HOME » KOREA
KOREA

14 Tipe Penonton Drama Korea di Indonesia, Kalau Kamu yang Mana Nih?

Selasa, 23 Maret 2021 16:50

(credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Drama Korea alias K-Drama alias drakor atau apalah orang mau menyebutnya, sekarang sedang merajela dan jadi favorit banyak orang buat ditonton. Yang dulunya nggak suka pun sekarang banyak yang keranjingan. Kali ini Kapanlagi.com akan mengajak KLovers memahami bagaimana tipe cara orang menonton drama Korea! Kalian masuk yang mana nih?

 

 

1. Tim Download

Di Internet dulu banyak banget situs-situs penyedia jasa download drama Korea, dari yang lama sampai yang terbaru, untuk disimpan di PC, ponsel sampai hard disk eksternal. Sebagian besar memang ilegal sih tapi ya susah memang melacak kan? Selain itu juga ada grup-grup di Instagram yang menyediakan link-link download-nya.

2. Nonton Streaming

Hampir sama seperti yang suka download tadi, penonton yang memilih streaming salah satu tujuannya adalah menghemat memori ponsel atau PC. Tapi syarat utamanya sih harus punya koneksi internet yang bagus biar nontonnya tenang nggak tersendat. Biasanya nih yang nonton streaming, enak sambil rebahan via ponsel.

3. Tim Minta Download

Kalau tipe ini sih bisa dibilang mau enaknya aja nih. Biasanya mereka bakal minta hasil download-an teman yang sebelumnya sudah mengunduh drama Korea dan tersimpan rapi di laptop. Tinggal modal flash disk saja cukup copy dan paste, bisa nonton deh, tanpa perlu menunggu download-an yang bisa-bisa putus di tengah jalan kalau koneksi nggak lancar.

4. Tim Nonton di OTT Media Service

OTT media service mungkin masih awam bagi sebagian orang. Tapi kalau menyebut Netflix, VIU, Vidio dan sebagainya pasti langsung paham kan? Kita bisa nonton drama dengan cara mengunduh aplikasinya. Ada yang gratis untuk konten-konten tertentu (dan pastinya harus nonton iklan), ada juga yang rela bayar demi bisa menonton drakor favoritnya.

5. Nonton yang Tayang di Televisi Aja

Kalau ini biasanya ibu-ibu nih, ditemenin sama anak-anaknya yang masih kecil. Yap ada yang nonton drama Korea yang sedang tayang di televisi-televisi Indonesia. Kebetulan sekarang ada THE K2 dan UNCONTROLLABLY FOND, ada yang nonton?

6. Tim Nunggu Tamat

Ada tipe penonton yang nggak suka dibuat menunggu karena takut penasaran dan kepikiran berhari-hari menantikan kelanjutan cerita drakor. Biasanya sih mereka nunggu tamat baru nonton. Bisa-bisa dalam waktu 2 - 3 hari langsung tamat kalau ceritanya seru.

7. Tim On-Going

Kalau ini kebalikannya dari tim nunggu tamat. Mereka sabar banget nunggu tiap per minggu episode-nya. Biasanya kalau udah nonton per episode akan dibahas bareng-bareng sampai nunggu episode selanjutnya tayang lagi. Tim ini biasanya excited banget kalau hari penayangan drakor favoritnya telah tiba.

8. Tim Nonton Kalau Idolanya yang Main

Biasanya sih ini tipe fans setia. Jadi dia cuma mau nonton kalau aktris atau aktor atau idola K-Pop-nya ikut berpartisipasi. Biasanya juga tipe ini nggak peduli genre atau jalan cerita, yang penting bisa nonton idolanya berakting sekaligus memandang wajah cantik / gantengnya.

9. Tim Nonton Drakor yang Lagi Di-Hype Banyak Orang

Tipe ini sih biasanya terbawa arus akibat rasa penasaran. Gara-gara sebuah drama sering banget dibicarakan di medsos sampai trending akhirnya timbul keinginan buat nonton juga karena kepo, 'Emang sebagus apa sih kok sampai heboh gini?'. Biasanya ending-nya ada dua, mereka mengakui memang bagus banget dan pantes dapat hype tinggi atau merasa B aja tidak sesuai ekspektasi.

10. Tim Nonton Karena yang Main Bintang Hallyu

Biasanya sih ini para penonton yang cukup melihat pemainnya aja udah yakin kalau dramanya bakal bagus banget. Kualitas bintang memang tak bisa dipungkiri bakal menggaet banyak orang buat nonton. Contohnya nih THE KING: ETERNAL MONARCH, CRASH LANDING ON YOU, IT'S OKAY TO NOT BE OKAY, mungkin di awal-awal nggak bakal heboh kalau yang main bukan Lee Min Ho, Hyun Bin, dan Kim Soo Hyun.

11. Tim Nggak Suka yang Mainstream

Tim ini udah males duluan kalau lihat banyak orang meng-hype drama yang membuat mreka jadi ilfil padahal belum nonton. Makanya mereka memilih buat nonton yang beda. Contohnya, ketika semua orang kayak heboh DESCENDANTS OF THE SUN, mereka lebih memilih nonton GO BACK MISTER. Tim ini biasanya juga males dengan drama yang menye-menye dan lebih memilih jalan cerita yang serius.

12. Tim yang Nonton Karena Nemenin

Kalau tipe ini biasanya para suami atau pacar yang nemenin belahan jiwanya nonton. Misalnya nih, seorang istri binge-watching THE WORLD OF THE MARRIED, sang suami nggak sengaja jadi nonton juga. Bisa karena iseng atau memang ikutan jatuh hati dengan jalan ceritanya setelah nggak sengaja nonton.

13. Tim Pilih Nonton Jika Ada Aktor Ganteng

Nggak harus terkenal atau bintang Hallyu, yang penting aktor-aktornya ganteng, biasanya juga bakal ditonton sama tim ini. Mereka menjadikan drama dengan aktor ganteng sebagai eye-candy alias penyegaran mata serta kadang nggak peduli dengan jalan ceritanya.

(kpl/pit)


REKOMENDASI
TRENDING