'Noda' di Balik Kemenangan '12 YEARS A SLAVE'

Rabu, 05 Maret 2014 15:51 Penulis: Mahardi Eka
'Noda' di Balik Kemenangan '12 YEARS A SLAVE' dok. Plan B
Kapanlagi.com - Di balik berita bahagia kemenangan 12 YEARS A SLAVE sebagai Film Terbaik Oscar 2014, ada sedikit noda yang mencoreng kebahagiaan tersebut. Nama sutradara (Steve McQueen) dan penulis naskah (John Ridley) 12 YEARS A SLAVE diberitakan tidak tercantum dalam credit.

Bahkan dalam malam Oscars 2014 lalu, penulis naskah John Ridley diberitakan melayangkan ejekan pada Steve McQueen. Ketika penerima penghargaan kategori Best Adapted Screenplay tersebut memberikan pidato terima kasih pada seluruh pihak namun tidak kepada McQueen.

Menurut mantan reporter Deadline, Nikki Finke, kedua tokoh yang memiliki andil besar dalam penggrapan film itu diberitakan sedang berselisih. The Wrap memberitakan bahwa McQueen meminta namanya ditulis karena telah memberikan "sentuhan kecil" di bagian ending naskah, namun Ridley menolaknya. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak studio Fox Searchlight mendukung Ridley dalam hal itu.

Hal yang sama dilakukan juga oleh McQueen ketika memberikan pidato dalam BAFTAs. Dia tidak menyebutkan nama Ridley sama sekali. Dia menyebut nama Ridley pada Golden Globes Awards, atas permintaan sang produser.

Pada Oscars hari Minggu lalu, kedua tidak saling menyebut nama pada pidato penghargaan. Selain itu, video McQueen memberikan tepuk tangan pada Ridley banyak beredar di dunia maya. Di tahun 1999 lalu, Ridley diduga melakukan hal yang sama pada sutradara David O. Russell untuk film THREE KINGS. Ridley diberitakan tidak membolehkan O. Russell untuk menerbitkan buku yang berkaitan dengan film tersebut.

 

(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING