Film 'SOEKARNO' Wakili Indonesia di Ajang Oscar

Rabu, 15 Oktober 2014 07:51 Penulis: Mahardi Eka
Film 'SOEKARNO' Wakili Indonesia di Ajang Oscar dok. MVP Pictures
Kapanlagi.com - Biopik besutan Hanung BramantyoSOEKARNO resmi menjadi wakil Indonesia dalam kategori Best Foreign Language Film (film berbahasa non-Inggris) di ajang Academy Awards alias Piala Oscar ke-87 tahun depan. Film yang baru saja mengeluarkan versi extendednya ini akan bertarung dengan film-film lain dari seluruh dunia untuk memperebutkan satu dari lima tempat di nominasi final, yang akan diumumkan Januari 2015 mendatang.

SOEKARNO telah tercatat sebagai salah satu kandidat dalam daftar lengkap peserta Best Foreign Language Film yang diterbitkan oleh Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) di website-nya. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak film SOEKARNO maupun Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI), yang selama ini yang menentukan pengiriman film di salah satu ajang penghargaan film bergengsi di dunia itu.

Sebagaimana lazimnya film-film peserta dalam kategori ini, dalam beberapa bulan ke depan film SOEKARNO harus mengadakan serangkaian promosi dan pemutaran film di wilayah Los Angeles, California, Amerika Serikat, agar bisa dinilai oleh para anggota AMPAS, dan diharapkan bisa maju ke tahap selanjutnya sampai pada nominasi final.

Film SOEKARNO yang dibintangi oleh Ario Bayu, Lukman Sardi, dan Maudy Koesnaedy ini mengisahkan tentang riwayat Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Terlepas dari kasus sengketa produksi dengan salah satu anak Soekarno, Rahmawati Soekarnoputri, film produksi MVP Pictures ini menjadi salah satu film terlaris di tahun 2013 lalu, menjual lebih dari 900 ribu tiket bioskop. Film ini juga sempat merilis versi edit ulang yang diberi label "extended" menyambut hari kemerdekaan Indonesia Agustus lalu di bioskop-bioskop.

Untuk kesekian kalinya Indonesia mengirim wakilnya di ajang Oscar, dan SOEKARNO bukan film sejarah pertama yang dikirim ke tersebut. Film sejarah seperti TJOET NJA' DHIEN (1989), GIE (2005), dan SANG KIAI (2013) juga pernah terpilih menjadi wakil Indonesia. Sejauh ini, belum ada film Indonesia yang berhasil melaju sampai ke tahap final.

Peserta Best Foreign Language Film dalam ajang Oscar kali ini memecahkan rekor terbanyak, mencapai 83 negara. Di antaranya terdapat negara yang baru pertama kali mengirimkan filmnya, yaitu Kosovo, Malta, Mauritania, dan Panama. Jumlah ini kemudian akan disaring menjadi lima nominasi final yang akan diumumkan bersamaan dengan seluruh nominasi Oscar lain pada 15 January 2015. Pemenangnya bakal diketahui pada malam penganugerahan 22 Februari 2015 di Hollywood, Los Angeles. 

Bagaimana menurutmu peluang film SOEKARNO untuk sukses di ajang tersebut? Tonton trailernya di bawah ini kemukakan pendapatmu.

(muv/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING