SELEBRITI

Sejak SMP Idap Skoliosis, Jessica Mila Diharuskan Pakai Baju Khusus Selama 22 Jam Setiap Hari

Jum'at, 14 Agustus 2020 11:34

Jessica Mila © KapanLagi.com - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Belum banyak yang tahu, ternyata Jessica Mila sudah mengidap skoliosis sejak SMP. Ia pun menceritakan perkembangannya kini saat ditemui di Trans TV, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

"Sejauh ini masih baik-baik saja, puji Tuhan. Memang dari sejak SMP itu tulang belakang aku udah S. Aku nggak tahu derajatnya nambah apa nggak tapi dari beberapa tahun terakhir aku cek derajat kemiringannya itu tidak bertambah jadi masih fine-fine aja," ucap Jessica.

"Tetapi aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," tambahnya.

1. Gejala Awal

Jessica menceritakan gejala awal yang ia rasakan saat mengidap skoliosis. Dikatakan kalau gejalanya mulai dari badan yang pegal hingga sesak napas.

"Iya gejalanya adalah suka pegel badannya. Di bagian tertentu tuh suka sakit, terus apalagi ya? Sebenarnya karena tulang belakang itu pusat semua syaraf jadi tergantung kayak dia kenanya ke bagian syaraf yang mana. Jadi setiap orang itu beda-beda," ujarnya.

Ia juga mengatakan ada temannya yang mengalami sesak nafas hingga migrain. Namun Jessica mengaku dirinya mengalami pegal di bagian punggung jika terlalu lama berdiri ataupun duduk.

2. Ada Faktor Keturunan

Lebih lanjut, penyakitnya ini sempat mengganggu pekerjaan Jessica saat kambuh. Ia mengatasi hal ini dengan cara berolahraga.

Saat ditanyakan apakah ada faktor keturunan, Jessica tidak menampik adanya kemungkinan tersebut. Aktris berusia 28 tahun ini mengaku kalau dulunya posisi duduknya belum benar.

"Mungkin ada sedikit faktor keturunan tapi yang pasti pada saat pertumbuhan mungkin aku posisi duduknya nggak benar. Mungkin waktu sekolah dulu suka miring. Atau kalau lagi tidur suka di satu posisi yang sebenarnya nggak bagus gitu kan. Kan yang bagus tidurnya lurus gitu ya. Atau bisa juga karena sering bawa beban. Misalnya bawa tas di sebelah kanan terus-terusan jadi lama-lama kayak bengkok gitu," pungkasnya.

3. Jalani Terapi

Jessica mengatakan kalau ada harapan ia bisa sembuh total dengan cara terapi. Selain itu, ia juga diharuskan memakai baju khusus selama 22 jam setiap hari.

"Kalau sembuh total sebenarnya mungkin, tapi memang harus rutin banget terapi. Dan aku harusnya pakai ada bajunya gitu yang bantu untuk meluruskan. Tapi bajunya itu harus dipakai, kalau nggak salah 22 jam setiap hari," ucapnya.

"Kayaknya lebih susah ya kalau misalnya sambil syuting gitu. Bajunya kan nggak semua tertutup. Kadang pakai baju yang agak sebadan pasti keliatan banget gitu. Jadi untuk sekarang aku masih belum melakukan itu. Paling ya itu sih tadi, terapi-terapi sama olahraga aja," tambahnya.


REKOMENDASI
TRENDING