KOREA

Tak Kalah Menarik, Deretan Film Garapan Sutradara Film 'PARASITE' Bong Joon Ho yang Wajib Banget Untuk Ditonton

Rabu, 15 September 2021 23:42 Penulis: Editor KapanLagi.com

MEMORIES OF MURDER (credit: imdb), THE HOST (credit: imdb), OKJA (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Para pecinta film tentunya sudah tidak asing lagi dengan sutradara Korea Selatan yang satu ini, Bong Joon Ho. Ia telah lama menjadi salah satu pembuat film terbaik Korea Selatan berkat film-film terkenalnya seperti MEMORIES OF MURDER, MOTHER dan THE HOST. Namun, ia baru mendapatkan ketenaran dan diakui menjadi superstar bioskop dunia pada tahun 2019 lalu.

Filmnya yang berjudul PARASITE sukses membawa Bong Joon Ho menempatkan dirinya ke deretan teratas sutradara terbaik dunia pada saat ini. Film yang berisikan ironi kesenjangan sosial ini tayang perdana di Festival Film Cannes 2019, di mana film tersebut sukses menorehkan sejarah sebagai film Korea Selatan pertama yang memenangkan Palme d'Or.

Perjalanan luar biasa Bong Joon Ho dengan PARASITE membawanya masuk dalam enam nominasi Oscar dan kemenangan bersejarah untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Fitur Internasional Terbaik, serta ia dinobatkan sebagai pembuat film Korea Selatan pertama yang memenangkan Sutradara Terbaik.

Buat kalian yang penasaran dengan film garapan sutradara Bong Joon Ho, berikut adalah deretan film dari sutradara PARASITE yang tak kalah bagusnya.

1. Memories of Murder (2003)

Film yang tayang pada tahun 2003 silam ini merupakan adaptasi dari kisah nyata tentang pembunuh berantai yang menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea Selatan dalam rentang tahun 1980-an. Ending dalam film ini pun juga dibuat menggantung dengan tidak ditemukannya si pembunuh sesuai dengan kasus nyatanya.

Film yang dibintangi Song Kang-ho, yang juga merupakan pemeran kepala keluarga miskin dalam film PARASITE, mendapatkan rating hampir sempurna yaitu 95% pada Rotten Tomatoes. Song Kang-ho berperan sebagai Park Doo-man, detektif di kota kecil yang sedang berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai, dibantu Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung), detektif muda asal Seoul.

2. The Host (2006)

THE HOST merupakan film monster Korea Selatan yang rilis pada tahun 2006 yang disutradarai oleh Bong Joon-ho dan dibintangi oleh Song Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona dan Pergi Ah-sung. Film ini berkisah tentang monster yang menculik putri dari seorang pria, dan upayanya untuk menyelamatkannya.

Menyusul keberhasilan karya sutradara MEMORIES OF MURDER, film yang satu ini bisa dibilang sangat dinanti-nanti oleh para pecinta film. Film ini juga dirilis secara terbatas di Amerika Serikat, serta memenangkan beberapa penghargaan termasuk Film Terbaik di Asian Film Awards dan di Penghargaan Film Blue Dragon.

3. Mother (2009)

Film ini merupakan film bergenre thriller rilis pada tahun 2009 silam yang mengisahkan seorang janda (Kim Hye-ja) yang tinggal bersama putranya yang memiliki kebutuhan khusus (Won Bin) di sebuah kota kecil di Korea Selatan, di mana ia mencari nafkah dengan menjual tanaman obat.

Ibu dan anak laki-laki itu kemudian terjerumus ke dalam mimpi buruk setelah putranya yang cacat intelektual dituduh membunuh seorang gadis muda, dan berusaha menemukan pembunuh yang sebenarnya untuk membebaskan putranya. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film, dan banyak mendapat serta memenangkan banyak nominasi penghargaan film.

4. Snowpiercer (2013)

SNOWPIERCER merupakan film bergenre fiksi ilmiah berbahasa Inggris pertama sutradara Bong Joon Ho. Dibintangi oleh Chris Evans, Song Kang Ho, dan lainnya ini merupakan adaptasi novel milik Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean Marc Rochette berjudul Le Transperceneige. Film ini menggambarkan masalah sosial tentang bagaimana perbedaan perlakuan yang didapat antar kelas sosial.

Kisahnya berfokus pada upaya merekayasa iklim untuk menghentikan pemanasan global tapi berubah menjadi bencana. Situasi itu menciptakan zaman es baru dan membuat umat manusia yang tersisa dibawa ke kereta api lintas alam yang dijalankan oleh raja transportasi terkemuka Wilford.

 

 

5. Okja (2017)

Jika sebelumnya mengangkat isu pemanasan global dan kelas sosial pada Snowpiercer, Bong Joon-ho kembali dengan menampilkan kekerasan terhadap hewan. Film berjudul OKJA ini dibintangi sederet aktor Korea Selatan dan Hollywood, seperti yun Hee-bong, Yoon Je-moon, dan Choi Woo-shik, Lily Collins dan Jake Gyllenhaal.

Film ini bercerita tentang segelintir babi hasil rekayasa genetik yang dieksploitasi oleh perusahaan besar. Kemudian Mija, seorang anak petani dari Korea Selatan berusaha menyelamatkan Okja yang merupakan salah satu babi tersebut dari tangan perusahaan super besar.

Nah, film-film di atas sangat cocok buat kalian tonton di akhir pekan dan sayang banget untuk dilewatkan.

Penulis: Munada Choirunnisa

 

 


REKOMENDASI
TRENDING