Kamus Sunlish, Hasil Decide Fatsi Hakim Jadi Karya Otentik

Kamis, 10 Agustus 2017 14:16 Penulis: Wuri Anggarini
Kamus Sunlish, Hasil Decide Fatsi Hakim Jadi Karya Otentik Youtube/KapanLagi

Kapanlagi.com - Komunikasi merupakan aspek vital dalam segala hal, terlebih bagi mereka yang bergerak di bidang jasa. Salah pengertian sedikit saja bakal menyebabkan customer kapok dan nggak mau balik lagi. Hal kayak gini bakal bikin rugi sendiri, kan? Maka dari itu kepercayaan dari pelanggan mesti dijaga sebaik-baiknya dengan memberikan pelayanan kelas wahid.

Hal tersebut pula yang tengah amat diupayakan oleh pemilik Chief Barbershop bernama Fatsi Hakim. Namun tentu saja itu bukan perkara mudah, mengingat bermacam problem bisa muncul dari mana saja. Kali ini permasalahan datang dari Tatang, salah satu barber man asal Garut. Akibatnya, ada pelanggan komplain.

©Youtube / KapanLagi©Youtube / KapanLagi

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata pangkal masalahnya adalah bahasa yang membuat komunikasi antara customer dan barber man bernama Tatang sedikit terhambat. Memahami hal tersebut, Fatsi lantas decide buat bikin karya otentik bernama Kamus Sunlish yang merupakan kepanjangan dari Sunda – English. Terobosan tersebut dirasa mampu menjadi jembatan komunikasi antara Tatang dan pelanggan Chief Barbershop.

Jadi, Fatsi mengharuskan para pelanggan yang datang untuk memahami beberapa kata Sunda populer, seperti naon, kumaha, atau kang. Guna mempermudah para pelanggan, ia telah menuliskan terjemahan beberapa kosakata tersebut ke dalam bahasa Inggris di atas sebuah papan tulis. Memperhatikan inovasi yang dibuat oleh atasannya tersebut, Tatang tersenyum dan makin semangat buat memberikan yang terbaik.

©Youtube / KapanLagi©Youtube / KapanLagi

Lalu apakah karya otentik Fatsi Hakim itu berhasil memecahkan permasalahan tersebut dan mewujudkan impian Chief Barbershop sepuluh tahun ke depan?

Kisah lengkap Fatsi Hakim dalam memperjuangkan Chief Barbershop dapat kamu saksikan di Gue DECIDE The Series yang dibesut Surya Adi Susianto. Ini dia web series persembahan KapanLagi Network (KLN) yang dirilis bersama Slate untuk memotivasi Millennial agar lebih berani buat decide arah hidup dan menciptakan karya otentik.

Selain Fatsi, kamu pun dapat memetik pelajaran dari perjuangan tokoh kenamaan lain dalam mengambil keputusan. Beberapa nama lain yang juga dapat kamu nikmati di Gue DECIDE The Series antara lain, DJ Ninda Felina, Fanfani (Black and White Photographer), dan Chef Calvin.

Webseries ini dibagi menjadi dua tema besar, yaitu The Series dan The Stories yang semuanya bisa kamu saksikan di situs guedecide.com. Beda dengan The Series, The Stories yang disutradarai oleh Ardy Octaviand dan Sim F adalah cerita inspirasional berdasarkan pengalaman para public figure tentang keputusan yang sudah diambil sehingga mengantarkan mereka pada posisi sekarang. Gue DECIDE The Stories dibintangi oleh Rio Dewanto, Fachri Albar, Joko Anwar, Dipha Barus, dan Maruli Tampubolon.

“(Webseries) sebetulnya yang bisa menginspirasi orang supaya move forward. Jadi kita mau kasih tahu orang-orang bahwa problem itu juga dialami oleh mereka yang sudah establish di bidangnya masing-masing. Jadi nggak perlu takut karena can be happen to anyone,” terang Ardy saat ditemui dalam movie screening Gue DECIDE di Queens Head, Kemang, Jakarta Selatan.

 “The Stories itu lebih ringkas apa yang mau disampaikan. Kalau The Series itu lebih detail untuk pengangkatan problem. Mau nyampein problem-nya lebih banyak, lebih luas. Keterbalikan dengan The Stories-nya,” tambah Ardy.

Penasaran sama Kamus Sunlish bikinan Fatsi Hakim dan karya otentik figur publik inspiratif lainnya? Tonton Gue DECIDE The Series selengkapnya di guedecide.com yuk, KLovers!

(kpl/zki/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING