Gaji Bulanan Manajer Seleb Korea, Puluhan Juta & Banyak Gratisan

Jum'at, 08 September 2017 07:45 Penulis: Rahmi Safitri
Gaji Bulanan Manajer Seleb Korea, Puluhan Juta & Banyak Gratisan Siwon dan Song Hye Kyo bersama manajer mereka © istimewa

Kapanlagi.com - Menjadi selebritis itu tidaklah mudah, begitu juga dengan bintang-bintang Korea. Seorang aktor atau penyanyi butuh banyak orang yang membantu mereka mulai dari makeup artist sampai manajer. Manajer adalah orang yang paling banyak membantu. Mereka menata jadwal sampai melindungi artisnya dari penggemar. Singkatnya tugas seorang manajer tidaklah mudah.

Manajer artis Korea biasanya juga dikenal oleh penggemar. Malah tak jarang, banyak di antara mereka yang juga punya banyak fans karena wajahnya yang tampan atau cantik tak kalah dengan artisnya, seperti manajer Super Junior. Tapi pernah berpikiran nggak, kira-kira berapa sih bayaran seorang manajer artis Korea?

Para manajer artis cerita soal pekerjaan mereka © JTBCPara manajer artis cerita soal pekerjaan mereka © JTBC

Dilansir dari Koreaboo, lewat acara Jobs yang tayang di stasiun televisi JTBC baru-baru ini, dibahas soal bayaran menjadi manajer artis. Lewat acara itu, beberapa manajer artis yang jadi bintang tamu membocorkan berapa banyak yang diterima mereka dalam waktu satu bulan.

Salah satu dari mereka bercerita kalau gaji seorang manajer artis itu gaji bulanannya ditentukan berdasarkan pengalaman mereka. Semakin lama bekerja sebagai manajer, maka makin besar pula gaji yang diterima. Contohnya, seorang manajer artis baru akan mendapat kisaran gaji antara 1 juta - 1,5 juta won atau sekitar Rp 11,8 juta - Rp 17,7 juta.

Gaji awal manajer baru sekitar belasan juta © JTBCGaji awal manajer baru sekitar belasan juta © JTBC

Setelah beberapa tahun bekerja, seorang manajer artis bisa promosi sebagai leader tim. Perlu diketahui, terkadang seorang artis atau grup punya lebih dari satu manajer. Setiap tim leader akan mendapat gaji bulanan yang berkisar antara 2 juta sampai 3 juta won atau sekitar Rp 23,5 juta - Rp 35,3 juta.

Ternyata seorang manajer bukan hanya berhenti sebagai leader tim saja. Kalau punya banyak pengalaman mereka bisa dipromosikan untuk menjadi chief manager. Kalau sudah dapat jabatan ini, seorang manajer artis akan punya gaji bulanan antara 5 juta - 6 juta won (Rp 58,9 juta - Rp 70,7 juta).

Manajer tak perlu mengeluarkan uang kalau sedang mendampingi artisnya © JTBCManajer tak perlu mengeluarkan uang kalau sedang mendampingi artisnya © JTBC

Melihat banyaknya tanggung jawab sebagai manajer, mungkin banyak yang merasa kalau gaji tersebut tak seberapa. Tapi ternyata bukan itu saja yang diterima seorang manajer. Saat mendampingi artisnya, manajer nyaris tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena semuanya jadi tanggungan agensi. Salah satu keuntungan tersebut termasuk transportasi dan kartu perusahaan yang bisa digunakan untuk segala macam pengeluaran dalam masa promosi artis yang mereka tangani. Tapi semua itu tergantung dari kesepakatan antara agensi dan manajer.

Seorang artis biasanya punya pekerjaan di luar negeri, contohnya artis K-Pop yang konser di beberapa negara. Maka bisa dipastikan manajer yang mendampingi tak perlu mengeluarkan biaya untuk pesawat dan akomodasi selama di luar negeri tersebut.

Aktris Han Eun Jung sering memberi bonus untuk manajernya © JTBCAktris Han Eun Jung sering memberi bonus untuk manajernya © JTBC

Manajer dari komedian dan TV personality Park Myung Soo, mengaku sudah bekerja selama 15 tahun di bidang ini dan mendapat bayaran antara 6 juta - 8 juta won (Rp 70,7 juta sampai Rp 94,2 juta) tapi tanpa uang transportasi. Sedangkan manajer dari aktris Han Eun Jung mengaku mendapat bayaran 4 juta won (sekitar Rp 47,1 juta) serta dapat bonus dari sang artis.

Yang jelas jadi manajer artis itu tak mudah karena perlu banyak pengorbanan dan pastinya tanggung jawabnya besar. Tapi bagi banyak fans dari bintang K-Pop dan aktor-aktris K-Drama, jadi manajer artis adalah pekerjaan impian karena kita bisa dekat dengan idola kita.

(kor/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING