Goodbye Princess Leia, May The Force Be With You

Rabu, 28 Desember 2016 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Goodbye Princess Leia, May The Force Be With You Carrie Fisher/©Istimewa

Kapanlagi.com - Princess Leia disebut sebagai salah satu karakter feminis dan female heroine di era '80-an. Thank to Carrie Fisher, yang membuat salah satu pemimpin Rebel Alliance begitu hidup dan melekat kuat di ingatan kita dan tentunya para fans berat STAR WARS. Namun, we have to say goodbye to the princess, karena beliau berpulang kemarin malam (27/12).

Sedih? Pasti. Carrie telah memerankan karakter Leia Organa sejak tahun 1977 dalam film perdana STAR WARS. Ia berasal dari Planet Alderaan dan merupakan anggota Imperial Senate dan juga Rebel Alliance, yang memimpin pergerakan melawan tirani Empire.

Sehari menjelang Natal, Carrie memilih pulang dari London ke Los Angeles. Ia tinggal sementara di London karena baru saja menyelesaikan pengambilan gambar untuk STAR WARS: EPISODE VIII yang rencananya akan rilis pada 2017. Tak disangka, ia mengalami serangan jantung hebat dalam penerbangan 14 jam lamanya itu. 

Carrie Fisher wafat di usia 60 tahun/©impawards.comCarrie Fisher wafat di usia 60 tahun/©impawards.com

Wanita 60 tahun itu langsung dilarikan ke UCLA Medical Center, setelah seorang penumpang gagal melakukan proses CPR kepadanya. Todd Fisher, sang adik, sempat mengabarkan jika kondisi sang kakak makin membaik pada 25 Desember kemarin. Tagar #MayTheForceBeWithHer langsung menjadi trending di Twitter, berisi doa dan harapan agar sang princess cepat pulih.

Sahabat yang juga lawan mainnya di STAR WARS, Harrison Ford, juga mengirimkan simpatinya kepada keluarga Carrie. Ia sedih atas musibah tersebut dan berharap mantan gebetannya itu segera pulih. Tapi, Tuhan berkehendak lain.

Carrie gagal bertahan dari serangan jantung 4 hari silam itu. Simon Hall, juru bicara keluarga sang aktris, mengabarkan berita duka itu. "Ini adalah kesedihan yang mendalam saat Billie Lourds mengonfirmasi kalau ibunya meninggal dunia pada pukul 8.55 pagi ini. Carrie Fisher dicintai oleh dunia dan dia akan dirindukan. Seluruh keluarga berterima kasih atas simpati dan doa," tuturnya.

Karakter Princess Leia melekat erat padanya selama 4 dekade/©starwars.comKarakter Princess Leia melekat erat padanya selama 4 dekade/©starwars.com

Karakter Princess Leia memang sangat melekat padanya, seolah tak ada yang bisa menggantikan dirinya. Bagaimana tidak, Carrie memerankan sosok princess yang identik dengan Cinnamon Bun-nya itu sejak usianya baru 21 tahun.

Total, ada 5 film STAR WARS yang ia bintangi dalam kurun waktu 1977 hingga 2015 lalu dalam STAR WARS: THE FORCE AWAKENS. Jumlah itu tidak termasuk STAR WARS HOLIDAYS yang ditayangkan sebagai serial TV di tahun 1978.

Selain film, Carrie sangat berbakat di bidang seni. Maklum, ia adalah putri pasangan penyanyi Eddie Fisher dan aktris Debbie Reynolds. Sejak kecil, ia suka menenggelamkan diri dalam lautan buku, sejak orangtuanya bercerai. Nggak heran jika dirinya dulu dijuluki kutu buku oleh orang-orang terdekatnya.

Selain aktris, ia dikenal berbakat di bidang teater/©starwars.comSelain aktris, ia dikenal berbakat di bidang teater/©starwars.com

Pilihan bukunya juga tak main-main. Carrie kecil lebih suka membaca-baca literatur klasik dan karenanya jadi hobi menulis puisi. Ia menomorduakan sekolahnya kala menjalani debut pertamanya berakting dan menyanyi di pertunjukan teater di Broadway berjudul Irene (1973), bersama sang ibu.

Di tahun itu pula, Carrie mendaftarkan diri ke London's Central School of Speech and Drama selama 18 bulan. Lalu ia diterima untuk melanjutkan kuliah di jurusan Seni di Sarah Lawrence College, namun tak pernah lulus karena bentrok dengan jadwal syuting STAR WARS.

Tak mendapatkan gelar sarjana, bukan berarti Carrie 'mati'. Tahukah kamu jika ia disebut sebagai seorang Doktor Naskah oleh orang-orang yang bergelut di bidang perfilman Hollywood? Bahkan, sutradara STAR WARS George Lucas memintanya memoles naskah serial TV THE YOUNG INDIANA JONES CHRONICLES (1992) dan beberapa dialog di prekuel STAR WARS.

Carrie juga dikenal sebagai top script doctor/©starwars.comCarrie juga dikenal sebagai top script doctor/©starwars.com

Hasil kerja Carrie di belakang layar ini memang uncredited. Sejak 1991 hingga 2005, ia terus berkarya memoles naskah hingga menulis novelnya yang puitis, serta menjadi cameo di beberapa film. Pada tahun 2005 pula, ia diganjar penghargaan Women of Vision Award.

Kepandaiannya merangkai kata dan berakting dituangkannya dalam sebuah karya teater berjudul Wishful Drinking. Ia menulis naskah dan berperan dalam monolog yang diputar di berbagai teater bergengsi Amerika Serikat. Monolognya ini kemudian direkam dan dipublish dengan judul yang sama dan masuk dalam nominasi Grammy Awards 2009.

Pada 2013, 2 tahun sebelum THE FORCE AWAKENS rilis, Carrie membocorkan jika dirinya akan muncul sebagai Princess Leia versi tua. "I just think she would be just like she was before, only slower and less inclined to be up for the big battle (Aku berpikir dia masih sama seperti dulu, tapi lebih slow aja dan kemampuannya sedikit menurun saat perang)," tuturnya saat itu.

She's back, after 32 years from RETURN OF THE JEDI/©starwars.comShe's back, after 32 years from RETURN OF THE JEDI/©starwars.com

Benar saja, ia memukau para fans yang sudah menunggu selama kurang lebih 32 tahun sejak kemunculan RETURN OF THE JEDI. Kita semua dibuat kembali bernostalgia ketika Han Solo (Harrison Ford) memeluk Princess Leia seperti 3 dekade yang lalu. Ah, sayangnya kemesraan itu tidak akan kita dapati lagi.

Carrie sempat mengakui jika dirinya pernah punya hubungan spesial dengan Han Solo alias Harrison Ford. "It was so intense. It was Han and Leia during the week, and Carrie and Harrison during the weekend (Intens banget. Kita jadi Leia dan Han di hari kerja, tapi bermesraan ala Carrie dan Harrison di akhir minggu)," tuturnya kepada People, beberapa bulan yang lalu.

Saat itu, dirinya hampir berusia 20 tahun. Harrison berusia 33 tahun dan jadi ayah dua anak. "I looked over at Harrison. A hero’s face,a few strands of hair fell over his noble, slightly furrowed brow (Aku lihat wajah Harrison. Wajah pahlawan, beberapa helai rambut menutupi pelipisnya dengan alis yang cukup tebal)," ujarnya.

"How could you ask such a shining specimen of a man to be satisfied with the likes of me? (Nggak mungkin dong pria seperti itu bakal tertarik dengan aku?)," lanjutnya.

"I was so inexperienced, but I trusted something about him. He was kind (Saat itu aku nggak berpengalaman, tapi aku percaya dia beda, lah. Dia baik)," tandas Carrie. Siapa sangka jika curhatannya itu adalah yang pertama dan terakhir sebelum ajal menjemputnya?

So long, Princess Leia. May the Force be with you.

"It was so intense," ungkapnya soal hubungannya dengan Harrison Ford/©starwars.com"It was so intense," ungkapnya soal hubungannya dengan Harrison Ford/©starwars.com

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING