Ini Curhat Sutradara 'STAR WARS' Tentang Budaya Spoiler

Kamis, 22 Januari 2015 19:24 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Ini Curhat Sutradara 'STAR WARS' Tentang Budaya Spoiler George Lucas / © news.cn
Kapanlagi.com - Budaya spoiler alias bocoran berdampak 100% terhadap pekerjaan George Lucas. Pria di balik film STAR WARS original ini harus berhadapan dengan budaya spoiler sepanjang waktu, saat paparazzi dan fans yang penasaran berusaha mengambil banyak gambar dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum film tayang di bioskop. Walaupun kini ia telah keluar dari film sci-fi paling hits sepanjang masa ini, bukan berarti ia menjadi lunak akan budaya spoiler.

Saat ditanya mengenai tanggapannya terhadap budaya spoiler secara online, pria yang kini menderek film animasi STRANGE MAGIC ini berkata, “Spoiler itu gosip. Dan kebanyakan, gosip itu tidak benar. Saya rasa, itu cuma sesuatu yang dilakukan orang untuk bersenang-senang. Saya pribadi tidak pernah mengetahui ending dari sebuah film sebelum menontonnya sampai habis. Spoiler itu merusak film, jadi saya membencinya,” tukasnya.

Ada beberapa sutradara seperti Joss Wheldon dari THE AVENGERS: AGE OF ULTRON, yang menganggap spoiler itu mempunyai sisi positif dan negatif. Namun George Lucas tidak berada pada area abu-abu. Dengan tegas ia menyatakan bahwa spoiler itu merugikan.

Lucas juga menyatakan bahwa penyesalan terbesarnya saat menderek STAR WARS adalah ia tak bisa menikmati indahnya menonton film dengan 'fresh eyes', maksudnya tanpa adanya spoiler sebelumnya. Sementara ia berusaha membenahi budaya ini melalui STAR WARS: EPISODE 7, banyak spoiler dan rumor yang tersebar di dunia maya seperti gosip tangan Luke Skywalker yang terbang di luar angkasa, kehadiran pasukan perempuan bersenjata, hingga bocornya foto-foto yang diambil dari set. Miris.

STAR WARS: EPISODE VII-THE FORCE AWAKENS / © LucasfilmSTAR WARS: EPISODE VII-THE FORCE AWAKENS / © Lucasfilm

Padahal sutradara baru STAR WARS, J.J. Abrams dikenal sebagai orang yang sangat sulit untuk membocorkan pekerjaannya. Dia adalah fans berat STAR WARS dan ingin menghormati franchise ini sebisa mungkin, dengan cara membuat para pemain tetap tutup mulut. Domhnall Gleeson, contohnya, mengapresiasi semua usaha untuk membuat film ini menjadi yang paling hits, dan dia tidak ingin mengacaukannya dengan membiarkan rahasia-rahasia dalam produksi film ini tersebar sebelum waktunya.

Sejalan dengan Lucas, Colin Trevorrow adalah figur lain yang memandang spoiler sebagai hal yang bikin frustrasi. Sebagai sutradara JURASSIC WORLD, dia menyatakan bahwa sangat menyesakkan saat tahu bahwa ada seseorang yang membocorkan plot utama filmnya beberapa bulan sebelum trailernya dirilis.

Bagaimana menurut kalian? Setuju dengan George Lucas atau Joss Wheldon?

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING