nose, Lips merupakan single kedua dari album Taeyang yang bertajuk RISE. Lagu ini berhasil menempati beberapa chart musik di Korea serta K-Pop Hot 100. Melalui lagu tersebut juga Taeyang berhasil menyabet penghargaan 'Song of the Year' di MELON MUSIC AWARDS (MMA) 2014, MNET ASIAN MUSIC AWARDS (MAMA) 2014, dan GOLDEN DISC AWARDS (GDA) 2015.

7. CL - The Baddest Female

The Baddest Female adalah lagu debut solo dari CL 2NE1. Music Video dari lagu ini berhasil mencapai satu juta lebih penonton dalam waktu kurang dari 24 jam. Selain itu, ia juga memiliki cerita unik dimana YG Entertainment mengumumkan 'Bad Girl' sebagai judul dari lagu tersebut, tetapi kemudian mengubahnya saat Lee Hyori merilis single yang berjudul sama yaitu Bad Girls.

8. Big Bang - BANG BANG BANG

BANG BANG BANG menjadi single kedua Big Bang dari album MADE dalam album versi A. Lagu ini berhasil memenangkan 'Song of the Year' di MNET ASIAN MUSIC AWARDS 2015, selain itu Gaon Chart mengumumkan bahwa BANG BANG BANG adalah single terlaris dan paling banyak di streaming di Korea Selatan pada tahun 2015. Di Jepang, BANG BANG BANG memuncaki chart Japan Hot 100 dan dianugerahi Asian Song of The Year pada tahun 2016 dan 2017.

9. BLACKPINK - Whistle

Whistle merupakan salah satu lagu debut dari girlband BLACKPINK yang dirilis pada tanggal 8 Agustus 2016. Selain Whistle, BLACKPINK juga merilis lagu BOOMBAYAH dalam albumnya yang berjudul SQUARE ONE. Whistle berhasil memuncaki chart Gaon tanggal 8-13 Agustus dengan menyentuh angka 150.747 download dan 4.302.547 streaming.

10. Sunmi - Gashina

Gashina adalah lagu comeback Sunmi setelah memutuskan untuk keluar dari JYP Entertainment beberapa waktu silam. Lagu ini dirilis pada tanggal 22 Agustus tahun 2017. Menjadi lagu yang sukses, Gashina berhasil memuncaki tangga lagu Gaon Digital Chart dan juga menempati peringkat ketiga di US World Digital Chart (Billboard). Selain itu Sunmi juga berhasil menyabet chart mingguan SBS INKIGAYO selama 3 minggu berturut-turut, serta MBC SHOW CHAMPION dan MNET M COUNTDOWN.

Itulah sebagian hasil karya ciptaan Teddy Park yang bisa kamu nikmati. Dikenal dengan kemahirannya, Teddy berhasil menciptakan lagu-lagu yang sukses di pasaran serta membuat penyanyi dari lagu tersebut semakin dikenal oleh masyarakat di dunia.

Ditulis oleh: Ghariza Fathia


REKOMENDASI
TRENDING