Curhat Baby Niken, Talenta Musik Tak Berkembang di Tangan Ahmad Dhani

Rabu, 29 November 2017 08:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Curhat Baby Niken, Talenta Musik Tak Berkembang di Tangan Ahmad Dhani Baby Niken © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bila memasukkan namanya di kolom search engine, Baby Niken bukanlah sosok baru di industri hiburan tanah air. Gadis kelahiran Palembang 5 Desember 1990 ini memulai karir sejak tahun 2009 sebagai bintang iklan serta membintangi beberapa judul film televisi. Namun sosoknya baru diketahui khalayak ramai saat tergabung dalam trio Dewi Dewi generasi kedua.
 
Dalam liputan eksklusif bersama KapanLagi.com®, Baby mengungkap bila dirinya mencoba terjun ke dunia musik sejak 2010 silam. Dibantu teman yang merupakan anak band, ia dikenalkan pada seorang pria bernama Wawan dari Republik Cinta Management atau RCM, sebuah management artis milik musisi kondang Ahmad Dhani. Hanya saja waktu itu Baby dibantu membuat demo musik untuk kemudian diberikan kepada Rahayu Kertawiguna, bos label Nagaswara.
 
Suara Baby dalam demo CD rupanya membuat Rahayu tertarik, tak lama ia pun dibuatkan single debut ciptaan Dewiq berjudul Aku Bisa Kamu Tak Bisa. Sayangnya sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina ini pada saat itu tidak tergabung ke management Nagaswara. Tak heran ketika bertemu Dhani dan mendapat tawaran bergabung dalam RCM, ia menyanggupi.
 
"Setelah bikin single pertama, aku diundang Mas Wawan untuk datang ke sebuah acara musik. Di sana ternyata ada Mas Dhani lagi manggung. Di situ sama Mas Wawan aku dikenalin ke Mas Dhani. Kita ngobrol dan tahu-tahu Mas Dhani minta aku kirim demo lagu, aku kasih lagu debutku, nggak lama dia tawarin gabung ke RCM," kata Baby.

Beby curhat mengenai pengalaman gabung RCM © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaBeby curhat mengenai pengalaman gabung RCM © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

 
Bagai mimpi, Baby begitu mudah mendapat pinangan Dhani untuk bergabung dalam management artisnya yang telah menelurkan nama-nama tenar di jagad hiburan, mulai dari The Virgin hingga Mulan Jameela. Sayangnya, harapan menjadi solois ternama hanya bisa berada dalam angan karena justru setelah masuk RCM, Baby merasa karirnya tidak berkembang.
 
Satu tahun setelah bergabung, Baby merasa dianak tirikan oleh mantan suami Maia Estianty tersebut. Debut single-nya yang seharusnya bisa terpromokan dengan baik malah menguap sia-sia. "Pas aku gabung di RCM itu, seperti yang kita tahu artisnya nggak banyak, tapi mereka udah punya nama besar. Sementara aku anak baru yang mau solo karir, aku ngerasa kayak nggak diurusin. Kayak anak bawang, walau masuk management tapi aku nggak dipeduliin. Aku merasa buang waktu. Ibaratnya masa masuk management mereka, tapi nggak dibantu untuk terjun di dunia musik. Aku sebal banget waktu itu," lanjutnya.

Beby kecewa dengan perlakuan Dhani © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaBeby kecewa dengan perlakuan Dhani © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya


Kesal itu pun kian bertumpuk, Baby meminta untuk resign dari management yang diprakarsai pentolan Dewa 19 itu. Ia memakai banyak alasan bahkan berakting semelas mungkin yang sayangnya tidak berhasil. Dhani terus menjanjikan bakal mengorbitkan Baby sebagai solois ternama Indonesia.
 
"Aku berapa kali bilang ke Mas Dhani, 'Mas, gimana aku kok nggak diurusin?'. Tiap minta resign nggak pernah dikasih, alasannya nanti-nanti, bentar, sabar lagi tak bikin konsepnya ini-itu. Biasalah Mas Dhani belokin gini-gini. Aku nurut aja. Cuma kan lama-lama aku merasa percuma, ada lagu tapi nggak dipromoin, mungkin karena bukan lagu dia, musisi kan kadang punya idaelisme, jadi dia nggak mau bantu," curahnya.
 
"Akhirnya aku melas, mohon-mohon, akting mau resign dengan alasan nggak mau nyanyi biar bisa lepas dari kontrak. Karena kalau ada kontrak kan nggak bisa ke mana-mana. Otomatis pihak lain juga nggak berani. Cuma Mas Dhani kayaknya lebih pintar daripada aku, tahu aku bohong akhirnya dibuatin Dewi Dewi itu, personelnya dari X Factor satu," sambung Baby.

Beby akting melas demi bisa resign dari RCM © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaBeby akting melas demi bisa resign dari RCM © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

 
Pada tahun 2013, Dhani kembali menghidupkan trio Dewi Dewi setelah Tata dan Purie memilih lepas dari Mahadewi. Sayangnya gaung Dewi Dewi versi baru ini tidak begitu terdengar hingga pada 2015. Menjelang kontrak lima tahunnya di RCM selesai, Baby memutuskan keluar. Pertama, karena harus menyelesaikan kuliahnya yang terbengkalai. Kedua, karena kecewa melihat trionya tidak dipromokan sebagaimana mestinya.
 
"Karena Mas Dhani konsepnya kurang menurut aku, promo juga kurang, jadi nggak terlalu terekspos kayak generasi pertama. Mungkin karena tiap product ada masa jayanya dan masa jaya Dewi Dewi udah habis. Mau dirombak segimana pun nggak bakal kayak dulu lagi. Jadi aku milih resign karena aku mikir kuliah terbengkalai, udah dikejar selesai secepatnya takut kena DO," paparnya.

Lepas dari RCM, Beby lulus kuliah © KapanLagi.com®/Budy SantosoLepas dari RCM, Beby lulus kuliah © KapanLagi.com®/Budy Santoso

 
Baby sama sekali tidak merasa menyesal telah hengkang dari Dewi Dewi dan keluar management RCM. Terbukti, gelar S1 Ilmu Komunikasi kini telah disandang dan ia mencoba kembali berkarir di bawah naungan Maia Estianty. "Aku sih nyantai aja Mas ngejalaninya. Biarkan kayak air yang mengalir," tutupnya.

(kpl/abs/gtr)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING