Tak Hormati Hak Privasi Narasumber, Acara Hotman Paris Show Kena Peringatan KPI

Jum'at, 29 Desember 2017 12:15 Penulis: Wulan Noviarina
Tak Hormati Hak Privasi Narasumber, Acara Hotman Paris Show Kena Peringatan KPI Hotman Paris @KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Surat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menghampiri acara Hotman Paris Show. Program yang dibawakan oleh pengacara Hotman Paris Hutapea dan tayang di stasiun televisi iNews ini mendapatkan teguran setelah menayangkan wawancara dengan Nafa Urbach.

Menurut surat bernomor 688/K/KPI/31.2/12/2017 tersebut, acara Hotman Paris Show sudah melakukan pelanggaran pada ketentuan tentang penghormatan hak privasi narasumber. Yang disorot oleh KPI adalah pertanyaan-pertanyaan tentang privasi Nafa di acara tersebut.

"Program tersebut menampilkan host yang menanyakan hal-hal privasi kepada bintang tamu (Nafa Urbach) seperti mengenai gaya berpacaran, hubungan yang pernah dijalin sebelum pernikahan, dan malam pertama. KPI Pusat menilai hal tersebut berpotensi melanggar Pasal 31 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran untuk menghormati hak privasi dalam kehidupan pribadi. Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan," bunyi surat peringatan KPI kepada Hotman Paris Show.

Hotman Paris Show dapat peringatan dari KPI @instagram/hotmanparisofficialHotman Paris Show dapat peringatan dari KPI @instagram/hotmanparisofficial



Surat peringatan ini dipotret oleh Hotman Paris Hutapea di akun Instagramnya dan ia meminta pendapat dari para netizen. Hasilnya pun beragam, ada yang menyebut tindakan dari KPI adalah sebuah hal yang kurang sesuai karena bintang tamunya enjoy. Ada pula yang menyatakan bahwa KPI tidak mungkin bertindak tanpa dasar alasan yang kuat.

Belum diketahui akan seperti apa sikap Hotman mengenai teguran ini. Sejauh ini Hotman hanya meminta komentar namun belum memberikan sikap pada peringatan KPI yang ditujukan kepada acaranya.

Hotman Paris Show sendiri sudah beberapa waktu lamanya tayang di televisi. Ada beberapa narasumber yang menjadi bintang tamu sang pengacara, namun yang dipermasalahkan oleh KPI hanya episode Nafa Urbach.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING