SELEBRITI

Maruli Tampubolon Merasa Terhormat Perankan Gajah Mada di Opening Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 12:00 Penulis: Tyssa Madelina

Maruli Tampubolon © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Maruli Tampubolon selama ini dikenal sebagai salah satu penyanyi berbakat Tanah Air. Akan tetapi, ketika mengisi acara opening Asian Games 2018 yang digelar pada hari Sabtu (18/08) kemarin, ia justru menunjukkan hal yang berbeda dengan bermain teater. Maruli pun merasa terhormat karena bisa memerankan tokoh Gajah Mada di segmen dramatik Nusantara.

"Kemarin adalah bagian yang menurut saya jadi kehormatan. Saya bisa memerankan seorang tokoh yang memiliki nilai historis yang tinggi di nusantara kita. Saya memerankan sosok Gajah Mada, sosok pemersatu saat nusantara terpecah belah dan lain sebagainya. Dengan keberadaan Gajah Mada bisa pemersatu bangsa," ujar Maruli Tampubolon, saat ditemui di kantornya, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (19/8).

Untuk bisa maksimal memerankan tokoh Gajah Mada, Maruli harus melakukan pendalaman karakter. Selain itu, ia juga latihan berkali-kali dengan tim koreografer dan dancer.

"Dilihat Head Talent yang ada, dari artis-artis Indonesia yang kepilih, saya paling banyak latihannya, 15 kali lebih. Dari mulai latihan di lapangan bola, bukan lapangan GBK sampai ke GBK nya. Ketemu koreografer Indonesia ternama seperti Denny Malik dan crew lainnya, ada tim dancer, ada anak muda dari berbagai SMA pilihan," jelasnya.

1. Terpilih Tanpa Proses Casting

Selain merasa terhormat karena memerankan tokoh Gajah Mada, Maruli Tampubolon patut berbangga karena dirinya didapuk langsung oleh sang creative director, Wishnutama. Padahal menurut Maruli, ada beberapa aktor kenamaan Indonesia yang memiliki potensi untuk berperan sebagai Gajah Mada.

"Mungkin itu suatu kebanggaan yang tidak bisa diungkapkan. Saya langsung dipilih, tidak ada casting. Pertimbangannya saya tidak mengerti kenapa mas Tama bisa pilih saya. Tapi saya mendapatkan itu, saya dalami dan merasakan bagaimana jadi pemersatu bangsa. Gimana karakter orang yang bisa menyampaikan sumpah secara lantang di depan ribuan orang. Tidak boleh memiliki keraguan di situ. Karena dari tutur bahasa, gerak tubuh itu membuat kita dipercaya," urainya.

2. Percaya Takdir Tuhan

Mendengar Wishnutama memberinya tawaran secara langsung, Maruli Tampubolon mengaku tak berpikir dua kali. Ia dengan mantap menerimanya tanpa pertimbangan apapun. Maruli mengaku, terpilihnya dia menjadi tokoh Gajah Mada tak lepas dari bantuan Tuhan.

"Bisa terpilih saya rasa itu pilihan Tuhan. Ada orang-orang seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Chicco Jerikho, dan lain-lain. Tapi nggak tahu kenapa mereka memilih saya. Head Creative Director, Wisnu Tama memilih saya. Bukan merasa hebat, tetapi menurut saya memang desain dari Tuhan," tegas Maruli.

3. Perasaan Merinding Saat Ucap Sumpah Palapa

Dalam drama yang ia lakoni, Maruli Tampubolon yang berperan sebagai Gajah Mada harus mengucapkan sumpah Palapa dengan lantang di atas kapal. Hal itu tentu jadi pengalaman berbeda bagi Maruli. Ia mengaku sangat excited saat harus melakoni adegan tersebut.

"Saya mengucapkan sumpah Palapa di atas kapal, suatu hal yang kolosal. Masuk dalam ombak manusia yang kena lighting bagus, di situ kita meneriakkan Sumpah Palapa. Simpel sekali tapi kena. Bagian awal itu lah asal mula dari Bhineka Tunggal Ika. Itu kita bicarakan sekitar 8000 orang dan di depan orang penting yang disaksikan 45 negara," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING