Datang ke Jakarta, Mbah Surip 'Ngonthel'

Selasa, 04 Agustus 2009 15:40 Penulis: Yunita Rachmawati
Datang ke Jakarta, Mbah Surip 'Ngonthel' Mbah Surip
Kapanlagi.com - Sosok Mbah Surip memang dikenal sederhana. Meskipun sudah bergelimang harta sejak melejit dengan lagu Tak Gendong, pria kelahiran Mojokerto itu tetap rendah diri. Penampilannya juga begitu-begitu saja dari awal. Namun, begitu banyak kenangan yang ditorehkannya. Kesederhanaannya justru menjadi panutan bagi mereka yang mengenalnya.

Salah satunya adalah Farid dan Nurhadi dari Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Ditemui di tempat nongkrong Mbah Surip di kawasan Bulungan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (4/8), keduanya mengungkapkan bahwa Mbah Surip selaku anggota KPJ, merupakan pribadi yang rendah diri.

"Kalau pengurus bukan, tapi Mbah Surip di KPJ sudah 25 tahun. Awalnya datang ke Jakarta dia naik sepeda onthel sampai Bulungan, terus masuk di KPJ," kenang Farid.

Dituturkan Farid, terakhir berkumpul dengan Mbah Surip adalah saat ulang tahun KPJ yang jatuh pada 2 Mei. Selain menyanyi, pelantun Tak Gendong itu juga menjadi MC. Saat itu Mbah Surip memang belum terlalu melejit. Dan karena kesibukannya, mereka pun jarang berkumpul bersama. Tapi satu yang pasti, ada kebiasaan-kebiasaan Mbah Surip yang tak mungkin dilupakan mereka.

"Ketawanya," ujar Farid. "Dia doyan ngopi juga. Kalau ngopi bisa 18 gelas sehari, karena tiap 15 menit sekali ngopi. Suka bawa gitar ke mana-mana," sambungnya.

Farid juga mengungkapkan jika Mbah Surip bukan orang yang pelit dan mudah lupa daratan. Bahkan almarhum pernah berjanji kepada anak-anak KPJ untuk membelikan mereka helikopter.

"Terakhir bilang mau beliin helikopter untuk teman-teman di sini. Itu beberapa hari yang lalu, Jumat (31/7) kalau nggak salah," tukas Farid.  

(kpl/ant/boo)


REKOMENDASI
TRENDING