Secara Islam, Perkawinan Asmirandah dan Jonas Otomatis Gugur

Rabu, 27 November 2013 19:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Secara Islam, Perkawinan Asmirandah dan Jonas Otomatis Gugur Asmirandah dan Jonas Rivanno
Kapanlagi.com - Perkawinan Asmirandah dan Jonas Rivanno secara Islam otomatis telah gugur saat Jonas tidak lagi menjadi seorang muslim. Gugatan pembatalan perkawinan mereka saat ini sekadar untuk urusan administrasi.

"Iya memang (sudah gugur), kalau salah satu antara suami dan istri murtad, itu pernikahannya gugur. Tapi untuk administrasi, harus ke pengadilan agama dulu. Nah nanti oleh PA dibatalkan perkawinannya. Itu kalo menurut negara. Kalo menurut agama mereka sudah bukan suami-istri," ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub saat dihubungi lewat telepon, Rabu (27/11).

Vanno memang terbukti telah menjadi mualaf sejak 21 Agustus 2013. Namun, dia membantah hal tersebut. Tapi di kesempatan lain, dia yang tertekan akhirnya mengaku pernah menjadi mualaf.

Masalah belum berhenti, Vanno saat jumpa pers hanya mengaku dirinya pernah menjadi mualaf bukan seorang mualaf. Ia pun dilaporkan oleh ormas Islam ke pihak kepolisian karena dianggap melecehkan agama.

Ditanya soal ini, Ali memiliki pendapat pribadi. Menurutnya, saat Vanno tidak mengaku mualaf, keislamannya telah hilang dan dirinya tidak bisa menikahi Andah.

"Jadi setiap orang non muslim yang sudah membaca dua kalimat syahadat itu sudah jadi muslim. Kemudian semua hukum Islam itu berlaku kepadanya juga. Nah kalau dia sudah muslim lalu tiba-tiba dia mengaku dirinya bukan muslim, ya berarti gugur keislamannya. Di Alquran juga dijelaskan, wanita muslimat tidak halal dinikahi dengan pria non muslim, begitu juga sebaliknya," papar Ali.

(kpl/pur/dar)


REKOMENDASI
TRENDING