Ini Yang Sebabkan Mutiara Annisa Sempat Tak Lulus Tes Kuliah

Senin, 09 Januari 2017 20:01 Penulis: Iwan Tantomi
Ini Yang Sebabkan Mutiara Annisa Sempat Tak Lulus Tes Kuliah © instagram.com/mutiarabaswedan

Kapanlagi.com - Mutiara Annisa kini menjadi mahasiswa aktif di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Sebagaimana gadis seusianya, putri sulung Anies Baswedan ini tumbuh bersahaja dan cerdas sebagaimana abahnya.

Hal itu pernah Tia, panggilan akrabnya, buktikan saat berhasil menjalani program pertukaran pelajar di Denmark. Gadis yang tahun ini berusia 19 tahun tersebut dinyatakan lulus seleksi tes AFS Exchange Program, hingga membuatnya bisa studi setahun di negara beribukota Kopenhagen tersebut.

Meski begitu, Tia ternyata pernah diberitakan tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lho. Bukan karena dara manis berambut keriting ini tak pintar. Namun, lebih karena perbedaan kurikulum selama pertukaran pelajar di Denmark.

Menurut Pak Anies yang kala itu menjadi Mendikbud, ketika kelas 1 dan 2 SMP, Tia masih menggunakan kurikulum lama KTSP. Kemudian, saat putrinya kembali setelah satu tahun menjalani pertukaran pelajar, sekolahnya menggunakan kurikulum 2013.

Hal itulah yang lantas menyebabkan konversinya berbeda. Namun, bukan anak Anies Baswedan kalau menyerah begitu saja. Berkat usaha kerasnya untuk terus belajar, Tia lantas mencoba jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri, sampai akhirnya bisa mengantarkannya di FHUI.

Sebagai informasi, Tia ini ingin jadi pengacara. Kegemarannya berbicara membuatnya ingin menjadi corporate law atau international law handal dari Indonesia.

(kln/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING