Perjalanan Karir Irrfan Khan, Sukses di Bolly Meski Jarang Menari

Kamis, 07 Januari 2016 16:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini
Perjalanan Karir Irrfan Khan, Sukses di Bolly Meski Jarang Menari Irrfan Khan ©AFP
Kapanlagi.com - Dari sekian banyak klan Khan di Bollywood, nama Irrfan Khan memang tak masuk di tiga besar. Wajahnya pun tak seganteng Shahrukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan atau Saif Ali Khan.

Namun secara kualitas akting, nama Irrfan tak bisa dipandang sebelah mata. Dia adalah aktor India yang jadi langganan film Hollywood karena dinilai sangat baik kala bermain jadi aktor watak.

Dari sekian banyak aktor yang ada di India, Irrfan adalah sedikit dari yang berakting dengan watak. Bisa dibilang, ia adalah aktor yang tak bisa menari dan benar-benar jadi bintang film dengan berbekal kemampuannya berakting saja.

Tidak mudah untuk jadi seorang Irrfan di Bollywood, karena kultur masyarakat India masih lebih suka dengan film yang banyak menampilkan tari dan nyanyian. Namun bukan berarti kehadirannya tidak diterima, karena hampir semua filmnya mendapatkan sambutan hangat, meski tak seramai film trio Khan.

Irrfan Khan tetap terkenal meski jarang menari. ©AFPIrrfan Khan tetap terkenal meski jarang menari. ©AFP

Hari ini, aktor kelahiran 7 Januari 1967 itu merayakan ulang tahunnya yang ke-48. Sepanjang perjalanan karirnya di Bollywood yang sudah berjalan selama 28 tahun, Irrfan sudah mengecap banyak asam garam.

Debut lewat pemeran pembantu sebagai seorang penulis surat di film SALAAM BOMBAY!, kini nama Irrfan dikenal sebagai aktor papan atas Bollywood. Ia pun dihormati oleh Hollywood lewat beberapa perannya di film box office seperti LIFE OF PI dan JURASSIC WORLD.

Atas karyanya, Irrfan dianugerahi Padma Shri pada tahun 2011 silam. Ini adalah penghargaan tertinggi keempat di India yang diberikan oleh Pemerintah kepada seniman yang membantu mengembangkan dan menjaga seni.

Di dunia film, ia pernah dinobatkan jadi aktor terbaik nasional India lewat film PAAN SINGH TOMAR pada tahun 2012. Selain itu ia juga kerap masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan baik di India maupun luar negeri.

Irrfan tak hanya dikenal di India, tapi juga di Hollywood. ©india.comIrrfan tak hanya dikenal di India, tapi juga di Hollywood. ©india.com

Film terbaru Irrfan, PIKU yang ia bintangi bareng Amitabh Bachchan dan Deepika Padukone pun mendapatkan sambutan yang baik di pasaran. Meski tak masuk ke klub 100 crore, namun hasilnya sudah bisa dibilang sangat baik karena film ini sama sekali tak menampilkan adegan menari atau menyanyi di dalamnya.

Irrfan adalah aktor yang dengan getol menyuarakan ketidaksukaannya atas sebutan Bollywood. Baginya, seharusnya film India disebut Indian Film saja, bukan Bollywood, Tellywood, Kannada dan sebagainya.

Hingga saat ini, Irrfan adalah satu-satunya aktor langganan Hollywood yang dikenal luas sebagai aktor watak. Ia tak pernah mengais pekerjaan dari Hollywood, yang ada justru kerap menolak tawaran dari pusat industri hiburan dunia itu karena banyak alasan.

Ia adalah bukti, bahwa aktor India tak selamanya bermodalkan tarian dan nyanyian. Tanpa kedua hal itu, Irrfan tetap bertahan dan sukses di dunia film India, bahkan bisa menembus pasar Hollywood.

Happy birthday Irrfan!

(kpl/phi)

REKOMENDASI
TRENDING