Enam Film Rebutan Gelar Terpuji Festival Film Bandung

Kamis, 03 April 2008 23:10 Penulis: Yunita Rachmawati
Kapanlagi.com - Enam film karya anak negeri di antaranya AYAT-AYAT CINTA, GET MARRIED, KAMULAH SATU-SATUNYA, MENGEJAR MAS-MAS, PEREMPUAN PUNYA CERITA, dan THE PHOTOGRAPH akan bersaing memperebutkan gelar film terpuji versi Festival Film Bandung (FFB) 2008 yang akan diselenggarakan beberapa bulan mendatang.

Ketua Umum FFB, Eddy S Iskandar mengatakan keenam film tersebut mempunyai kualitas yang baik untuk mendapatkan gelar terpuji dari para pengamat film Bandung yang menilainya. "Penilaian keseluruhan film berdasarkan berbagai sisi di antaranya adalah dari segi editing, artistik, skenario dan musik secara keseluruhan sehingga sebagai satu kesatuan film tersebut dinilai sebagai yang paling terpuji," ujar Eddy.

Selain enam film tersebut, Aming (GET MARRIED), Dwi Sasono (MENGEJAR MAS-MAS), Fedi Nuril (Ayat-Ayat Cinta), Rafi Ahmad (LOVE IS CINTA), Vino G Bastian (RADIT DAN JANI) dan W.S Rendra (LARI DARI BLORA) akan memperebutkan tempat terpuji untuk pemeran utama pria.

"Beberapa nama seperti Acha Septriasa (LOVE IS CINTA), Carissa Puteri (AYAT-AYAT CINTA), Dina Olivia (MENGEJAR MAS-MAS), Kirana Larasati (CLAUDIA), Nirina Zubir (GET MARRIED) dan Shanty (THE PHOTOGRAPH) bersaing untuk kategori pemeran utama wanita," tambahnya.

Untuk sutradara, nama-nama yang tidak asing lagi di perfilman nasional akan memperebutkan gelar sutradara terpuji versi FFB yaitu Hanung Bramantyo (AYAT-AYAT CINTA), Hanny R Saputra (LOVE IS CINTA), Nan Achnas (THE PHOTOGRAPH), Rudy Soedjarwo (MENGEJAR MAS-MAS), Hanung Bramatyo (GET MARRIED), dan Dimas Djayadiningrat dalam QUICKIE EXPRESS.

Ketua Tim Pengamat FFB 2008, Edison Nainggolan menjelaskan tahun ini pihaknya telah mengamati sebanyak 55 film, 329 sinetron, 120 sinetron asli cerita Indonesia, 113 sinetron adaptasi dan 96 sinetron lepas. "Untuk tahun ini genre film yang diamati sangat beragam sehingga semakin memperkuat warna dalam skenario film Indonesia," ujar Edison.

Dari 55 film yang diamati sebanyak 23 film masih berkisar tentang horor, 22 tema lainnya adalah drama, enam film komedi dan empat film alternatif.

AAC dan Get Married Raih 9 Nominasi

AYAT-AYAT CINTA (AAC) menempatkan sembilan nominasinya dalam kategori nominasi film terpuji, editing, penata artistik, penata kamera, penata musik, penulis skenario, sutradara, pemeran utama pria, dan pemeran utama wanita terpuji.

Sedangkan untuk film GET MARRIED yang juga menempatkan nominasinya dalam sembilan kategori bersaing untuk memperebutkan posisi terpuji pada film terpuji, editing,penata musik, penulis skenario, sutradara, pemeran utama pria,pemeran utama wanita, pemeran pembantu pria dan pemeran pembantu wanita.

Selain dua film tersebut, MENGEJAR MAS-MAS produksi DePic Production menyabet tujuh nominasi, THE PHOTOGRAPH produksi A Triximages Salto Film, Claudia dari Nation Pictures, dan LOVE IS CINTA - PT Kharisma Starvision Plus menyabet lima nominasi.

Film lainnya yang menyabet nominasi adalah QUICKIE EXPRESS, KAMULAH SATU-SATUNYA, PEREMPUAN PUNYA CERITA, MAAF SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA, BUTTERFLY, LARI DARI BLORA, RADIT DAN JANI, serta ANAK-ANAK BOROBUDUR

(*/boo)


REKOMENDASI
TRENDING