HOME » KOREA

5 Jajanan Khas Korea yang Cocok Jadi Menu Takjil Buka Puasa, Masak Sendiri di Rumah Juga Bisa

Jum'at, 09 April 2021 09:00 Penulis: Wuri Anggarini
5 Jajanan Khas Korea yang Cocok Jadi Menu Takjil Buka Puasa, Masak Sendiri di Rumah Juga Bisa (c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Ada hal-hal yang dirindukan setiap datangnya bulan puasa, salah satunya tradisi berburu takjil sambil ngabuburit. Bukan Ramadan Biasa, kali ini beli takjilnya cukup dilakukan dari rumah. Tapi kalau bosan dengan menu yang itu-itu aja, coba bikin sendiri makanan yang terinspirasi dari jajanan Korea yang mudah dan nggak kalah lezat, lho!

Patbingsoo

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Segarnya patbingsoo bikin kuliner yang satu ini cocok jadi takjil saat berbuka puasa. Cara membuatnya pun mudah dengan bahan-bahan yang gampang didapat. Pertama, tata es serut di dalam magkuk lalu taburi dengan buah-buahan seperti fruit cocktail yang praktis, potongan agar-agar, kacang merah yang sudah dimasak, dan es krim. Sempurnakan dengan kucuran susu kental manis dan kue mochi dengan isian favoritmu.

Bungeoppang

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Buat yang suka nonton drakor, mungkin sudah familiar dengan kudapan manis yang satu ini. Adonan yang terbuat dari tepung, baking powder, gula, susu dan telur ini akan diisi dengan selai kacang merah. Kue ini dicetak berbentuk ikan lalu dipanggang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Bisa disantap kapan pun, tapi rasanya lebih sedap selagi hangat.

Milk Cream Donut

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Korean food street ini lagi viral berkat tampilannya yang menggugah selera. Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Ginseng, berani baru jajal kemampuanmu di dapur untuk membuat donat berisi krim susu di bagian tengahnya ini.

Pertama bikin bahan donatnya dulu dengan bahan-bahan eperti air hangat, ragi, terigu protein tinggi, susu bubuk, gula, kuning telur, garam, dan mentega. Sambil menunggu adonan donat mengembang, buat isian donat yang terbuat dari whipped cream bubuk, air es, susu cokelat bubuk atau remahan biskuit, simpan di dalam kulkas sebelum digunakan. 

Goreng donat hingga kecoklatan, lalu dinginkan sebelum membelahnya di tengah namun jangan sampai putus. Isi dengan krim hingga penuh, lalu sajikan sebagai takjil lezat yang cukup mengenyangkan.

Hotteok 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Masih dari keluarga roti, hotteok jadi jajanan ala street food Korea yang punya banyak peminat. Adonannya terbuat dari tepung terigu, air hangat, ragi, garam dan minyak sayur yang dibentuk bulat. Isian aslinya dibuat dari campuran brown sugar, kenari, dan wijen, tapi kini mulai divariasikan dengan saus cokelat maupun keju mozzarella.

Adonan ini nantinya akan digoreng di atas wajan dengan sedikit minyak sayur. Sambil ditekan hingga melebar dan berwarna kecoklatan di kedua sisinya, hotteok siap disajikan dan disantap selagi hangat.

Gimmari

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Penggemar gorengan wajib menjajal kudapan khas Korea yang satu ini. Punya tekstur garing, gimmari dibuat dengan menggulung bihun dengan rumput laut lalu digoreng dalam adonan tepung tempura. Jika sulit menemukan glass noodle sebagai bahan utamanya, kamu juga bisa menggantinya dengan mie instan goreng favoritmu, lho.

Nggak perlu beli di luar, masak sendiri di rumah juga bisa. Belanjanya juga nggak pakai ribet karena kamu bisa menemukan beragam jenis sayuran, buah, tepung, hingga saus khas Korea untuk menyajikan menu takjil ini hanya di LOTTE Mart. Bisa dibeli secara online lewat iStyle.id, para vibrant shoppers with premium lifestyle akan lebih mudah mencari bahan masakan sahur dan buka puasa di LOTTE Mart.  

Selain bikin urusan belanja kebutuhan rumah tangga jadi lebih praktis, temukan juga Berkah Hampers Keluarga yang bisa jadi ide bingkisan istimewa untuk keluarga tercinta. Lengkap dan berkualitas, jangan ketinggalan beragam promo menarik mulai dari kesempatan mendapatkan THR 2 Miliar, Ngabuburit Flash Sale, extra diskon 300K, hingga Gratis Ongkir.

Tunggu apalagi, penuhi beragam kebutuhanmu di beauty & lifestyle e-commerce ini. Selain lewat situs, download juga aplikasi iStyle.id baik di Play Store maupun App Store untuk pengalaman belanja yang lebih mudah dan efisien. Selamat berbelanja!

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING