FILM INTERNASIONAL

Gak Cuma Sekedar Hiburan, Sederet Film Animasi Ini Juga Bikin Terharu Karena Mengandung Pesan yang Sangat Dalam

Sabtu, 17 September 2022 10:45 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit info: Youtube/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Film atau tayangan animasi kerap kali dihubungkan dengan tontonan anak-anak dan hanya dianggap sebagai hiburan semata karena ada hal-hal tertentu yang terjadi diluar logika.

Namun, tidak semua film animasi hanya untuk sekedar hiburan saja. Ada banyak film animasi yang walaupun hanya berdurasi singkat, tapi memiliki pesan yang sangat dalam melalui ceritanya.

Tak hanya itu, keunggulannya bagi anak-anak pun bahkan orang dewasa sekalipun gak perlu dipertanyakan lagi. Beberapa film animasi memiliki nilai penting dan baik untuk dipelajari.

Berikut daftar film animasi yang mengandung pesan yang sangat dalam dan wajib untuk kalian tonton.

1. Let's Eat

Film animasi ini dirilis pada 2020 lalu dan berdurasi selama 8 menit 30 detik. Film animasi pendek ini disutradarai oleh Dixon Wong, diproduksi oleh rumah persembahan Anamon Studios. 

Film animasi yang bertajuk Let's Eat merupakan film yang menceritakan tentang seorang ibu dan anak perempuannya yang berstatus imigran di negeri orang. Mereka berasal dari suku China namun tinggal di Amerika Serikat. Walaupun begitu, mereka tetap menjalani hidup dengan bahagia dan sering menghabiskan waktu melakukan banyak hal ketika si anak masih kecil.

Namun, seiring bertambahnya usia anak tersebut, hubungan yang tadinya harmonis menjadi berkurang karna dia sibuk dengan dunianya sendiri, dengan pekerjaannya, dan lain-lain. Bahkan, untuk makan bersama dengan ibunya sendiri pun ia tidak punya waktu.

Singkat cerita, pada saat hari ulang tahun ibunya adalah hal yang sangat menyedihkan baginya. Ibunya jatuh sakit dan tidak lama meninggal dunia. Hal tersebut membuat si anak menyesal, tetapi dari kejadian tersebut ia menjadi orang yang selalu menghargai waktu dengan orang tersayang, dan hal itu ia lakukan kepada anaknya sendiri. 

Dari cerita tersebut kita diajarkan untuk tetap memprioritaskan orang tua tetapi juga tidak menelantarkan pekerjaan, pertemanan, dan lain sebagainya. Kita juga diajarkan untuk menghargai setiap waktu dan moment bersama dengan orang-orang yang kita kasihi. 

Penasaran sama filmnya, langsung klik videonya!

2. Hair Love

Film animasi pendek ini dirilis pada 14 Agustus 2019 silam dan disutradarai oleh Matthew A. Cherry. Selain itu, film animasi pendek ini juga berhasil memenangkan Nominasi Best Short Film (Animated) pada Oscar 2020. Film animasi pendek ini memiliki durasi selama 6 menit 47 detik dan sudah ditonton sebanyak 

Film animasi pendek yang bertajuk Hair Love ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Zuri yang memiliki rambut keriting dan susah ditata, Stephen (ayahnya) berdarah Afrika-Amerika, dan ibunya yang sedang dirawat di Rumah Sakit karena penyakit kanker.

Suatu hari, Zuri akan pergi ke acara spesial dan ia perlu menata rambutnya. Tapi, ia kesusahan dan sangat sulit untuk menatanya sendiri karena selama ini yang menata rambutnya ialah ibunya. Namun, pada saat itu ibunya sedang dirawat di Rumah Sakit.

Karena Zuri masih tetap kesulitan, akhirnya ia memutuskan untuk meminta bantuan ayahnya. Stephen, sang ayah membantunya untuk menata rambutnya karena ia juga sudah terbiasa membantu istrinya untuk menata rambut anak tersebut. Meskipun masih terasa sulit baginya, namun ia tetap berusaha melakukannya dengan baik untuk menunjukkan rasa sayang kepada anaknya. 

Film animasi pendek ini menyimpan pesan yang sangat dalam, loh. Melalui cerita yang dirancang dalam film ini disampaikan bahwa kita harus menghargai setiap perbedaan yang ada. Mungkin ada banyak orang yang membuat stigma negatif pada orang-orang tertentu yang memiliki rambut keriting atau biasa disebut rambut afro. Tapi, dari film ini desampaikan bahwa semua jenis rambut sama indahnya dan kita harus menghargai orang-orang yang berbeda latar belakang dengan kita. 

Penasaran sama filmnya? Klik langsung video di bawah ini!

3. Pip

Film animasi pendek yang bertajuk Pip ini memang rekomendasi terbaik buat kalian tonton. Film ini dirilis pada 25 Oktober 2018 dan sudah memiliki banyak jumlah penonton di Youtube dengan jumlah sudah mencapai 496 juta kali ditonton. Film animasi pendek ini berdurasi selama 4 menit 5 detik, namum mengandung pesan yang sangat dalam.

Film ini bercerita tentang lima ekor anjing yang menggemaskan yang sedang belajar dan melakukan pelatihan di Canine University, campus para anjing. Namun, diantara kelima anjing tersebut, ada satu anjing bernama Pip yang berbeda dengan yang lainnya, yaitu dia memiliki tubuh lebih kecil dan pendek sehingga membuatnya sering gagal dalam melakukan pelatihan dan selalu mendapat masalah. Akan tetapi, ia tetap berusaha dan melakukan pelatihan tersebut dengan baik walaupun ia tetap gagal ketika melakukan tes.

Akibat Pip gagal ketika melakukan tes, ia dikeluaran dari kampus tersebut dan tentunya hal ini membuatnya merasa sedih. Namun, disaat yang bersamaan ketika ia keluar dari kampus tersebut, ia melihat seorang Tunanetra yang kesulitan dalam berjalan dan Pip menolong orang tersebut dengan menuntunnya ke jalan yang benar.

Namun, berkat perbuatan baik dari Pip, ia akhirnya mendapat tanda lulus tes dari kampus tersebut.

Pesan yang mau disampaikan dari film animasi pendek ini ialah kita harus tetap berusaha dan berjuang sesulit apapun masalah yang kita hadapi. Gagal bukan berarti kalah, tapi kegagalan itulah yang memberikan kita pelajaran untuk terus memperbaiki kesalahan. 

Klik video dibawah ini untuk menonton filmnya!

4. A Folded Wish

Film animasi pendek yang bertajuk A Folded Wish dirilis pada 18 April 2020 di channel Youtube Artmoeba Productions dan sudah ditonton sebanyak 28 juta kali. Film animasi pendek ini juga sudah memperoleh banyak penghargaan karena memang pesan yang terdapat dalam film tersebut sangat dalam dan penuh arti.

Film ini menceritakan tentang sepasang saudari kembar yang tinggal bersama dengan neneknya, dan sepasang saudari kembar ini mengidap penyakit yang serius dan keadaan mereka dari waktu ke waktu semakin memburuk. 

Dalam mengisi hari-harinya, mereka memiliki target untuk membuat seribu burung origami dan mereka menghabiskan waktu bersama untuk membuat burung origami tersebut. 

Namun, hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah satu dari mereka meninggal dunia dan saudarinya yang masih hidup tetap meneruskan target mereka dalam membuat seribu burung origami tersebut sebagai tanda untuk menepati janji dan rencana yang sudah mereka buat sebelumnya.

Cerita dalam film ini sangat menyentuh hati dan sedih sekali. Bukan sekedar film animasi saja, film ini juga menyimpan pesan kepada setiap yang menontonnya. Film ini menyampaikan bahwa kita tidak boleh menyerah sesulit apapun jalan kita. Selain itu juga mengajarkan kita untuk tetap mengasihi saudara kita, saling menguatkan dan saling menolong satu sama lain. 

Klik video di bawah ini untuk menonton filmnya!

5. Leaving Home

Bukan sekedar film animasi pendek saja, Film animasi yang bertajuk Leaving Home ini juga mengandung pesan yang sangat dalam dan penuh arti bagi setiap penontonnya. 

Film ini dirilis pada 9 Agustus 2016 dengan surasi selama 6 menit 36 detik, dan sudah ditonton sebanyak lebih 54 juta kali di channel Youtube Frame order. 

Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang dewasa dipaksa oleh ayahnya untuk meninggalkan rumah dan hidup sendiri tanpa bantuan orang tuanya. Ia harus bisa menjalani kehidupan tanpa bergantung terus pada kedua orang tuanya. Diceritakan dalam film ini bahwa anak laki-laki tersebut berkali-kali mencoba untuk meninggalkan rumahnya namun tetap saja kembali ke rumahnya.

Sampai pada akhinya ibunya meninggal dunia dan hal tersebutlah yang membuatnya berani dan mengerjakan semuanya sendiri tanpa dibantu oleh siapapun.

Film ini secara tidak langsung memberikan pesan yang sangat dalam bagi setiap orang, terutama bagi kaum anak muda. Kita diajarkan untuk bisa hidup mandiri tanpa bergantung terus sama orang tua. Selain itu, kita juga diajarkan untuk jadi orang yang kuat dan tidak terus mengandalkan orang lain. Adakalanya kita harus bertindak sendiri dan mengerjakannya sendiri juga tanpa melibatkan orang lain. 

Penasaran sama ceritanya, langsung klik video di bawah ini!

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING