SELEBRITI

Bacakan Eksepsi, Trio Ikan Asin Minta Lokasi Persidangan Dipindah ke Luar Jakarta

Selasa, 07 Januari 2020 10:30 Penulis: Rahmi Safitri

Trio Ikan Asin © KapanLagi.com®/Abbas Adi Nugroho

Kapanlagi.com - Sekitar lima bulan Galih Ginanjar, serta pasangan Pablo Benua dan Rey Utami, mendekam di tahanan Polda Metro Jaya. Hal ini buntut laporan Fairuz A Rafiq setelah merasa dilecehkan atas isi video wawancara Galih terkait masa lalu rumah tangga mereka di channel Youtube milik Pablo dan Rey.

Sidang kedua yang kemudian dikenal dengan sebutan 'Kasus Ikan Asin' ini baru saja digelar pada Senin kemarin (6/1/2020) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Agenda persidangan yakni pembacaan eksepsi atau keberatan dari pihak terdakwa.

1. Isi Eksepsi

Isi eksepsi antara lain permintaan pemindahan lokasi sidang dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ke Pengadilan Negeri Cibinong, Jawa Barat. Penyebabnya karena Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dianggap tak punya wewenang adili kasus ini.

Sebagaimana disebutkan, lokasi persidangan saat ini dinilai tidak memudahkan akses bagi para saksi untuk datang. Juga karena tempat kejadian perkara berada di seputaran Cibinong.

"Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak punya wewenang mengadili perkara ini karena locus delicti ialah di wilayah Bogor. Banyak saksi juga dari Bogor dan Cibinong. Kita berharap eksepsi ini diterima," kata Rihat Hutabarat selaku pengacara Pablo dan Rey Utami.

2. Jawaban Eksepsi

Setelah pembacaan eksepsi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta waktu satu minggu untuk kemudian mengabulkan atau menolak keberatan. Sidang selanjutnya dari kasus ikan asin tersebut akan digelar Senin pekan depan (13/1/2020).

"Setelah mendengar eksepsi terdakwa melalui kuasa hukum, kami akan memberikan tanggapan secara tertulis. Mohon waktu selama seminggu ke depan," putus JPU disusul ketukan palu.


REKOMENDASI
TRENDING