BOLLYWOOD

Detail Rangkaian Pernikahan Isha Ambani Putri Orang Terkaya di India, Super Mewah

Selasa, 11 Desember 2018 21:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Nita, Hillary dan Mukesh Ambani ©AFP

Kapanlagi.com - Pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal sudah di depan mata. Besok, Rabu (12/12) pasangan pengusaha ternama di India ini akan menikah dan acaranya bakal digelar di Antilia, rumah keluarga Mukesh Ambani yang berlokasi di Mumbai.

Ada banyak hal menarik dari pernikahan termewah dan termegah di India tahun 2018 ini. Mulai dari tamu undangan yang datang dari berbagai penjuru dunia, hingga total biaya yang jumlahnya menakjubkan.

Apa saja yang terjadi pada pesta pertunangan hingga sangeet Isha dan Anand? Mari kita simak di sini...

1. Lamaran di Mumbai, Lanjut ke Italia

Tak lama setelah saudara kembarnya menggelar acara pra pertunangan di Mumbai, Isha Ambani dilamar oleh Anand Piramal. Keluarga pun menggelar pesta lamaran di Mumbai, yang dihadiri oleh puluhan artis Bollywood papan atas.

Pesta lamaran tidak berhenti di situ saja. Tak lama setelah lamaran di Mumbai, Isha menggelar acara pertunangan di Danau Como, Italia. Ia mengundang sekitar 600 tamu yang diterbangkan dengan pesawat carter dan komersil kelas utama.

Di antara ratusan tamu, tampak sosok Priyanka Chopra dan Nick Jonas yang kala itu masih pacaran. Priyanka adalah sahabat dekat Isha, dan hubungan mereka sangat erat sampai sekarang.

2. Undang John Legend Untuk Hibur Tamu di Italia

Isha tampaknya ingin menikmati pesta pertunangan dengan cara yang romantis. Ia pun secara khusus mengundang penyanyi John Legend untuk tampil privat di acara pertunangannya dengan Anand di Danau Como, Italia.

Tentu tidak murah untuk mendatangkan seorang John Legend ke acara privat. Tetapi biaya bukanlah sebuah hal besar bagi Isha dan keluarga Mukesh Ambani yang merupakan orang terkaya di India dan Asia.

Sementara untuk pesta sangeet, keluarga Ambani mengundang Beyonce. Sang Queen B membawakan beberapa lagu andalannya di atas panggung megah yang khusus dibangun untuknya.

Mukesh pun harus membayar tak kurang dari Rp 30 miliar untuk mengundang penyanyi kesayangan Isha tersebut. Nilai itu belum termasuk panggung, penari, pengiring musik dan kebutuhan lain untuk menunjang penampilan Beyonce.

3. Memberi Makan Orang Miskin

Menjelang hari pernikahan mereka, Isha dan Anand menggelar acara sangeet di Udaipur. Sebelum acara pesta berlangsung, keluarga Ambani memberikan makanan secara gratis untuk 5.100 orang miskin dan penyandang disabilitas.

Sebelumnya, keluarga Ambani sudah beberapa kali menggelar acara puja di berbagai Kuil. Mereka meminta kepada Tuhan agar acara Isha dan Anand bisa berlangsung dengan lancar.

Maksud dari pemberian makanan secara gratis ini pun agar pernikahan Isha dan Anand direstui oleh masyarakat di sekitar Udaipur. Selama empat hari, mereka memberikan makanan di venue yang sudah ditata dengan apik dan menu yang layak.

4. Tamu Diperlakukan Bak Raja di Udaipur

Keluarga Ambani dan Piramal mengundang ratusan tamu untuk hadir di acara sangeet Isha dan Anand. Semua tamu diterbangkan dengan pesawat, sebagian di antaranya adalah jet pribadi.

Penerbangan tamu-tamu keluarga ini membuat bandara Mumbai mencetak rekor. Total ada 1004 penerbangan di Mumbai pada Sabtu, (8/12) lalu yang menjadi catatan terbanyak sepanjang tahun 2018.

Keluarga Mukesh Ambani juga menyediakan ribuan mobil untuk mengangkut tamu dari bandara ke lokasi acara. Dan memberikan kamar hotel bintang lima untuk semua tamu.

Begitu tiba di hotel, para tamu undangan dijamu dengan makan siang yang mewah di masing-masing hotel. Makanan India dan barat disajikan untuk para tamu yang hadir di Udaipur. Tuan rumah juga menyediakan high tea untuk para tamu, lengkap dengan aneka cemilan lezat.

5. Set Maha Arti Raksasa di Tepi Danau

Sebelum acara sangeet berlangsung, keluarga Mukesh Ambani menggelar puja untuk Shri Nath Ji di venue Maha Arti raksasa yang mereka bangun di tepi danau. Nita Ambani mengambil langkah pertama untuk melakukan puja.

Setelah melakukan puja, Nita dan Mukesh menyajikan makan malam untuk para tamu undangan. Pada acara ini, tamu diminta mengenakan pakaian tradisional India.

Langit cerah penuh bintang menjadi teman makan malam menjelang acara sangeet Isha dan Anand. Jamuan aneka makanan tradisional dan modern pun disiapkan oleh tuan rumah untuk para tamu yang sebagian besar di antaranya adalah selebritis papan atas India seperti Shahrukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, Aishwarya Rai, Abhishek Bachchan hingga Deepika Padukone dan Ranveer Singh.

6. Arijit Singh Hibur Para Tamu

Ketika para tamu menikmati hidangan makan malam mereka, penyanyi tenar India, Arijit Singh melantunkan lagu-lagu andalannya. Penyanyi yang dikenal dengan tembang-tembang romantisnya ini membuat suasana makin romantis.

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Arijit Singh dibawakan secara live. Keluarga pun turut menyanyikan tembang penyanyi yang karyanya sudah dikenal di seluruh penjuru India ini.

Sementara para malam sangeet, puluhan seleb India tampil di atas panggung. Shahrukh menari dengan Gauri Khan, Salman Khan menjadi penari latar adik Isha, Anant Ambani. Serta banyak lagi penampilan seleb India yang semuanya adalah bintang papan atas.

7. Karnaval, Bazaar dan Fashion Show

Keesokan harinya, Sabtu (9/12) para tamu undangan diajak untuk menikmati festival dan bazaar di Udaipur. Keluarga Mukesh menggelar acara swadesh bazaar yang menggandeng 108 seniman di India. Mereka memamerkan berbagai benda seni dan tekstil serta lukisan dalam acara ini.

Aneka permainan tradisional pun bisa dinikmati oleh para tamu undangan. Karnaval seni dan budaya bercampur jadi satu di venue acara sangeet Isha dan Anand di Udaipur.

Selain itu, juga ada pagelaran busana karya Manis Malhotra. Beberapa tamu berjalan di atas catlwalk, membawakan beberapa adi busana yang memukau.

Manish Malhotra juga membuka pop-up store di venue swadesh bazaar. Di sini, para tamu bisa membeli baju rancangannya dengan harga spesial pada waktu yang terbatas.

8. Keluarga Ambani dan Piramal Adalah Teman Lama

Pernikahan Isha dan Anand menyatukan keluarga Ambani dan Piramal. Namun kedua keluarga pengusaha kaya di India tersebut sebenarnya sudah lama mengenal satu sama lain.

Sudah lebih dari empat dekade Mukesh Ambani dan Ajay Piramal saling mengenal. Bahkan Mukesh mengenal Nita Ambani di rumah keluarga Piramal, yang kemudian menjadi istrinya.

Hubungan dekat kedua keluarga ini memuat Isha dan Anand saling mengenal sejak mereka kecil. Tetapi Anand dan Isha baru jatuh cinta ketika mereka sudah sama-sama dewasa.

Mukesh Ambani adalah pengusaha terkaya di India dan Asia dengan kekayaan USD 45,1 miliar atau sekitar Rp 658,7 triliun. Sementara keluarga Piramal memiliki kekayaan sekitar Rp 62,8 triliun.

9. Isha Dihadiahi Rumah Rp 900 Miliar

Untuk pernikahannya dengan Anand Piramal, Isha mendapatkan kado sebuah bungalow mewah. Bangunan megah itu berada di Mumbai, dan menghadap langsung ke laut.

Bangunan yang sekarang masih dalam tahap renovasi tersebut dulunya milik Unilever. Pada tahun 2012 keluarga Piramal membelinya dengan harga Rp 900 miliar.

Kini rumah 7 lantai itu menjadi milik Isha Ambani dan akan ditempati bersama Anand Piramal setelah menikah. Namun mereka baru akan pindah setelah proses renovasi selesai.

10. Pernikahan 100 Juta Dolar

Acara pernikahan Isha dan Anand akan digelar di rumah Mukesh Ambani, Antilia. Mereka akan melangsungkan acara di bangunan 27 lantai tersebut pada Rabu, (12/12).

Antilia dirasa sudah cukup sebagai venue pernikahan Isha dan Anand. Keluarga Ambani tak menyewa hotel atau gedung, karena rumah mereka sendiri sudah sangat besar dengan luas 4.532 meter persegi dan tinggi 173 meter.

Acara itu akan dihadiri sekitar 800 tamu undangan, termasuk seleb papan atas Bollywood. Beberapa di antaranya adalah tamu dari luar negeri, seperti Hillary Clinton dan politisi AS, John Kerry.

Keluarga Ambani dan Clinton sangat dekat, dan mereka sudah berhubungan selama 18 tahun. Ambani adalah penyumbang terbesar untuk yayasan yang dikelola Clinton, dan mereka bersahabat sejak saat itu.

Total dana yang dikeluarkan oleh Mukesh Ambani untuk pernikahan Isha diperkirakan sekitar Rp 1,4 triliun. Namun Mukesh enggan menjawab soal biaya pernikahan putrinya.

(ind/phi)


REKOMENDASI
TRENDING