SELEBRITI

Imbas Berdendang Bergoyang, Festival Musik yang Lain Terancam Batal

Jum'at, 04 November 2022 09:51

Kapanlagi/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Festival musik Berdendang Bergoyang menjadi salah satu gelaran musik paling buruk selama tahun 2022. Gelaran yang digelar pada 28, 29, dan 30 Oktober itu terpaksa dibatalkan polisi karena melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Ternyata, akibat insiden itu berimbas kepada festival-festival musik lain yang terancam dibatalkan.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) selaku asosiasi promotor musik pertama dan satu-satunya di Indonesia, meminta pemerintah dapat tetap obyektif, adil, dan jeli dalam memberikan izin penyelenggaraan sebuah acara. Emil Mahyudin, SekJen APMI menyebut tidak semua gelaran festival musik yang gagal digelar.

"Betul, banyak. Makanya kita minta jangan digeneralisir. Karena, contoh event sukses, dengan puluhan ribu penonton itu banyak sekali. Jangan hanya gara-gara satu kejadian, kemudian semua kena imbasnya," kata Emil Mahyudin di Mbloc, Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2022).

1. Ketidakpastian

"Kondisinya kurang lebih seperti itu. Kita sekarang lagi di dalam situasi penuh ketidakpastian. apakah event itu boleh jalan? Kalaupun boleh bagaimana? apakah tidak boleh jalan? Apakah boleh di indoor? apakah boleh di outdoor? Apakah boleh sampai jam 12? Sekarang itu lagi penuh ketidakpastian," tambah Emil.

Ada beberapa acara musik yang terancam batal digelar di penghujung 2022 ini. Pasalnya, beredar isu bahwa gelaran musik dilarang diadakan sampai Desember tahun ini. Selain itu, Emil mengatakan masih banyak lagi festival musik yang rencananya digelar tahun ini seperti Joyland, Soundfest Bekasi hingga Pasar Kaget.

2. Kehiangan 3 Event Besar

"Nah tanpa mengecilkan event yang lain, kalau semua event tidak boleh di tahun 2022 kita akan kehilangan 3 event besar tadi, Soundrenaline, HITC, DWP nah itu enggak baik buat kita. Tapi itu kan yang besar, yang jadi atensi. Kalau mau dibilang, belum lagi yang pensi, kemudian event internal, corporate, itu banyak," katanya.

"Kondisinya kurang lebih Seperti itu dan kita sekarang lagi di dalam situasi penuh ketidakpastian. Apakah izin itu boleh jalan? Kalau boleh bagaimana, apakah tidak boleh jalan? Apakah boleh di indoor, apakah boleh di outdoor? Apakah boleh sampai 6:00 12:00 sekarang tuh lagi penuh ketidakpastian," tutup Emil.

 

(kpl/far/frs)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING