KOREA

20 Rekomendasi Film Korea Horor Terbaik dengan Cerita yang Kompleks, Penuh Teka-teki - Bisa Bikin Trauma

Rabu, 20 Juli 2022 10:33 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film Korea Horor (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Ada banyak sekali rekomendasi film horor yang bisa jadi hiburan kalian pecinta film horor. Misalnya seperti beberapa rekomendasi film Korea horor terbaik ini. Ya, bukan hanya bisa membuat kalian merasa ketakutan saja, namun film-film ini juga memiliki kisah yang seru banget untuk ditonton.

Kebanyakan, film horor di Korea memang memiliki jalan cerita yang cukup kompleks dan sedikit rumit untuk dipahami. Namun, kalian yang suka dengan teka-teki, maka menonton rekomendasi film Korea horor terbaik ini bisa jadi pilihan kalian. Karena, banyak cerita menarik yang ada di beberapa rekomendasi film Korea horor ini.

Kira-kira apa saja ya rekomendasi film Korea horor tersebut? Berikut ini 14 rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang banget untuk kalian lewatkan dan bisa bikin trauma.

1. WHISPERING CORRIDORS 6: THE HUMMING (2020)

Rekomendasi film Korea horor terbaik yang pertama yaitu, ada film berjudul WHISPERING CORRIDORS 6: THE HUMMING. Film ini berkisah tentang kehidupan Eun Hee saat bekerja di sebuah sekolah yang pernah menjadi sekolahnya dahulu.

Di sekolah tersebut, ia menjadi wakil kepala sekolah. Walaupun pernah menjadi murid dan menjadi pejabat di sekolah tersebut, ia tak lagi bisa mengingat apa saja yang pernah dilakukannya semasa sekolah. Di sekolah tersebut, ia bertemu dengan Ha Young yang menjadi korban perundungan, tetapi kemudian membuatnya menjadi tukang onar di sekolah.

Suatu hari, Ha Young pergi ke kamar mandi tertutup dan mendengar bisikan hantu yang mirip dengan Eun Hee. Hal ini membuat Ha Young menuduh Eun Hee. EunHee tiba-tiba mengalami gangguan penglihatan dan halusinasi pendengaran.

Hal itu kemudian melibatkan mereka berdua pada sebuah misteri sekolah yang selama ini belum pernah terungkap. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik dengan genre misteri yang menegangkan.

2. GONJIAM: HAUNTED ASYLUM (2018)

Memakai lata belakang rumah sakit jiwa Gonjiam yang berada di Korea Selatan, rekomendasi film Korea horor terbaik ini sangat sayang untuk dilewatkan. Rumah sakit jiwa tersebut terkenal angkernya dan sudah ditutup sejak tahun 1996. Dan menjadi salah satu rumah sakit angker yang cukup melegenda di Korea Selatan.

Alasan rumah sakit ini sendiri ditutup karena banyaknya rumor yang menyebar bahwa ada banyak pasien dan perawat yang mati secara mengenaskan. Dengan menggunakan setting rumah sakit jiwa tersebut, film GONJIAM: HAUNTED ASYLUM bercerita tentang seorang youtuber dan beberapa temannya menantang diri mereka sendiri untuk melakukan penjelajahan langsung ke dalam rumah sakit yang telah 25 tahun tersebut.

Awalnya mereka baik-baik saja ketika pertama kali menginjakan kaki mereka di daerah sekitar rumah sakit tersebut. Tetapi semakin malam dan semakin mereka masuk ke dalam ada banyak hal buruk terjadi pada mereka. Film ini sangat rekomendasi untuk kalian yang suka tentang cerita horor dan petualangan, karena film ini bisa membawa kalian ikut serta seperti kalian juga berada dalam film.

3. RAMPANT (2018)

Kalian suka dengan film hantu dengan latar belakang kolosal? Maka kalian bisa memilih film RAMPANT ini. Ya, film ini mengambil waktu pada masa kerajaan Korea. Film yang tayang pada tahun 2018 ini merupakan kisah antara pangeran yang diasingkan dengan latar belakang seorang menyebarkan wabah zombie.

Film yang diperankan oleh Hyun Bin dengan mengusung tema kerajaan dan politik serta dibalut dengan kengerian dari zombie, bakal menjadi salah film zombie Korea yang seru banget dan sayang untuk kalian lewatkan. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik.

4. DEATH BELL (2008)

Bagi kalian pecinta film Korea, pasti tahu banget dengan film horor yang legendaris satu ini. Ya, DEATH BELL menjadi film yang begitu banyak menarik perhatian, karena pembantaian yang dilakukan dalam film tersebut begitu mengerikan. Tidak hanya menunjukkan sebuah kejadian yang mengerikan saja, namun dalam film ini para siswa harus memecahkan begitu banyak misteri yang terjadi di dalam sekolah.

Menggunakan setting tempat sekolah dan asrama, menambah kesan horor yang begitu melekat pada film DEATH BELL ini. Karena di satu titik mereka terjebak di dalam sekolah dan harus memecahkan banyak hal agar tidak ada korban yang terbunuh lagi. Film ini sangat cocok ditonton untuk kalian yang suka drama horor yang berlatar belakang tempat sekolah.

5. THE WAILING (2016)

Rekomendasi film Korea horor terbaik yang lainnya ada film berjudul THE WAILING. Ya, film yang tayang tahun 2016 ini juga menjadi salah satu film zombie Korea yang keren loh KLovers. Film ini mengisahkan sekelompok polisi yang melacak serangkaian kejadian supernatural yang mengganggu di Gokseong, kota nelayan kecil di Korea Selatan.

Kejadian tersebut terjadi saat seorang asing misterius datang ke kota tersebut. Tak lama kemudian, virus zombie menyebar ke semua dusun yang dianggap sebagai kutukan roh jahat di daerah tersebut. Kemudian polisi dan film ini segera bertindak dan menyelidiki kasus misterius itu.

Selain menampilkan kisah yang menyeramkan, film bertema zombie ini juga menampilkan elemen budaya Korea yang membuat film THE WAILING berhasil memukau para penontonnya. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

6. THE CALL (2020)

Film yang dibintangi oleh aktris cantik Park Shin Hye ini memang cukup sukses dan menarik banyak perhatian. Ya, bagi kalian pencinta genre fantasi, thriller, misteri dan horor, maka film THE CALL ini bisa masuk di daftar tontonan wajib kalian deh.

Film THE CALL ini merupakan remake film THE CALLER yang pernah dirilis pada 2011. Film ini menceritakan tentang dua perempuan yang terpisah dua dekade tetapi terhubung melalui sebuah telepon tua. Di film ini Park Shin Hye berperan sebagai Seon Yeon yang secara tak sengaja menemukan sebuah telepon tua di rumah masa kecilnya.

Permasalahan dimulai ketika telepon tua itu berdering seolah-olah berfungsi dengan baik. Saat itu, dia mendapatkan panggilan misterius yang membuatnya terbawa pada sebuah kisah mengerikan. Film ini menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

7. THE CLOSET (2020)

Rekomendasi film Korea horor terbaik yang lainnya ada film berjudul THE CLOSET. Film ini mengisahkan seorang bernama Sang Won, ia merupakan seorang pria yang baru saja ditinggal istrinya karena meninggal dunia. Agar rasa sedihnya tidak berkepanjangan, Sang Won dan putrinya pun pindah ke rumah baru.

Namun, bukannya bahagia dan bisa melupakan segala kenangan terhadap mendiang istrinya, mereka kemudian merasakan berbagai hal aneh di rumah tersebut. Hingga suatu hari putri Sang Won hilang secara misterius dan membuatnya harus memanggil seorang dukun pengusir setan yang menyatakan bahwa putrinya ada di dalam sebuah lemari di rumah tersebut.

8. THE MIMIC (2017)

Kemudian ada THE MIMIC yang juga menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Film ini mengisahkan tentang arwah berwujud macan yang mampu menirukan suara manusia yang telah meninggal untuk menarik perhatian korban.

Masalah dimulai ketika keluarga Hee Yeon dan Min Ho baru pindah ke sebuah rumah yang terletak dekat gua Jangsanbeom, tempat arwah tersebut tinggal. Alih-alih mendapatkan ketenangan, ibunda Min Ho sering mendengar suara-suara aneh. Kondisi memburuk ketika Min Ho menemukan mayat wanita di dalam gua tersebut.

Suatu hari Yum Jung Ah menemukan seorang gadis kecil yang hilang di hutan dan membawanya untuk tinggal bersama. Ternyata, kepribadian anak kecil itu mirip dengan anak kandungnya yang telah lama hilang. Semakin lama, ia menyadari bahwa ada hal aneh di balik anak kecil yang ditemukannya ini.

9. WARNING: DO NOT PLAY (2019)

Film WARNING: DO NOT PLAY ini sendiri dibintangi oleh artis papan atas Seo Ye Ji pada tahun 2019. Film horor yang satu ini bercerita tentang seorang yang bernama Mi Jung yang mengetahui tentang film terlarang dan penasaran akan film tersebut.

Walaupun telah mendapat banyak larangan dan nasehat, ia tetap teguh untuk mencari film terlarang tersebut hingga bertemu dengan sang sutradara yang menggarap film itu. Sama dengan yang lain, sang sutradara pun juga melarang Mi Jung untuk mencari tahu dan memberitahunya untuk berhenti mencari keberadaan film tersebut.

Namun, Mi Jung tidak mendengarkannya sampai saat ia menemukan film tersebut dan membawanya ke keadaan yang aneh dan mengerikan. Bukan hanya seram, film ini pun memiliki sinematografi yang terbilang cukup indah untuk dinikmati.

10. THE DOLL MASTER (2017)

THE DOLL MASTER juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Film ini menceritakan tentang sosok aneh di balik 'boneka' tua yang ditemukan di museum boneka terpencil.

Sejumlah wisatawan mengunjungi tempat ini untuk merasakan pengalaman angker ke sebuah museum. Tak disangka, ternyata koleksi boneka di tempat itu cukup aneh dan mengerikan. Bahkan, ada seorang pria yang dirantai di lantai bawah secara diam-diam dan memberikan cerita yang tidak akan kalian sangka-sangka.

11. METAMORPHOSIS (2019)

Film METAMORPHOSIS berkisah saat sebuah keluarga disusupi oleh roh jahat yang menyamar sebagai manusia. Hal itu terjadi saat sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan ketiga anaknya untuk memutuskan pindah rumah. Namun, kepindahan ke rumah baru tersebut bukan membuat mereka bahagia, melainkan menjadi babak baru dengan berbagai kejadian menyeramkan.

Sampai suatu ketika, salah satu anggota keluarga tersebut dirasuki atau disusupi roh jahat yang bertingkah aneh. Hal ini kemudian membuat anak tertua keluarga ini memanggil pamannya yang menjadi pastor untuk melakukan pengusiran setan. Dan film METAMORPHOSIS ini menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

12. THE DIVINE FURY (2019)

Bagi kalian penggemar aktor Park Seo Joon, maka kalian akan tahu dengan film THE DIVINE FURY ini. Ya, film yang baru saja tayang pada tahun 2019 ini merupakan film fantasi laga Korea Selatan yang ditulis dan disutradarai oleh Jason Kim. Film THE DIVINE FURY ini menceritakan kisah seorang juara seni bela diri yang memperoleh kekuatan ilahi untuk bertarung dengan kekuatan jahat yang kuat.

Diceritakan bahwa, setelah kehilangan ayahnya di usia muda dalam kecelakaan yang mengerikan, Yong Hu (Park Seo Joon) meninggalkan kepercayaan pada agama Kristen dan memilih untuk hanya percaya pada dirinya sendiri. Setelah dewasa, Yong Hu menjadi petarung unggul dan sering sekali juara dan memiliki semua yang dia inginkan, sampai saat ketika muncul luka misterius di telapak tangannya.

Dia meminta bantuan dari pendeta lokal Pastor Ahn (Ahn Sung Ki), dan berharap dapat membantu membebaskannya dari luka menyakitkan dan membantu dirinya di tengah pertempuran berbahaya melawan kekuatan jahat dari dunia lain, yang berusaha untuk mendatangkan malapetaka di dunia manusia.

13. THE GROTESQUE MANSION (2021)

Film THE GROTESQUE MANSION ini memiliki cerita dan alur yang menarik serta ada pesan moral yang dapat diambil. Bercerita tentang seorang komikus webtoon yang sedang buntu dalam mencari ide cerita sehingga ia mendatangi sebuah gedung apartement tua yang menyimpang begitu banyak misteri.

Sesampainya ia di sana, ia disambut oleh seorang penjaga apartemen yang sudah begitu tua dan berusaha untuk mengulik cerita-cerita yang ada di gedung apartement tersebut. Namun karena tuntutan pekerjaannya sebagai seorang creator webtoon, ia diminta oleh perusahaan untuk membuat cerita yang lebih panjang sehingga ia memutuskan untuk kembali ke gedung apartment tersebut.

Namun sangat disayangkan kembalinya ia ke sana menjadi malapetaka untuk dirinya sendiri dan menjadi kisah yang cukup menyeramkan. Tidak heran bila THE GROTESQUE MANSION menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik yang wajib kalian tonton.

14. THE 8TH NIGHT (2021)

Dan rekomendasi film Korea horor terbaik yang terakhir ada film berjudul THE 8TH NIGHT. Film ini merupakan cerita bertema horor yang mengisahkan keadaan saat 2.500 tahun yang lalu ada monster yang membuka gerbang negara. Terbukanya gerbang tersebut menjadi awal bagi penderitaan manusia. Lalu sang Buddha muncul untuk menghadapi monster tersebut dengan mengambil dua mata monster tersebut, mata merah dan mata hitam.

Namun, kedua mata tersebut sempat terlepas dari tangan sang Buddha dan hanya mata hitam yang dapat dikurung dalam peti sarira. Sementara mata merah lari dan bersemayam di tubuh manusia. Kisah bergulir untuk mengembalikan mata merah ke tangan sang Buddha agar dikurung di peti yang sama dengan mata hitam. 

15. STRANGERS FROM HELL

Selain film Korea horor, ada sejumlah rekomendasi drama Korea horor yang nggak kalah seru. Salah satunya STRANGERS FROM HELL. Drama Korea STRANGERS FROM HELL, dirilis tahun 2019 silam drakor satu ini mengangkat genre misteri, kejahatan dan horor.

Sementara itu sinopsis STRANGERS FROM HELL mengisahkan tentang Yoon Jong Woo yang baru saja pindah ke Seoul untuk bekerja. Karena uang yang ia miliki pas-pasan, Yoon Jong Woo memutuskan untuk tinggal di asrama dengan kualitas seadanya. Awalnya Yoon Jong Woo tidak cukup betah tinggal di asrama tersebut. Pasalnya tidak hanya tempat tinggalnya yang terbilang cukup berantakan, melainkan juga para penghuninya juga sangat misterius. Termasuk tetangganya, Seo Moon Jo.

Ia pun berencana untuk pindah namun menunggu uangnya benar-benar cukup mendapat pengganti tempat tinggal baru. Sementara itu, di sisi lain ia juga menemukan kejadian misterius dan aneh yang membuat merinding.

16. HOTEL DEL LUNA

Rekomendasi drama Korea horor berikutnya adalah HOTEL DEL LUNA. Bagi penggemar drakor, tentu sudah sangat familiar dengan para pemain HOTEL DEL LUNA. Pasalnya drakor HOTEL DEL LUNA menampilkan sejumlah nama pemain populer seperti IU, Yeo Jin-Goo, Kang Mi-Na, Bae Hae-Sun dan lainnya.

Dirilis tahun 2019 silam, sinopsis HOTEL DEL LUNA mengisahkan tentang Jang Man-Wol dan Koo Chan-Sung yang menjadi rekan kerja di hotel dengan tamu para hantu. Jang Man-Wol mendapat kutukan terjebak di antara dua alam yakni dunia dan akhirat. Ia dikenal sebagai CEO hotel Del Luna dengan kekuatannya yang luar biasa. Sementara, Koo Chan-Sung adalah seorang anak pandai baru saja lulusan dari kampus luar negeri dengan jurusan manajemen hotel.

Karena perjanjian Jang Man-Wol dan ayah Koo Chan-Sung dahulu kala, membuatnya harus terikat dengan hotel berhantu. Sejumlah kejadian bikin merinding dengan bumbu komedi membuat drama Korea horor HOTEL DEL LUNA pastinya cukup seru kalian saksikan.

17. KINGDOM

Jika kalian penggemar drama Korea dengan genre zombie KINGDOM tentunya wajib masuk watchlist. Apalagi drama Korea berjudul KINGDOM memiliki episode yang cukup singkat. Diperankan oleh Ju Ji-Hoon, KINGDOM mengisahkan tentang Putra Mahkota bernama Lee Chang yang berusaha mengungkap kasus dibalik sebuah wabah mematikan di negerinya.

Apalagi, ia juga difitnah telah membunuh Raja yang tidak lain ayahnya sendiri. Di mana ia memulai penyidikan dari sebuah klinik di Dongnae. Namun klinik tersebut rupanya sudah hancur dengan banyaknya mayat yang tergeletak di sana. Namun mayat tersebut bisa bangkit lagi dan menyerang siapa saja. Tidak hanya satu season saja, KINGDOM juga hadir dalam 2 season yang rilis tahun 2020, serta KINGDOM: ASHIN OF THE NORTH dirilis tahun 2021.

18. THE CURSED

THE CURSED merupakan drama Korea dengan genre horor yang juga cukup menarik untuk kalian tonton. THE CURSED dirilis tahun 2020 lalu dengan jumlah 12 episode. Sementara itu sinopsis THE CURSED mengisahkan tentang Im Jin-Hee yang dikenal sebagai seorang reporter. Ia tengah meliput sebuah kasus dari perusahaan IT terbesar. Sejumlah fakta mulai ia temukan termasuk ketika sang direktur dari perusahaan menyewa jasa dukun bernama Jin Kyung. Di sinilah pertemuan Im Jin-Hee dan Jin Kyung dimulai ketika ia tengah melakukan investigasi.

Sementara itu, secara tidak terduga Im Jin-Hee mulai merasa aneh dan memiliki kemampuan unik. Berbagai peristiwa horor dibalut dengan thriller bisa bikin kalian merasa merinding sekaligus menegangkan. Kalian bisa menyaksikan drama Korea satu ini melalui saluran Netflix.

19. THE GREAT SHAMAN GA DOO-SHIM

THE GREAT SHAMAN GA DOO-SHIM juga menjadi rekomendasi drama Korea horor yang wajib kalian tonton. Dirilis tahun 2021 lalu, THE GREAT SHAMAN GA DOO-SHIM diperankan oleh Kim Sae-Ron dan Nam Da-Reum. Sementara itu sinopsis THE GREAT SHAMAN GA DOO-SHIM mengisahkan tentang seorang siswa bernama Ga Doo-Shim memiliki kemampuan melihat hantu.

Ia menemukan banyak kejanggalan di sekolah barunya, ketika siswa dengan nilai paling rendah tiba-tiba bunuh diri. Bukan karena depresi, namun kejanggalan ini rupanya ada campur tangan kekuatan mistis yang menyebabkan para siswa bunuh diri. Bersama dengan Na Woo-Soo, Ga Doo-Shim mulai mematahkan kutukan tersebut.

20. MONSTROUS

Rekomendasi drama Korea horor berikutnya adalah MONSTROUS. Drama Korea satu ini termasuk drakor baru yang dirilis tahun 2022. Diperankan oleh Koo Gyo-Hwan dan Shin Hyun-Bin, MONSTROUS mengisahkan tentang Jung Ki Hoon yang awalnya dikenal sebagai arkeolog berfokus pada kejadian supernatural.

Namun ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi seorang konten kreator dengan menerbitkan majalah okultisme dan membuat Youtube Monthly Strange Story. Untuk kebutuhan kontennya, Jung Ki Hoon memutuskan pergi ke kampung mantan istrinya meneliti Gwibul. Namun ia justru menjumpai sejumlah kejadian misterius sekaligus menakutkan. Di sinilah berbagai teror menyeramkan mulai terjadi yang bakalan siap Jung Ki Hoon dan tim hadapi.

Itulah beberapa rekomendasi film Korea horor terbaik yang sayang banget untuk KLovers lewatkan. Kebanyakan film horor Korea memiliki alur yang cukup serius dan kompleks, jadi bagi kalian yang suka dengan film horor yang menyajikan banyak teka-teki, maka cocok banget untuk nonton beberapa rekomendasi film Korea horor terbaik ini.


REKOMENDASI
TRENDING