KOREA

Ada BTS Hingga SHINee, Ini Deretan Lagu K-Pop Yang Terinspirasi Dari Buku

Rabu, 09 Maret 2022 13:45 Penulis: Editor KapanLagi.com

credit: instagram.com/bts.bighitofficial - instagram.com/shinee

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh: Alvionita Aqila

Saat ini musik K-Pop tengah mendunia dan banyak digemari dari semua kalangan khususnya anak muda. Pengaruh K-Pop pun tak main-main, bahkan beberapa lagu dapat menempati posisi pertama di Billboard.

Lagu-lagu K-Pop dikenal dengan konsep yang unik dan menarik hingga tak jarang menerima banyak pujian. Namun, siapa sangka ada beberapa lagu K-Pop yang terinspirasi dari sebuah buku.

Penasaran lagu apa yang terinspirasi dari buku? Yuk, simak di bawah ini.

1. BTS - Magic Shop

Boy group satu ini seringkali menjadikan buku sebagai inspirasi lagu-lagunya. Untuk lagu yang kali ini, mereka memilih buku Into the Magic Shop: A Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secrets of the Heart karya James R. Doty sebagai inspirasi.

Buku tersebut menceritakan perjalan seorang wanita bernama Ruth dan mengisahkan bagaimana Ruth membuka hatinya. Berkat dijadikan inspirasi oleh BTS, buku ini menjadi best seller bulanan peringkat 2.

2. GFRIEND - Navillera

Lagu milik girl group GFRIEND ini memang menimbulkan berbagai interpretasi dari para penggemarnya. Banyak fans yang percaya bahwa lagu ini terinspirasi dari buku yang berjudul The Butterfly of the Stars, atau judul aslinya dalam bahasa Perancis yaitu Le Papillon des étoiles karya Bernard Werber.

Navillera sendiri diambil dari kata Navi atau Na-bi dalam Bahasa Korea yang artinya kupu-kupu, sama seperti judul novel Le Papillon dalam bahasa Perancis berarti kupu-kupu. Buku ini menceritakan sebuah kapal yang membawa umat manusia dari bumi ke sebuah planet selama 1000 tahun. Namun, diakhir perjalanan tersebut hanya tersisa satu gadis dan tiga laki-laki yang masih hidup.

3. VIXX - Scientist

Scientist merupakan lagu yang terinspirasi dari sebuah buku yang berjudul Perfume: The Story of A Murderer karya Patrick Suskind yang pertama kali terbit pada tahun 1985. Menceritakan tentang seorang pria yang terobsesi dengan para wanita dan kemudian ia membunuhnya untuk dijadikan parfum.

Lagu yang dirilis tahun 2018 ini merupakan salah satu lagu VIXX yang menggunakan konsep unik. Dalam musik video Scientist, digambarkan suasana meracik parfum sesuai dengan cerita dalam buku.

4. IU - Zeze

Salah satu lagu dalam album IU yang berjudul Smash Hits 2: The Stories Between U & I ini dirilis pada tahun 2018. Rupanya, lagu ini terinspirasi dari buku My Sweet Orange Tree karya José Mauro de Vasconcelos.

Dalam buku tersebut Zeze digambarkan seorang anak laki-laki berusia 5 tahun yang sering mendapatkan kekerasan dari keluarganya. Namun, dalam lagu milik IU itu Zeze adalah anak nakal yang suka menggoda. Hal itulah yang membuat lagu ini sempat menjadi kontroversi karena dianggap melenceng jauh dari cerita asli.

5. SHINee - Sherlock

Lagu yang dirilis pada tahun 2013 ini terinspirasi dari buku terkenal dunia yaitu Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Menceritakan tentang seorang detektif yang menyelidiki sebuah kasus dengan memecahkan teka-teki.

Pada musik video juga digambarkan dengan jelas para member SHINee yang sedang sibuk memecahkan teka-teki seorang wanita yang muncul tiba-tiba. Lagu ini telah mendapat penghargaan di Golden Disk Awards pada tahun 2013.


REKOMENDASI
TRENDING