KOREA

Perjuangan SNSD Sebelum Debut, Dilarang Keluarga - Lawan Ribuan Peserta Audisi

Rabu, 05 September 2018 16:30 Penulis: Rahmi Safitri

SNSD dan Jessica © SM Entertainment

Kapanlagi.com - Girls Generation atau SNSD baru saja mengeluarkan unit baru bernama Oh!GG yang mulai debut pada 5 September 2018  dengan lagu andalan berjudul Lil' Touch. Unit ini terdiri dari Taeyeon, Sunny, Hyoyeon, Yuri, dan Yoona yang masih bergabung dengan agensi SM Entertainment sampai sekarang.

Buat sekedar mengingatkan saja, tiga member SNSD yaitu Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan SM. Meski memutuskan untuk bersolo karir dan konsentrasi sebagai aktris, tiga wanita cantik itu tetap menjadi bagian dari SNSD. Sedangkan satu member lainnya yaitu Jessica, keluar dari SNSD dan SM sejak 2014 lalu.

Mengenang SNSD tak ada habisnya. Berikut ini adalah kisah bagaimana tiap member harus berjuang untuk bisa lolos audisi agar menjadi trainee di SM yang dilansir dari Koreaboo. Setelah itu mereka juga nggak begitu saja bisa debut sebagai SNSD lho.

1. Taeyeon

Taeyeon terlahir dari orangtua yang berbakat di dunia musik. Ayahnya adalah vokalis band saat kuliah dan ibunya sering jadi juara kontes menyanyi. Makanya nggak heran kalau dia berbakat di bidang tarik suara dan didukung penuh oleh orangtuanya.

Di 2013, Taeyeon menjadi anggota SM Academy Starlight dan harus bolak-balik dari kampung halaman ke Seoul. Saat itu ia sempat mengalami perubahan suara karena puberti yang membuatnya sempat menangis tapi lalu diatasi dengan giat latihan. Di usia 15 tahun, Taeyeon duet di album milik The One. Di Agustus 2013, ia menjadi pemenang 8th SM Teen Best Contest mengalahkan 10.000 peserta. Setelah menang ia resmi jadi trainee di SM Entertaiment. Tiga tahun kemudian ia terpilih sebagai member ketujuh SNSD serta debut di 2017 sebagai leader dan vokalis utama.

2. Sunny

Sunny mendapat bakat menyanyi dari sang ayah yang mantan vokalis di band Runway. Dia pernah menjadi bagian dari KBS Children's Chorus dan asisten guru musik saat sekolah. Ia menjadi trainee di agensi milik sang ayah, Star World, sejak 1998 dan nyaris debut sebagai duo di grup bernama Teen Top. Tapi sayangnya setelah lima tahun jadi trainee, agensi itu ditutup karena masalah ekonomi.

Ayumi dari girlband Sugar kemudian menyarankan Sunny untuk audisi di SM Entertainment yang kebetulan milik Lee Soo Man, pamannya sendiri. Dia lalu audisi tanpa memberitahukan hubungannya dengan Lee Soo Man dan berhasil lolos. Ia menjadi member terakhir yang masuk SNSD.

3. Tiffany

Tiffany mengagumi mendiang ibunya yang seorang dancer. Awalnya dia ingin ikut saran sang kakak untuk jadi pengacara sampai akhirnya dapat tawaran dari berbagai agensi entertainment Korea di sebuah festival yang digelar di Los Angeles, tahun 2004. Ia memilih SM, karena mengidolakan sosok BoA.

Meski sempat dilarang keluarga, Tiffany nekat terbang sendirian ke Korea di usia 16 untuk menjadi trainee di SM. Dia pun sempat bingung dan jadi ada jarak untuk hubungannya dengan sang ayah. Tapi perjuangannya itu membuahkan hasil karena hanya perlu dua tahun menjadi trainee sebelum ia debut dengan SNSD.

4. Hyoyeon

Hyoyeon sejak kecil sudah sering muncul di acara TV karena bakatnya di bidang dancing. Ia bergabung di Winner's Dance School saat kecil dan dapat pelatihan dari para ahli. Bakatnya pun ditemukan SM di tahun 2000.

Tahun 2015 saat masih menjadi trainee, Hyoyeon dipercaya sebagai penari untuk penampilan BoA di acara MNet KM Music Festival. Setelah tujuh tahun menjadi trainee, ia adalah member keempat yang masuk ke SNSD.

5. Yuri

Saat masih kecil Yuri sepertinya nyaris menjadi atlet sebelum ditemukan SM. Tahun 2001, ia terpilih sebagai Best Dancer di SM Teen Best Contest.

Saat masih menjadi trainee, ia bisa dibilang sudah banyak kenal. Selain membintangi iklan snack bersama Jang Dong Gun, ia juga muncul sebagai model MV dari TVXQ untuk lagu Beautiful Life. Ia pun jadi member ketiga yang masuk ke SNSD.

6. Sooyoung

Banyak agensi yang melihat potensi dari Sooyoung. Ia pernah tiga kali dalam seminggu didekati oleh pencari bakat. Sampai akhirnya dia lolos audisi SM bersama dengan Lina dari girlgroup CSJH The Grace.

Saat menjadi trainee, Sooyoung dikirim ke Jepang untuk ikut kompetisi acara Route 0. Acara itu kerjasama Korea - Jepang untuk membentuk duo. Sooyoung berhasil mengalahkan 15.892 peserta audisi dan berhasil debut bersama wakil Jepang, Marina Takahashi, di 2002 saat ia masih berusia 12 tahun. Route 0 mengeluarkan tiga lagu sebelum bubar.

Selama trainee Sooyoung cukup laris manis lho. Ia pernah jadi iklan ponsel di 2003. Di 2005 ia menjadi presenter acara Hello Chat di MNet. Tahun 2007, ia jadi DJ radio bersama Sungmin Super Junior. Sooyoung juga main drama dan film serta dipercaya menyanyikan lagu intro untuk animasi Inuyasha. Di 2007, ia adalah member kelima yang masuk SNSD.

7. Yoona

Sejak kecil Yoona bermimpi jadi penyanyi. Di 2002 ia berhasil lolos audisi untuk Saturday Audition yang rajin diselenggarakan SM. Ia menjadi satu dari lima orang yang berhasil lolos audisi tersebut.

Sebelum debut, wajah Yoona juga sudah banyak dikenal. Ia menjadi model MV TVXQ untuk lagu Magic Castle. Yoona katanya 200 kali ikut audisi untuk iklan dan acara TV selama menjadi trainee. Setelah lima tahun, akhirnya ia menjadi member pertama yang masuk SNSD.

8. Seohyun

Ibunda Seohyun punya sekolah musik jadi nggak heran kalau anaknya punya bakat di musik bahkan sempat berniat belajar di Amerika Serikat. Tapi di tahun 2002, saat sedang berada di subway bersama sepupu, Seohyun ditawari orang asing untuk ikut audisi. Setelah itu dia pun lolos jadi trainee setelah menyanyikan lagu anak-anak dan menunjukkan bakatnya di bidang balet. Lima tahun kemudian dia menjadi member termuda di SNSD

9. Jessica

Jessica ditawari masuk SM oleh pemandu bakat, saat sedang belanja bersama orangtua dan adiknya, Krystal. Setelah Jessica menjadi trainee, keluarganya pun kembali ke Korea dari AS untuk mendukung mimpi sang putri.

Saat trainee, Jessica diajari tarik suara oleh Johan Kim, yang juga melatih Taeyeon. Jessica pun menjadi model MV di salah satu lagu Johan Kim sebelum debut. Ia menjadi trainee selama tujuh setengah tahun sebelum debut bersama SNSD.


REKOMENDASI
TRENDING