FILM INDONESIA

Sinopsis Film ASIH dan DANUR Universe Lainnya, Tonton Semua Agar Lengkap Kisahnya

Senin, 19 September 2022 19:55

Sinopsis Film 'ASIH' dan Film-film 'DANUR UNIVERSE' lainnya (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Horor jadi salah satu genre film yang sangat digemari di Indonesia. Terbukti, ada banyak sekali film horor khususnya lokal yang berjaya dan laku di pasaran. Film ASIH yang rilis pada 2018 adalah salah satunya. Film yang termasuk dalam DANUR UNIVERSE ini berhasil mengumpulkan 1,7 juta penonton, sehingga menjadikannya salah satu film horor terlaris di Indonesia.

ASIH 1 (2018) sendiri berkisah tentang asal-usul karakter Asih, hantu perempuan yang muncul mengganggu Risa dan adiknya di film DANUR. Dikisahkan, Asih adalah seorang gadis yang dihamili seorang pria tak bertanggung jawab. Nahas, keluarganya juga tak mau menerima Asih dan calon anaknya. Begitu pula dengan masyarakat yang mengolok-olok dan mengusir Asih.

Asih yang terusir kemudian menjalani kehidupannya di jalan. Perlahan, Asih pun menjadi stres dan gila, hingga tega membunuh anaknya. Akhirnya, Asih pun memilih bunuh diri dan arwahnya jadi hantu yang suka mengganggu. Sekian tahun berselang, datang sepasang suami istri yang pindah ke desa tempat Asih mengakhiri hidupnya. Sejak saat itu, sang ibu hamil yang bernama Puspita mulai mengalami teror mengerikan dari Asih.

Selain film ASIH 1 (2018), masih ada beberapa film horor yang juga masuk ke dalam bagian DANUR UNIVERSE. Film-film itu mempunyai cerita yang tak kalah seru dan seram. Penasaran, seperti apa kisahnya? Langsung saja simak ulasan sinopsisnya berikut ini.

1. DANUR 1: I CAN SEE GHOSTS (2017)

DANUR: I CAN SEE GHOSTS menjadi film bagian DANUR UNIVERSE yang rilis pertama kali. Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel best seller karya Risa Saraswati. DANUR: I CAN SEE GHOSTS mengisahkan tentang Risa yang memiliki teman hantu anak kecil Belanda bernama Janshen, Peter, dan William.

Mereka berteman sejak Risa kecil. Tapi, seiring berjalannya waktu, mereka ternyata membahayakan keselamatan Risa. Akhirnya, mereka diusir. Saat Risa telah dewasa, dia mendapatkan teror dari hantu perempuan bernama Asih. Asih bahkan membawa adik Risa, yakni Riri ke alam lain. Akhirnya, Risa memanggil lagi ketiga teman hantunya untuk minta bantuan.

2. DANUR 2: MADDAH (2018)

Film DANUR UNIVERSE yang kedua adalah DANUR 2: MADDAH (2018). Film ini masih mengisahkan tentang kehidupan Risa dan persahabatannya dengan Peter, William, dan Janshen. Suatu ketika, Risa dan Riri sering berkunjung bahkan menginap di rumah kerabatnya, yang bernama Om Ahmad. 

Di awal, Risa merasakan tak ada yang aneh dengan rumah kerabatnya tersebut. Namun suatu ketika, penilaiannya berubah ketika tabiat sang Om berubah sikap. Ternyata, perubahan itu dipengaruhi oleh seorang hantu wanita yang terus membayanginya. Berhasilkah Risa menyadarkan kembali Om Ahmad?

3. DANUR 3: SUNYARURI (2019)

Sebelum film ASIH 1 dirilis, terlebih dahulu DANUR 3: SUNYARURI (2019) rilis. Film ini masih mengisahkan tentang dinamika persahabatan Risa dengan tiga teman hantu ciliknya, Peter, William, dan Janshen. Pasalnya, kini Risa semakin dewasa dan harus mulai menjalani kehidupannya secara normal seperti wanita dewasa kebanyakan.

Hal itu membuat persahabatan Risa dan Peter cs jadi rusak. Apalagi saat Risa mulai membawa teman laki-lakinya ke rumah. Peter cs selalu jahil pada teman laki-laki Risa tersebut. Risa akhirnya memilih menutup mata batinnya agar dia bisa memulai hidup normal. Tapi menutup mata batinnya, ternyata bukan mengakhiri masalah. Justru, itu jadi awal dari berbagai kejadian aneh. 

4. ASIH 2 (2020)

Film ASIH ternyata kemudian diproduksi dalam dua seri. Film ASIH 2 dirilis pada 2020. Cerita di ASIH 2 bermula saat sebuah mobil menabrak seorang anak. Anak itupun dibawa ke rumah sakit. Kemudian, seorang dokter yang telah kehilangan anaknya, ingin mengadopsi bocah tersebut. 

Tapi alih-alih membawa kebahagiaan, datangnya anak adopsi tersebut ternyata justru membawa banyak kejadian aneh. Anak yang diberi nama Ana itu berubah jadi misterius dan kerap menunjukkan tingkah yang menyeramkan. Belakangan terungkap, bahwa anak yang dibawa pulang ke rumah itu merupakan jelmaan dari hantu Asih.

5. IVANNA (2022)

Setelah film ASIH 2, IVANNA (2022) menjadi film DANUR UNIVERSE selanjutnya yang dirilis. Film IVANNA disutradarai oleh sutradara Kimo Stamboel yang dikenal dengan film-film beradegan brutal. Sehingga, IVANNA mempunyai vibes yang cukup berbeda dengan film DANUR UNIVERSE lainnya.

IVANNA bercerita tentang sosok Ivanna hantu noni Belanda yang semasa hidupnya, Ivanna dan keluarga merasa dikhianati oleh orang-orang pribumi. Padahal Ivanna dan keluarganya sangat baik pada orang pribumi. Sementara itu seorang gadis bernama Ambar memiliki kemampuan melihat hal yang tidak kasat mata. Lewat Ambar rahasia di balik teror Ivanna terungkap.

6. DANUR 4: SENJAKALA

Film DANUR UNNIVERSE ternyata tak berhenti di situ, masih ada film berjudul DANUR 4: SENJAKALA sebagai film selanjutnya. Saat ini, film tersebut belum rilis, hanya dikabarkan akan tayang segera. Sehingga, belum banyak diketahui terkait cerita dan alurnya.

Namun sama seperti film-film terdahulu, film ini juga merupakan adaptasi novel Risa Saraswati. Jika melihat dari judulnya, film ini konon akan banyak bercerita tentang mitos-mitos saat waktu setengah gelap sesudah matahari terbenam alias maghrib.

Itulah di antaranya sinopsis film ASIH dan film DANUR UNIVERSE lainnya. Bagaimana, tertarik menonton?

REKOMENDASI
TRENDING