KOREA

Sebelum Meninggal Dunia, Goo Hara Hadapi Berbagai Kisah Sedih Ini

Minggu, 24 November 2019 23:05 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Goo Hara © instagram.com/koohara__

Kapanlagi.com - Hanya selang beberapa minggu setelah kepergian Sulli yang memutuskan bunuh diri di apartemennya. Sekarang kabar duka datang dari eks member KARA, Goo Hara, yang juga memutuskan mengakhiri hidupnya sendiri hari ini, Minggu, (24/11).

Sebelumnya, Goo Hara sudah sempat melakukan percobaan bunuh diri namun berhasil diselamatkan. Namun kali ini nyawa Goo Hara tidak berhasil selamat dan kepergiannya meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat dan fansnya.

Banyak hal yang melatarbelakangi keputusan Goo Hara mengakhiri hidupnya sendiri. Salah satunya adalah masalah yang datang bertubi-tubi, terlebih dalam satu tahun belakangan.

 

1. Korban Bullying Haters

Bisa dibilang, haters Goo Hara di Korea sangat banyak. Rasanya apapun yang dilakukan oleh Goo Hara tidak pernah benar di mata netizen. Ia kerap dibully oleh pengguna internet atas apapun yang ia lakukan.

Mulai dari keputusannya melakukan operasi plastik untuk membuat kelopak matanya jadi lebih lebar. Hingga pilihannya atas baju atau aksinya di acara televisi.

Hampir semua yang dilakukan Goo Hara dicibir oleh netizen dan mereka menyerangnya secara terbuka. Hal ini membuat Goo Hara merasa tertekan dan beberapa kali curhat soal bullying yang ia alami.

2. Dituding Lakukan Kekerasan Oleh Mantan

Pada bulan September 2018 lalu, mantan pacar Goo Hara, Choi Jong Bum mengungkap kepada publik bahwa ia mendapatkan tindak kekerasan dari member girlband KARA ini. Pernyataan dari Choi Jong Bum membuat publik ramai menyudutkan Goo Hara.

Bullying yang ia terima pun semakin santer dan banyak yang bersimpati kepada Choi Jong Bum. Namun kemudian terungkap fakta bahwa Goo Hara juga mendapatkan perlakuan kasar dari Choi Jong Bum.

Pihak Goo Hara membongkar bukti bahwa kekerasan dilakukan kedua belah pihak. Dan Goo Hara mengalami luka-luka di tubuh karena sikap kasar sang mantan kekasih.

3. Video Pribadi Diancam Disebar

Masalah Goo Hara dengan Choi Jong Bum tidak berhenti sampai pada masalah kekerasan. Tak lama setelah kasus itu, terungkap fakta bahwa sang mantan kekasih berusaha untuk menyebarkan video intim mereka berdua.

Goo Hara tidak tinggal diam dan melaporkan Choi Jong Bum ke pihak berwajib. Setelah melalui beberapa proses sidang, Choi Jong Bum dinyatakan bersalah.

Hakim menjatuhkan hukuman 1,5 tahun penjara dengan 3 tahun masa percobaan. Jika dalam 3 tahun terjadi masalah, maka Choi Jong Bum akan masuk ke dalam tahanan.

Hingga saat ini, Choi Jong Bum masih dianggap bersikap baik dan tidak ditahan. Namun keberadaannya tidak diketahui, dan ia menjadi sorotan utama ketika Goo Hara meninggal dunia.

4. Depresi

Masalah demi masalah dialami oleh Goo Hara dan membuatnya sangat sedih. Ia pun mengakui bahwa dirinya mengalami depresi, dan salah satu penyebabnya adalah bullyan yang tidak pernah berakhir.

Depresi yang dialami Goo Hara semakin parah dengan kasus yang ia alami dengan Choi Jong Bum. Tuduhan melakukan kekerasan dan ancaman penyebaran video pribadi membuat Goo Hara semakin tertekan.

5. Lakukan Percobaan Bunuh Diri

Sekitar bulan Mei 2019 lalu, Goo Hara pernah melakukan percobaan bunuh diri. Kala itu nyawanya masih bisa diselamatkan dan kemudian ia menjalani masa pemulihan.

Setelah cukup sehat, Goo Hara menangis dan meminta maaf karena sudah mencoba bunuh diri. Ia mengaku menyesal dan tidak akan mengulangi percobaan bunuh dirinya lagi dan berjanji akan tetap hidup.

"Aku akan melakukan yang terbaik dan mencoba hidup dengan bekerja keras," kata Hara.

6. Terpukul Karena Kematian Sulli

Baru pulih dari upaya percobaan bunuh diri yang pernah ia lakukan, Goo Hara mendapatkan kabar duka. Sulli, sahabatnya, meninggal dunia karena bunuh diri pada Oktober 2019 lalu.

Kepergian Sulli sangat memukul Hara, terlebih kala itu ia sedang berada di Jepang. Dalam tayangan Instagram Live, Hara menyampaikan permintaan maaf kepada Sulli karena tidak bisa hadir di pemakaman sahabatnya.

Kematian Sulli ini membuat banyak orang khawatir dengan Goo Hara. Banyak yang cemas Hara akan nekat menyusul Sulli. Dan sekarang kekhawatiran itu terbukti.

 

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.


 

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING