KOREA

Ada Sampai 113 Kali Iklan Produk di Setiap Episode Drama Korea, Sadar Nggak?

Senin, 17 Desember 2018 15:45 Penulis: Ayu Srikhandi

Gong Yoo © Maxim KANU

Kapanlagi.com - Ternyata dalam sebuah drama Korea terdapat puluhan sampai ratusan iklan produk dalam setiap episodenya lho. Bisa jadi para penggemar drama Korea banyak yang nggak menyadari hal tersebut. Sebuah studi dari YMA menunjukkan kalau rata-rata setiap episode drama Korea menampilkan 57 kali iklan produk, yang bisa berbentuk penempatan produk atau marketing.

YMCA meneliti setidaknya 17 drama Korea dari stasiun TV swasta (bukan TV cable). Diungkapkan, dalam sebuah episode paling sedikit memasukkan 18 iklan produk.

Dilansir Allkpop, studi ini juga menemukan kalau MBC - BAD PAPA yang dibintangi Jang Hyuk memiliki sampai 113 kali iklan produk. Sebagai penonton drama Korea, apakah kamu menyadari hal ini?

1. Kontroversi Penempatan Iklan

Sejak beberapa waktu belakangan, iklan dalam drama maupun variety show Korea memang menjadi perbincangan. Pasalnya, penempatan iklan ini menjadi pro dan kontra, karena tidak sedikit pemirsa yang merasa terganggu dengan adanya iklan produk di tengah-tengah scene. Sedangkan penonton lainnya merasa tidak masalah dengan hal tersebut.

Pemirsa juga menemukan scene iklan yang dianggap mengganggu jalannya cerita, misalnya seorang karakter yang mendadak melepas jaketnya untuk menunjukkan produk padahal sedang di tengah-tengah percakapan (KBS - MATRIMONIAL CHAOS), ada juga penempatan iklan dari karakter penjual produk kosmetik mendadak membuka restoran BBQ (SBS - I AM THE MOTHER TOO).

2. Penempatan Produk Iklan I LIVE ALONE

Belum lama ini pemirsa juga membahas soal penempatan iklan dari variety show I LIVE ALONE. Dalam sebuah episode, ada scene yang menunjukkan iklan dari sebuah produk elektronik yang disiapkan Park Na Rae untuk kado pada temannya.

Sebagian pemirsa merasa kalau reality show sebaiknya tidak menempatkan iklan di tengah-tengah scene karena dirasa membuat pemirsa jadi fokus.

Kalau kamu sendiri, setuju nggak dengan penempatan produk iklan seperti dalam drama atau reality show?


REKOMENDASI
TRENDING