Rokok Mahal, Ronal Surapraja Anggap Bisa Kurangi Perokok Remaja

Jum'at, 26 Agustus 2016 19:15 Penulis: Ahmat Effendi
Rokok Mahal, Ronal Surapraja Anggap Bisa Kurangi Perokok Remaja Ronal Surapraja ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah perokok terbesar di dunia. Yang disayangkan adalah ketika pelajar yang kebanyakan masih remaja juga ikut-ikutan merokok. Hal ini membuat komedian Ronal Surapraja setuju jika harga rokok dinaikkan Rp 50 ribu aja.

"Itu dia salah satunya adalah mungkin jika dinaikin harga rokok akan menekan jumlah rokok belia, karena mereka kan belum punya penghasilan. Beda, saya waktu kuliah saya udah ngerokok tapi saya punya pekerjaan," ujar Ronald Suryapraja di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016).

Masalah rokok dalam kalangan remaja bagi Ronal adalah buah simalakama yang merugikan. Banyak remaja yang masih mencari jati diri akhirnya malah jatuh menjadi perokok aktif.

Ronal percaya jumlah perokok remaja bisa ditekan jika harga rokok mahal. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaRonal percaya jumlah perokok remaja bisa ditekan jika harga rokok mahal. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Lingkungan satu, dibilang keren, dewasa. Masa remaja kan pencarian jati diri, pengakuan," tuturnya.

Meski pemerintah belum mengetuk palu terkait kenaikan harga cukai rokok, Ronal merupakan orang yang mendukung penuh wacana harga naik. Ia berharap banyak kenaikan itu bisa mengurangi jumlah remaja perokok.

"Mudah-mudahan dengan kenaikan rokok ini tujuannya positif, bukan cuman agenda orang-orang di atas dan bisa menekan perokok remaja saya setuju," tandasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING