KOREA

4 Rahasia di Dunia K-Pop, Bisnis Manipulasi Tangga Lagu Hingga Hutang Jadi Alasan Bubar

Rabu, 26 Agustus 2020 17:25

G.O dan MADTOWN (credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Ada banyak hal yang tidak ketahui, termasuk di balik layar gemerlapnya panggung K-Pop. Kalau selama ini kita hanya melihat penampilan idola kita di MV, panggung, atau acara televisi, lalu bagaimana dengan hal-hal pribadi mereka?

Dilansir dari Koreaboo, para orang yang pernah kerja di panggung K-Pop ini membeberkan rahasia tentang dunia per-idol-an yang banyak orang tak tahu. Seperti apa sih?

1. Manipulasi Tangga Lagu

G.O MBLAQ yang sekarang lebih dikenal sebagai Youtuber dan broadcast jockey pernah cerita soal bisnis untuk membuat sebuah grup K-Pop menjadi dikenal banyak orang. Caranya adalah dengan mem-blok server situs platform musik di Korea yang dikontrol dari luar negeri. Istilahnya dikenal sebagai sajaegi atau chart manipulation.

Tahun 2010 lalu, agensi G.O didatangi oleh orang-orang dari bisnis tersebut dan menawarinya untuk nomor jadi nomor satu di tangga lagu. Tapi tentu saja ada bayarannya.

"Kalau kalian membayar USD 375 ribu, kami akan membuat penyanyi kalan jadi nomor satu di tangga lau selama sebulan," kata G.O di salah satu siaran live-nya.

Setelah tawaran itu ditolak agensi G.O., hal yang sama ternyata juga terjadi pada boyband 2PM. Saat mendapat satu ruangan dengan boyband asal JYP itu di acara musik, member 2PM cerita soal ini kepada G.O.

"Salah satu member cerita padaku, 'Hey G.O. tahu nggak? Ada orang datang ke agensi dan bilang mau memanipulasi tangga lagu buat kami selama sebulan kalau membayar USD 500 ribu - USD 600 ribu'," cerita G.O.

2. Eyecontact Saat Fancm

Fancam bukanlah istilah asing bagi penggemar K-Pop. Video idola yang direkam oleh penggemar ini pun kadang bikin bingung. Bagaimana caranya seorang idola bisa tahu kamera penggemarnya hingga melakukan eye-contact. Rahasia ini dijawab oleh Tina (sekarang pakai nama Soobin), mantan member girlgroup Blady yang kini punya channel Youtube bernama soobeanie_.

Ternyata nih penggemar yang merekam (biasanya disebut fansite) mencari perhatian idolanya dulu dengan memberi tanda elektronik (bisa di ponsel) dengan nama sang artis tertulis di situ. Tanda itu pun biasanya menggunakan flash dan ditunjukkan sebelum artis perform agar idolanya bisa tahu di mana fansite-nya berada. Jadi ketika sang idola mulai nyanyi dan nge-dance, mereka akan melihat ke arah kamera penggemar yang sudah memberikan tanda elektronik tadi.

3. Idol Pacaran di ISAC

Soobin juga menceritakan gaya pacaran idola K-Pop di acara Idol Star Athletic Championship. Di sinilah para idola berkumpul untuk berlomba bersama. Kata Soobin, banyak idol yang sebenarnya pacaran tapi berusaha menutupi itu kala sama-sama ikut acara ISAC.

Soobin memberikan contoh mantan rekan segrupnya di Blady dulu. Salah satu member grupnya pacaran dengan seorang idol pria. Keduanya mencoba nggak ada interaksi sama sekali tapi terus saling curi pandang yang justru malah membuat mereka kelihatan kalau sedang pacaran.

4. Alasan Utama Bubar

Disband adalah salah satu kata yang ditakutkan oleh penggemar. Mereka pastinya nggak mau grup yang dicintai bubar. Tapi ya kadang hal tersebut tak bisa dihindari, karena setiap grup pasti ada alasan sendiri kenapa mereka memutuskan bubar. Salah satu penyebabnya dibagikan H.O, mantan member MADTOWN, dan Siwan, mantan member TwiLight. Kebetulan mereka punya pengalaman sama dalam hal bubarnya grup masing-masing.

H.O cerita kalau alasan mereka bubar adalah hutang. Sebelum debut grup mereka butuh banyak uang buat produksi musik, kostum, dan lainnya yang membuat mereka kesulitan dapat keuntungan dari penjualan lagu dan musik.

"Agensi memberi hutang kepada grup yang baru debut, mulai dari produksi musik, membuat video, produksi album, sampai biaya makan. Biayanya minimal 500 juta won buat membuat sebuah grup. Kalau satu grup ada tujuh member, setiap orang punya hutang sekitar 70 ribu won. Mereka baru dapat untung setelah hutangnya lunas," kata H.O.

Hal yang sama juga diceritakan oleh Siwan. Katanya kalau misalkan sebuah grup gagal populer dengan cepat dan dapat uang untuk melunasi hutang, mereka kemungkinan besar akan bubar.

"Kalau satu grup sudah bisa melunasi semua hutang pada agensi yang sudah membiayai, baru grup dan agensinya bisa dapat untung. Grup yang baru debut dapat bayaran paling tidak $3000. Jadi buat membayar utang $500ribu, grup itu harus bertahan dengan jadwal yang mematikan," cerita Siwan.

Cerita nyaris serupa disampaikan Mir dari grup MBLAQ. Menurutnya alasan utama sebuah grup bubar adalah karena uang. Apa yang diduga banyak orang biasanya salah.

"Ketika grup bubar, orang mengira para member sudah nggak ada kecocokan lagi. Aku rasa itu bukan penyebab. Soalnya member MBLAQ dekat semua. Kalau kalian lihat acara TV (dari grup yang sudah bubar), bisa dilihat kalau tiap member berteman baik dan nggak pura-pura dekat," ujar Mir.

Gimana komentar KLovers soal ini?

(kor/pit)


REKOMENDASI
TRENDING