SELEBRITI

Kronologi Kasus Awkarin yang Viral di Twitter, Lengkap Beserta Klarifikasinya

Rabu, 30 Oktober 2019 12:55 Penulis: Guntur Merdekawan

Awkarin © Instagram/awkarin

Kapanlagi.com - Nama Awkarin lagi-lagi jadi bahan perbincangan publik hingga menghiasi dinding trending topik di Twitter. Selebgram kondang itu dikritik habis-habisan karena kasusnya bersama seorang ilustrator dengan akun Twitter @nadiyahrs.

Pada intinya, Awkarin disebut telah melanggar hak cipta dengan menggunakan karya @nadiyahrs tanpa izin. Untuk meluruskan masalah, Awkarin lantas menghubungi yang bersangkutan dan menyebut bakal membawa lawyernya.

Dari sini, kasus Awkarin dan sang ilustrator bernama Nadiya itu jadi panjang. Simak ulasannya berikut..

1. Sang Ilustrator Diancam Awkarin?

Setelah kasus ini ramai, Nadiya secara mengejutkan menghapus semua cuitannya yang berhubungan dengan Awkarin. Netizen pun dibuat bingung dengan alasan sang ilustrator tersebut.

Hingga pada akhirnya muncul sebuah indikasi jika Nadiya diancam bakal dituntut oleh Awkarin dan lawyer-nya. Demi menghindari keributan, Nadiya lantas memilih untuk menghapus semua cuitannya.

2. Sang Ilustrator Dapat Dukungan dari Publik hingga Artis

Keputusan Nadiya untuk undur diri dari masalah ini membuat netizen makin geram pada Awkarin. Mereka menuding selebgram kondang itu memanfaatkan 'kekuatan'-nya untuk mengancam mereka yang lemah. Berbagai hujatan pun bergantian datang padanya.

Bahkan, sederet publik figur juga turut update dengan kasus ini, seperti salah satunya Ernest Prakasa. Bintang film CEK TOKO SEBELAH itu menunjukkan dukungannya pada Nadiya lewat sebuah cuitan agar tidak takut memperjuangkan haknya.

"Nadiyah, aku tidak kenal kamu. Tapi siapapun yang memperjuangkan haknya, apalagi sesama seniman, pasti banyak yang dukung. Meski gue paham kalau lo lebih mendahulukan 'kedamaian', tapi kalau lo berubah pikiran, gue siap dukung," tulis Ernest sambil mengutip sebuah cuitan dari @nadiyahrs.

Tak cuma artis, selebtweet Alexander Thian hingga lawyer Veronica Koman juga turun tangan menunjukkan dukungannya pada sang ilustrator.

3. Klarifikasi Awkarin

Mendapati namanya jadi bulan-bulanan, Awkarin tak lantas tinggal diam. Pelantun lagu Bad itu menuliskan sebuah klarifikasi panjang mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Dan dari sudut pandangnya, netizen telah salah paham terkait kasus ini.

Pada thread panjang yang dibuatnya, Awkarin mengaku jika dirinya memang pernah melanggar hak cipta, dengan menggunakan karya Nadiya tanpa izin. Namun perlu dicatat jika kejadian itu terjadi pada sekitar tahun 2015 hingga 2016 silam.

Pada saat itu, Awkarin sudah mengakui kesalahannya dan menyelesaikan masalah ini secara baik-baik dengan yang bersangkutan. Lalu tiba-tiba sekitar beberapa hari lalu, Nadiya kembali mengungkit masalah tersebut, tanpa penjelasan detail jika kejadiannya sudah terjadi bertahun-tahun lalu.

"Empat tahun berlalu, hingga pada akhirnya kira-kira 3 hari lalu @nadiyahrs mengeluarkan statement tentang ketidaksukaannya terhadap aksi sosial yang aku lakukan, karena menurut Nadiya aku tidak pantas melakukan kegiatanku tersebut setelah dianggap 'mencuri' karya orang lain," tulis Awkarin.

4. Menggiring Opini Publik

Karena Nadiya tak menyebutkan jika kasus 'pencurian' yang dimaksud sudah terjadi beberapa tahun lalu, publik pun jadi salah paham dan mengecam Awkarin. Karenanya, gadis berusia 21 tahun itu menyebut jika Nadiya telah menggiring opini publik. Namun sampai poin ini, Awkarin tidak marah.

Awkarin lantas menghubungi yang bersangkutan lewat direct message, bertanya mengenai jalan keluar dari kasus ini. Nadiya kala itu meminta agar Awkarin meminta maaf pada publik lagi terkait kesalahan yang diperbuatnya 4 tahun lalu.

Permintaan Nadiya itupun disanggupi oleh Awkarin, namun sedikit terlambat untuk dipublikasikan karena jadwalnya yang padat. Nadiya mengira jika Awkarin telah melanggar janji untuk membuat permintaan maaf.

"Aku pun beritikad baik untuk mengakhiri kegaduhan ini dengan menuruti permintaan Nadiya. Aku meminta maaf lagi ke publik dan aku mengatakan kepada Nadiya bahwa aku akan menghapus postingan lama yang mungkin terlewat belum ku hapus. Percakapan itu terjadi di hari Sabtu, sedikit tertunda aku baru bisa mencari postingan tersebut di hari Senin karena di hari Sabtu dan Minggu aku memiliki kegiatan lain," jelas Awkarin.

"Kemudian Nadiya kembali mengingatkan di hari Minggu malam untuk menghapus postingan tersebut, akupun menjelaskan pada Nadiya bahwa tidak ada staff-ku yang membantu untuk mencari postingan yang dimaksud karna ini hari Minggu (day off) dan postingannya sudah tenggelam jauh," tambahnya.

5. Kekecewaan Awkarin

Setelah menemui kata sepakat, Awkarin akhirnya menepati janjinya untuk menghapus postingan yang dimaksud di hari Senin pagi. Namun setelahnya, Awkarin dibuat begitu kecewa atas tindakan yang dilakukan oleh Nadiyah.

"Kami berdua pun menyepakati bahwa postingan tersebut akan dihapus di hari Senin. Dan benar adanya kutepati janjiku di Senin Pagi. Namun, pada Senin malam aku sangat kecewa mengetahui bahwa Nadiya mengeluarkan pernyataan lain beserta screenshot chat private kami (yang menurutku ilegal) dan ia mengatakan bahwa aku tidak memenuhi janjiku," jelas Awkarin.

Cuitan Nadiya itu semakin menggiring opini publik dan menyudutkan Awkarin. Namun selebgram cantik itu tak menyerah untuk cari jalan keluar dari permasalahan ini.

6. Alasan Nadiya Hapus Semua Cuitan

Sampai poin ini, ada satu hal lain yang menurut Awkarin bikin publik salah paham. Ya, Awkarin memang memang bakal mengajak seorang lawyer untuk mediasi bersama Nadiya, namun bukan untuk menuntut atau menyeretnya ke jalur hukum.

"Nadiya mengatakan tidak perlu bertemu dan akupun hanya meminta kesediaan Nadiya untuk menghapus satu tweetnya yang mencantumkan screenshot chat personal kami di DM Twitter, karena menurutku itu ilegal dan salah membagikan chat pribadi ke ruang publik tanpa seizin pihak yang terlibat.

Awkarin bahkan tak pernah memaksa atau mengancam Nadiya untuk menghapus semua postingannya. Hal itu dilakukan Nadiya sendiri karena khawatir akan dituntut oleh Awkarin.

"Tanpa paksaan Nadiya pun setuju menghapus satu twit tersebut. Tiba-tiba Nadiya mengatakan atas inisiatifnya sendiri, akan men-deactive akunnya dengan alasan agar tidak aku tuntut. Perlu dijelaskan di sini, di chat ini aku TIDAK MENUNTUT," tegas Awkarin.

7. Sepakat Berdamai, Tapi...

Meski sudah sepakat dan berdamai, namun lagi-lagi Awkarin dibuat terkejut atas tindakan Nadiya lainnya. Ya, ilustrator itu tetap menghapus semua cuitannya di Twitter, berbeda dari kesepakatan yang sebelumnya disetujui.

"Nadiya terus menerus bertanya apakah aku akan tetap menuntutnya kalau semua tweet tentang aku dihapus? Untuk mengakhiri permasalahan ini dan kegelisahannya, aku pun menjawab bahwa aku tidak akan menuntut dia dan akhirnya mengiyakan tawarannya. Kami pun berdamai," kenang Awkarin.

"Kupikir sudah selesai, tetapi pagi tadi (Selasa pagi) aku turut terkejut bahwa Nadiya menghapus semua twitnya, tidak seperti apa yang ia tawarkan tadi malam (hanya menghapus tweet yang berhubungan denganku). Aku pribadi tidak mengetahui apa alasannya," jelasnya lagi.

Dari sini, opini publik semakin melebar ke mana-mana. Berbagai hujatan dan caci-maki bergantian datang pada sang selebgram kondang itu.

8. Kesimpulan dari Awkarin

Akhir cerita, Awkarin tetap berbesar hati untuk minta maaf lagi dan lagi atas kesalahan yang dibuatnya dan mungkin menyinggung orang lain. Mantan rekan duet Young Lex itu berjanji akan terus berusaha untuk memperbaiki diri jadi sosok yang lebih baik ke depannya nanti.

"Pada dasarnya aku sangat meminta maaf bila ada pihak yang dirugikan dengan kegaduhan ini. Tidak pernah ada maksud aku untuk merugikan siapapun. Sekali lagi aku meminta maaf atas kesalahan yang aku lakukan 4 tahun lalu dan kesalahan lainnya. Di sini aku hanya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi, semua ini aku anggap sebagai pembelajaran," cuit gadis bernama lengkap Karin Novilda itu.

"Terima kasih teman-teman untuk tetap supportive dan selalu mendukungku untuk melakukan kebaikan. Semua pernah melakukan kesalahan di masa lalunya, aku salah satunya, dan aku menyesal. Menurutku sekarang adalah bagaimana aku bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi," tuntasnya.

Well, bagaimana pendapat KLovers mengenai kasus ini? Tulis komentarmu ya!


REKOMENDASI
TRENDING