FILM INDONESIA

Fakta Menarik dari Pembuatan Film 'NGERI-NGERI SEDAP' yang Berhasil Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023

Sabtu, 17 September 2022 12:32 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit foto: Instagram/screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Film Ngeri-Ngeri Sedap sudah dirilis sejak 2 Juni 2022 lalu melalui rumah produksi Imajinari yang distutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk dan dibintangi oleh beberapa aktor terkenal Indonesia, yakni Tika Panggabean, Arswendy Bening Swara Nasution, Gita Bhebhita Butar-Butar, Boris Bokir Manullang, Lolox, Indra Jegel dan Indah Permatasari.

Film ini banyak mendapat tuaian pujian dan apresiasif dari netizen dan masyarakat di Indonesia karna sangat relate dengan hal yang dialami oleh kebanyakan keluarga terutama dalam keluarga Batak.

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga Batak yang memiliki 4 anak yang sudah merantau semuanya. Karena kedua orang tua mereka masih sangat kental dengan budaya Batak, maka terjadilah perselisihan dan konflik di dalam keluarga mereka.

Tak hanya itu, baru-baru ini dunia perfilman Indonesia dan netizen dibuat kaget dan bangga setelah mengetahui film Ngeri-Ngeri Sedap berhasil mewakili piala di Oscar 2023.

Namun, di balik itu, terdapat fakta-fakta menarik yang harus kalian tau dari pembuatan film ini. Berikut fakta-faktanya!

1. Mengangkat Suku Batak Dalam Ceritanya

Tak banyak film Indonesia yang mengangkat sebuah cerita film yang monoton dan menceritakan tentang suku atau budaya Batak yang masih banyak terjadi sampai saat ini yang sesuai dengan alur film yang dibuat. 

Sutradara film ini yaitu pak Bene Rajagukguk tertarik untuk membuat film berdasarkan dari budaya dan keluarga Batak supaya masyarakat terutama suku Batak dapat mengambil pesan penting dari cerita tersebut. 

2. Syuting di Danau Toba, Sumatera Utara

Film Ngeri-Ngeri Sedap berlokasi syuting di Danau Toba, Sumatera Utara sesuai dengan dengan cerita yang diangkat, dimana disitulah tempat orang-orang yang bersuku Batak.

Keindahan dari Danau Toba mampu menciptakan film ini semakin hidup dan mampu membawa kehangatan bagi penonton karena suasananya yang masih asri dan indah. 

3. Terinspirasi Dari Buku Karya Sang Sutradara

Film Ngeri-Ngeri Sedap menjadi film yang terinspirasi dari hasil karya sang sutaradara, yaitu Bene Dion Rajagukguk. Buku ini diterbitkan di tahun 2014 dan diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2022.

Buku tersebut juga menceritakan pengalaman lucu yang dialami oleh Bene Dion Rajagukguk yang hidup dalam keluarga Batak dan masa-masanya dalam perantauan. 

4. Mengalami Beberapa Kendala

Di balik kesuksesan dan tenarnya film Ngeri-Ngeri Sedap, ternyata ada beberapa kendala yang dialami. 

Cerita untuk film Ngeri-Ngeri Sedap memang sudah dimiliki Dion sejak tahun 2016, tetapi baru rampung pada tahun 2019. 

Tak sampai situ, proses pembuatan film dan syuting pun harus ditunda karena adanya pandemi Covid-19, dan akhirnya selesai pada Desember 2021 silam. 

Wah, usaha memang tidak menghianati hasil ya.

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING