SELEBRITI

Nostalgia! Sinetron 'Tersanjung' Yang Legendaris Penuh Kenangan

Minggu, 15 Maret 2015 18:00 Penulis: Rahmi Safitri

Tersanjung © YouTube

Kapanlagi.com - Tren sinetron Indonesia zaman sekarang adalah tayang setiap hari, para pemainnya harus syuting 24/7, dan ceritanya kadang dibuat asal-asalan. Tahun 90-an dan sebelum era sinetron setiap hari dimulai, kita disuguhi sinema elektronik yang tayang seminggu sekali, jadi dalam satu minggu ada beberapa sinetron yang bisa dilihat. Udah gitu kita jadi dibuat penasaran selama seminggu gara-gara yang kita sukai bersambung dan menggantung.

Salah satu sinetron legendaris Indonesia adalah Tersanjung. Tayang di Indosiar tiap Jumat jam 19.30 WIB dari tahun 1998 sampai 2005. Tahun 2006 pernah dinobatkan sebagai sinetron Indonesia dengan jumlah episode terbanyak oleh MURI, tentunya sebelum era sinetron tiap hari dimulai ya. Ayo dulu yang tiap malam Sabtu nonton sinetron ini siapa ya?

Tersanjung ini dulu sangat sukses dan jadi nomor satu untuk rating-nya. Ceritanya sebenarnya sudah klise tapi asli bikin geregetan yang nonton. Akting pemainnya juga keren-keren sih, jadi membuat yang lihat ingin memukul karakter-karakter antagonis.

Kira-kira apa sih yang kalian paling ingat dari sinetron yang dibintangi oleh Lulu Tobing, Ari Wibowo, Jihan Fahira, Jeremy Thomas, Febby Febiola dan lain-lain? Yuk mari dibaca halaman berikutnya supaya kita bisa nostalgia bersama.

1. Penderitaan Indah Yang Tiada Akhir

Indah adalah karakter utama di Tersanjung. Awal-awal episode diperankan oleh Lulu Tobing, namun secara ajaib di tengah-tengah Indah ganti diperankan oleh Jihan Fahira.

Penderitaan Indah dimulai dari istri pamannya (paman diperankan Anwar Fuadi, bibi oleh Yati Octavia) yang jahat sekali padanya dan berniat menjodohkannya dengan seorang pria yang tak dicintainya. Indah kemudian bertemu dengan Bobby (Reynold Surbakti), pacaran, sampai hamil. Ketika meminta pertanggung jawaban, Indah diusir oleh ayah Bobby.

Putus asa, Indah mencoba bunuh diri tapi untungnya ditolong seorang wanita yang kemudian memberinya pekerjaan. Di tempat kerja, dia bertemu Rama (Ari Wibowo) dan saling jatuh cinta hingga menikah. Rama menerima anak Indah dengan senang hati yang kemudian diberi nama Dandy.

Tapi, kebahagiaan Indah hanya sesaat. Rama meninggal, Bobby dan ayahnya kemudian berusaha untuk merebut Dandy dari tangan Indah.

2. Indah Kecil

Ketika sedang dikejar oleh orang-orang yang jahat padanya, Indah dan Dandy bersembunyi di rumah milik (Jeremy Thomas). Saat itulah muncul karakter anak kecil, putri dari Jeremy Thomas, yang ternyata bernama Indah (Mega Utami) dan yang menderita leukimia.

Indah besar dan Indah kecil ini kemudian bersahabat. Bahkan tinggal di bersama. Indah kecil juga menganggap Dandy sudah seperti adiknya sendiri. Akting menangis Mega Utami ini dulu jempol banget lho.

Ketika besar Indah kecil ini diperankan oleh Cut Tary dan jadi istri dari Marcelino Lefrant. Sama seperti Indah besar, kehidupannya juga selalu penuh derita.

3. Mertua Super Jahat

Dari semua karakter di Tersanjung, bisa jadi yang akting-nya juara itu Robby Sutara dan Leily Sagita. Robby berperan sebagai Suryodiboto (ayah Bobby) yang jahatnya nggak tanggung-tanggung, seperti nggak ada habis-habisnya niat untuk membuat Indah menderita (padahal Indah cuma wanita yang pernah dicintai putranya).

Leily Sagita berperan sebagai ibu dari karakter yang diperankan Alvin Adam. Entah apa alasannya tapi dia selalu menyiksa istri putranya (diperankan Novita Wibowo). Karakter mertua jahat ala Leily Sagita ini juga legendaris sekali. Semua dibikin sebel dengan akting-nya yang ingin membuat penonton tonjok televisi.

Akting kedua bintang senior ini benar-benar luar biasa. Sampai banyak yang mengira, di kehidupan nyata keduanya memang sejahat itu.

4. Tante Amerika

Tante Amerika ini diperankan oleh Febby Febiola. Seorang tante yang obsesi banget jadi istrinya Jeremy Thomas tapi selalu gagal dalam mendapatkan ambisinya.

Yang paling diingat dari karakter ini pasti dong cara ngomong-nya yang bikin gemes seperti bule-bule gitu. Kalau sekarang sih mungkin disebut ala Cinta Laura yang ngomong campuran Indonesia-Inggris.

Sama seperti seperti karakter antagonis lain, Tante Amerika juga sama bikin sebel. Ada saja rencana jahatnya kepada Indah besar dan Indah kecil.

5. Pergantian Pemeran

Ini nih yang paling drastis dalam Tersanjung. Perubahan pemeran pertama kali itu adalah Bobby. Pertama diperankan oleh Reynold Surbakti. Karakter tersebut digambarkan mengalami kecelakaan parah. Wajah Bobby harus di-operasi karena rusak dan jadilah Adam Jordan.

Karakter Indah juga nggak perlu ada kecelakaan untuk ganti. Entah apa yang menyebabkan Lulu Tobing mundur, tanpa ada penjelasan untuk karakter, Indah langsung diperankan oleh Jihan Fahira. Awalnya aneh, tapi untunglah akting Jihan dan Lulu sama-sama bagus.

Karakter Indah kecil dan Dandy juga tumbuh dewasa. Perubahannya, Indah kecil jadi Cut Tari. Sedangkan Dandy diperankan Didi Riyadi.

6. Sinetron Yang PHP Banget

Kenapa kok Tersanjung salah satu sinetron yang pemberi harapan palsu banget? Setiap satu episode berakhir, pasti ending-nya itu bikin penasaran setengah mati, membuat setiap penonton nggak sabar menunggu apa yang terjadi berikutnya.

Contohnya nih, Indah kecil dan Dandy ketika dewasa terpisah dan lama nggak ketemu. Nah, di ending itu mereka berada di tempat yang sama, dan hampir saja bertatap muka. Namun belum sempat ketemu, episode berakhir dan bersambung, diiringi dengan slow motion dan backsound menegangkan.

Nah di episode berikutnya, ada saja hal-hal nggak penting yang membuat mereka bertemu dan reuni. Entah itu Indah kecil yang tiba-tiba menolong orang jatuh, sehingga Dandy yang lewat di samping Indah nggak tahu kalau itu kakak-nya yang hilang.

Udah menunggu seminggu tapi akhirnya malah bikin sebel, PHP banget kan sinetron ini?

7. Season 1 - 7

Entah karena terlalu disukai atau gimana, sinetron ini bertahan hingga tujuh tahun dan setiap ada perubahan selalu diberi tambahan angka. Jadi ada Tersanjung 1, 2, 3, dan seterusnya.

Tersanjung 1, cikal bakal cerita, bisa jadi adalah yang paling bagus. Terutama kisah cinta antara Indah dan Rama yang super romantis dan bikin senyum-senyum sendiri. Tersanjung 2 dimulai ketika karakter Rama meninggal.

Tersanjung 3 dimulai dengan kehadiran bintang baru Jeremy Thomas, Mega Utami, Febby Febiola. Tersanjung 4 adalah ketika Lulu Tobing digantikan oleh Jihan Fahira. Tersanjung 5, karakter Indah alias Jihan Fahira jadi kembar.

Tersanjung 6 menceritakan kisah Indah kecil jadi besar. Selain Cut Tary dan Didi Riyadi, juga ada karakter baru yang diperankan Putri Patricia di sini.

Yang berubah drastis Tersanjung 7 dan judulnya ganti Adilkah. Sosok Indah lebih dewasa dan diperankan oleh Ayu Azhari.

Ngomong-ngomong apa nih yang paling kalian inget dari Tersanjung? Share yuk!

(kpl/pit)

Editor: Rahmi Safitri

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING